Comscore Tracker

8 Alasan Krusial Kenapa Kamu Perlu Menghindari Sifat Berpuas Diri 

Demi kesuksesan

Cepat berpuas diri secara berlebihan bisa membuat orang merasa sudah memiliki segalanya. Seandainya kamu juga mengalami ini, kamu bakal lebih mungkin untuk tetap berada pada tingkatanmu sekarang dan enggan mengambil risiko untuk kemajuan ke depan. Padahal, setiap orang dibekali Tuhan dengan potensi besar dalam dirinya yang bebas diperjuangkan.

Demi kesuksesan, inilah beberapa alasan kenapa kamu harus menghindari sifat berpuas diri mulai dari sekarang. 

1. Sifat berpuas diri secara otomatis membuatmu tidak berkembang, kamu merasa sudah punya banyak hal yang sudah bisa dibanggakan

8 Alasan Krusial Kenapa Kamu Perlu Menghindari Sifat Berpuas Diri unsplash.com/@soroushkarimi

Kepuasan biasanya hadir pas kamu sudah berhasil mencapai satu target tertentu dalam hidup, setelah itu dunia berasa ada dalam genggaman. Jadinya, kamu cenderung  menutup kemungkinan untuk eksplorasi diri. Kamu menganggap bahwa apa yang kamu punya sekarang sudah cukup. Padahal untuk bisa mengembangkan kemampuan lain, 'merasa tidak pernah puas' diri dalam hal positif nyatanya juga diperlukan. 

2. Menumbuhkan sifat pemalas, karena secara tidak langsung kamu cenderung tidak belajar keahlian selain yang menjadi fokusmu

8 Alasan Krusial Kenapa Kamu Perlu Menghindari Sifat Berpuas Diri Unsplash/Leon Seierlein

Merasa sudah cukup terhadap diri sendiri nyatanya juga akan menumbuhkan sifat pemalas. Kamu jadi cenderung enggan belajar hal di luar bidang keahlian yang kamu tekuni. Hal ini justru membuat hidupmu jadi stagnan di tempat sehingga sulit untuk meraih sesuatu lebih besar lagi.

3. Kamu jadi kian sombong ketika berhasil mencapai satu target, padahal hal itu tak terlepas juga dari peran orang di sekitarmu

8 Alasan Krusial Kenapa Kamu Perlu Menghindari Sifat Berpuas Diri Unplash/Braden Collum

Pada setiap hal baik yang kamu peroleh, kamu merasa itu adalah hasil dari kerja kerasmu. Padahal lebih dari itu, banyak orang ikut andil di dalamnya. Tentunya dengan peran masing-masing dari mereka. Setiap keberhasilnmu itu selalu ada campur tangan orang lain, terlebih juga campur tangan Tuhan. Makanya, sikap berpuas diri secara tidak langsung bisa membuatmu jadi sombong dan tidak bersyukur atas nikmat yang Tuhan berikan.

4. Bikin kamu dijauhi teman dan kerabat karena sifat takaburmu, banyak orang merasa tidak betah saat di sampingmu

8 Alasan Krusial Kenapa Kamu Perlu Menghindari Sifat Berpuas Diri unsplash.com/@martincourreges

Menyombongkan setiap pencapaian dan gelimangnya harta barangkali bakal membuatmu lebih bahagia. Tapi tidak lagi ketika kamu sudah mulai takabur dan teman mulai menjauh, orang yang tadinya berada di dekatmu mulai pergi satu persatu. Itu akibat lain ketika mulai merasa paling hebat sendiri diantara yang lain. 

Baca Juga: Sering Dilupakan, Padahal Ini 6 Cara Paling Simple Bikin Lebih Bahagia

5. Rasa puas diri akan membuatmu kurang berani mengambil keputusan, pada akhirnya kamu jadi kurang dewasa saat menghadapi pilihan hidup

8 Alasan Krusial Kenapa Kamu Perlu Menghindari Sifat Berpuas Diri Unsplash/Aneta Ivanova

Ketika kamu merasa sudah berada di titik puncak, kadang secara tidak sadar kamu jadi kurang bersemangat dalam bekerja karena merasa sudah cukup dengan perjuangan yang kamu lakukan. Padahal, masih ada langit di atas langit. Kamu tidak benar tahu seberapa kuat dirimu sebelum membuat target lain lagi dan mewujudkannya. Makanya, rasa puas diri itu sebaiknya juga dibarengi dengan semangat buat mencapai tujuanmu selanjutnya.

6. Berpuas diri juga identik dengan cara berpikir yang sempit, padahal dunia ini tidak pernah cukup seumur hidup untuk dijajaki

8 Alasan Krusial Kenapa Kamu Perlu Menghindari Sifat Berpuas Diri Unsplash/Anton Darius

Untuk berhasil dan bersaing dengan rival yang lain, kamu perlu tanamkan bahwa kamu bukan siapa-siapa. Ini bakal membuatmu mencanangkan berbagai hal sehingga terbentuklah siapa dirimu yang sesungguhnya. Itulah yang akan menghindarkan kamu nantinya dari rasa berpuas diri yang kadang justru memagari siapa dirimu sejatinya.

7. Ada saatnya roda berputar dan tidak selamanya kamu berada di atas, berlebihan dalam merespon keberhasilan dapat menghanyutkanmu

8 Alasan Krusial Kenapa Kamu Perlu Menghindari Sifat Berpuas Diri Unsplash/Jake Hills

Kehidupan ini berjalan seimbang, ada saatnya kamu berada di atas dan ada waktunya juga kamu berada di bawah. Itu semua mengisyaratkan bahwa apa yang kamu miliki saat ini sesungguhnya tidaklah selamanya. Makanya, berlebihan dalam hal percaya diri hingga membuatmu cepat berpuas diri sebenarnya juga bermakna semu. Tetaplah rendah hati meski sekarang kamu merasa berada di puncak kariermu.

8. Kamu yang merasa sudah punya segalanya sebenarnya tidak memiliki apa-apa selain kebahagiaanmu sendiri

8 Alasan Krusial Kenapa Kamu Perlu Menghindari Sifat Berpuas Diri Unsplash/Mariam Soliman

Memang benar jika setiap orang berhak bahagia seperti apa yang diinginkan. Namun, kebahagiaan terkadang lebih menghanyutkan. Bahagia erat kaitannya dengan rasa berpuas diri yang juga dapat mengakibatkan kepekaanmu jadi tumpul. Tidak sampai di sini, kamu bisa jadi tidak peduli lagi terhadap orang lain. Padahal bahagia sejatinya juga tentang kebahagiaan yang bisa dibagikan, tidak disimpan sendiri. 

Memiliki rasa berpuas diri berlebihan itu tidak cukup bijak untuk kesuksesanmu ke depan. Kamu jadi kurang tahu seberapa kuat bisa bertahan dalam memperjuangkan sesuatu. Kalau ada yang memuji anggaplah itu adalah tiket buat kamu harus lebih keras lagi. Jika ada satu hal yang sudah terlampaui, jangan pernah puas dan teruslah fokus dalam mencapai target yang lainnya.

Baca Juga: Biar Gak Dicap Sombong, Hindari 5 Kalimat Ini Saat Menolak Cowok

Topic:

  • Fajar Laksmita Dewi
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya