Comscore Tracker

7 Kondisi yang Bikin Kamu Lebih Percaya Diri Hadapi Usia 25-an

Sudah menentukan passion yang ingin ditekuni

Usia pertengahan dua puluhan adalah usia paling krusial dalam kehidupan seseorang. Berbagai peralihan kondisi dari remaja akhir hingga dewasa awal terjadi dalam rentang masa ini. Banyak orang yang berhasil melewati, namun tak jarang juga ada yang malah terpuruk.

Kamu yang sekarang berada dalam rentang usia ini barangkali juga mengalami hal yang sama. Pertanyaan seperti pilihan karir, hubungan dengan pasangan, sampai bagaimana menentukan passion seakan bersarang dalam pikiran setiap hari.

Kepercayaan diri untuk selalu mengasah kemampuan dan kecapakan diri sangat dibutuhkan. Kamu mungkin bisa merefleksikan diri dengan beberapa tanda di bawah ini. Isyarat sederhana bahwa kamu sudah percaya diri untuk hadapi usia pertengahan 20-an.

1. Punya penghasilan sendiri meski gak seberapa

7 Kondisi yang Bikin Kamu Lebih Percaya Diri Hadapi Usia 25-anunsplash.com/J. Kelly Brito

Setiap orang berjuang mendapatkan apa yang Ia citakan, namun tak semua dari mereka punya strategi matang buat meraihnya. Ada yang masih belum punya karir mapan untuk menunjang masa depan maupun kondisi finansialnya, namun hal seperti ini adalah hal yang wajar.

Asal punya pekerjaan dan konsisten dalam menjalaninya, percaya saja bahwa kamu akan lebih sukses suatu hari nanti. Gak perlu merisaukan atau bahkan membandingkan diri dengan orang lain, justru kondisi kamu yang mungkin masih di bawah saat ini bisa memacu untuk jadi lebih baik lagi.

2. Keinginan untuk selalu belajar hal baru

7 Kondisi yang Bikin Kamu Lebih Percaya Diri Hadapi Usia 25-anunsplash.com/Nik MacMillan

Rasa percaya diri erat kaitannya dengan mereka yang selalu ingin belajar hal baru. Mungkin saat ini kamu belum cukup mampu untuk melakukan satu keahlian tertentu. Namun kemauan yang keras untuk belajar setiap hari bisa jadi salah satu tanda bahwa kamu memang memiliki niat yang kuat.

Hal ini jadi tanda meyakinkan bahwa kamu mampu melewari rentang usia dua puluhan dengan mudah.

3. Berusaha siap dan berani menghadapi tantangan di depan 

7 Kondisi yang Bikin Kamu Lebih Percaya Diri Hadapi Usia 25-anunsplash.com/William Iven

Kita mungkin gak bisa sepenuhnya siap ketika dihadapkan dengan satu pekerjaan baru. Namun berusahalah untuk siap dan berani mengambil setiap pilihan tersebut. Keberanian yang gak masuk perhitungan kadang dibutuhkan untuk bisa mendapatkan hal yang lebih besar.

4. Sudah menentukan passion yang ingin ditekuni

7 Kondisi yang Bikin Kamu Lebih Percaya Diri Hadapi Usia 25-anunsplash.com/Nikita Vantorin

Usia pertengahan dua puluhan menghadapkan kamu pada pilihan hidup yang ingin kamu lakukan kedepannya. Beberapa orang bisa menentukan keinginan dan tujuan yang ingin dicapai, namun tak jarang beberapa dari kita masih bingung menetapkannya.

Saat inilah kamu gak bisa menggantungkan diri pada orang lain lagi, pada saat ini cuma diri kamu yang bisa menjawab dan mengambil keputusan pada jalan mana yang ingin kamu ambil.

5. Memiliki orang yang bisa dipercaya dan dijadikan pegangan saat jatuh

7 Kondisi yang Bikin Kamu Lebih Percaya Diri Hadapi Usia 25-anunsplash.com/Helena Lopes

Satu dua orang teman sepertinya sudah cukup buat kamu bisa melangkah maju. Semakin kamu dewasa, kamu akan semakin tahu mana yang baik dan berusaha mengeliminasi lingkaran pertemanan buruk dalam kehidupanmu.

Terlalu naif untuk terus mempertahankan orang-orang yang gak bisa mendukung apalagi gak kenal betul siapa diri kamu. Memiliki beberapa orang yang bisa dipercaya sepertinya lebih bijak daripada punya banyak teman tapi malah memberi pengaruh buruk.

6. Fokus dengan karier yang sedang dijalani

7 Kondisi yang Bikin Kamu Lebih Percaya Diri Hadapi Usia 25-anunsplash.com/Thomas William

Kunci kesuksesan adalah fokus. Jika kamu ingin satu maka gak perlu tergoda dengan hal lain. Satu cara sangat mungkin buat gagal, namun kamu masih selalu bisa mencoba cara lain untuk mendapatkannya.

Begitulah prinsip hidup yang harus kamu tekuni dan selalu ingat. Hal ini bisa jadi salah satu tanda bahwa kamu akan mampu melewati rentang usia dua puluhan dengan mudah.

7. Mulai menyiapkan tabungan dan investasi untuk masa depan 

7 Kondisi yang Bikin Kamu Lebih Percaya Diri Hadapi Usia 25-anunsplash.com/Dakota Corbin

Memiliki visi jauh ke depan adalah salah satu tanda bahwa kamu sudah mempersiapkan diri dengan matang. Pada akhir usia dua puluhan, kamu dikatakan berhasil jika sudah mampu memiliki tabungan dan investasi untuk masa depan.

Hal ini cukup penting mengingat banyaknya kabutuhan yang harus kamu siapkan, bukan hanya untuk diri sendiri tapi juga keluarga kecil yang akan kamu bangun nantinya.

Apakah kamu sudah memiliki salah satunya?

Fajar Laksmita Photo Verified Writer Fajar Laksmita

a cup of coffee and some cookies

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya