Comscore Tracker

5 Kebiasaan yang Hanya Dilakukan sama Orang Percaya Diri

Mana yang belum kamu terapkan, nih? 

Kepercayaan diri bisa dibangun dari waktu ke waktu. Kalo saat ini kamu masih dalam tahap mencapainya, barangkali beberapa kebiasaan baik seperti di bawah ini bisa kamu terapkan. Apa saja? Yuk, intip di bawah!

1. Menerapkan mindfulness

5 Kebiasaan yang Hanya Dilakukan sama Orang Percaya Diripexels/ Wouter de Jong

Mindfulness membuat seseorang merasakan kesadaran penuh tentang apa yang dilakukan saat ini. Cara ini melatih kemampuan mengamati satu hal dengan objektif serta berpikir secara netral.

Melansir Goodmenproject, menerapkan mindfulness seperti meditasi atau ibadah membantu mengurangi stres, meningkatkan fokus dan empati, mempercepat pemrosesan informasi, hingga meningkatkan kepuasan dalam hubungan.

2. Mempraktikkan positive self-talk

5 Kebiasaan yang Hanya Dilakukan sama Orang Percaya DiriIDN Times/Rizka Yulita & Anjani Eka Lestari

Untuk membuat dirimu lebih percaya diri, kamu harus merasa nyaman dengan dirimu terlebih dulu. Melansir Psychologytoday, Psikolog Kelly McGonigal dalam bukunya "Willpower Instinct" memaparkan bahwa memberi dukungan terhadap diri ketika terjadi kesalahan akan meningkatkan self-esteem, di mana itu akan membantu memotivasi serta mengendalikan diri. 

Dukungan yang dimaksud dapat melalui positive self-talk seperti misalnya: "Kamu tidak harus selalu menjadi sempurna" atau "Jangan biarkan kegagalan membuatmu jatuh, kamu pasti bisa melewati masa sulit ini".

Jika kamu terus mengkritik atau merutuki dirimu terlalu keras, mulai sekarang gantilah hal itu dengan positive self-talk.

3. Membuat daftar rasa syukur setiap hari

5 Kebiasaan yang Hanya Dilakukan sama Orang Percaya DiriIDN Times/Rizka Yulita

Menghitung apa yang sudah kamu miliki sekarang dapat memberi manfaat baik untuk kesehatan mentalmu. Orang percaya diri selalu menerapkan rasa syukur karena tahu itu akan memberi banyak manfaat bagi dirinya. Beberapa manfaat itu seperti meningkatkan kualitas tidur, meningkatkan energi, empati, self-esteem, produktivitas, hingga resiliensi ketika menghadapi trauma.

Bersyukur memang sulit dilakukan apabila kamu memiliki gangguan depresi, kecemasan, trauma hingga sakit secara fisik. Salah satu cara paling mudah adalah dengan menuliskan rasa syukur itu dalam jurnal.

Baca Juga: Seberapa Tinggi Level Kepercayaan Dirimu?

4. Membuat rencana untuk mencapai tujuan

5 Kebiasaan yang Hanya Dilakukan sama Orang Percaya DiriIDN Times/Rizka Yulita & Anjani Eka Lestari

Membuat jadwal terhadap apa yang akan kamu lakukan membantu memotivasi serta menjaga performance kamu. Itu juga akan meningkatkan perasaan positif seperti kesejahteraan diri, kecapakan diri, hingga kepuasan kerja. 

Tujuan yang besar selalu membutuhkan perencanaan matang. Namun semakin sulit tujuan yang ingin diraih, semakin besar pula hasil yang diperoleh. Ini menjadi masuk akal karena pencapaian yang besar akan membangun kepercayaan diri dan harga diri. 

Ketika kamu memiliki tujuan jangka panjang, kamu dapat membaginya menjadi langkah kecil yang kamu lakukan setiap harinya. 

5. Bertindak sesuai dengan nilai yang kamu pegang

5 Kebiasaan yang Hanya Dilakukan sama Orang Percaya DiriIDN Times/Rizka Yulita & Anjani Eka Lestari

Setiap tindakan yang kamu hasilkan didorong oleh motivasi serta nilai yang kamu percaya. Inilah kenapa ketika kamu melakukan kesalahan, hal itu kadang membuatmu merasa bersalah atau malu.

Bertindak sesuai nilai dapat kamu terapkan mulai dari hal sederhana seperti mengucapkan terima kasih, menjadi relawan untuk membantu seseorang atau kelompok tertentu, menerapkan boundary atau batasan diri, meminta bantuan ketika kamu kesulitan, hingga memaafkan dirimu ketika berbuat salah.

Dari poin-poin di atas, mana nih yang masih belum kamu lakukan sampai sekarang?

Baca Juga: 6 Langkah Melalui Emosi Negatif dengan Mindfulness

Topic:

  • Fajar Laksmita Dewi
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya