Comscore Tracker

Jangan Takut! Ini 5 Cara Cerdas untuk Menekan Keterbatasanmu

Semangat gapai semua mimpimu, yuk!

Semua manusia di dunia ini terlahir dengan segala keterbatasannya. Tidak ada seorang pun yang tidak memiliki keterbatasan. Dengan segala keterbatasannya yang dia pasti memiliki potensi yang sangat luar biasa. Tinggal bagaimana seseorang tersebut dapat menekan keterbatasan-keterbatasan dan mengembangkan potensi dan bakat yang dimilikinya. 

Kamu yang merasa bahwa dirimu penuh dengan keterbatasan harus segera bangun dan bertindak untuk menggali dan menghidupkan segala kapasitas dalam diri kamu. Hal yang harus sangat kamu perhatikan yaitu jangan berkonsentrasi dengan segala kekuranganmu namun tetaplah terfokus pada passion dan kapasitasmu.

Terdapat 5 cara yang dapat kamu lakukan untuk menekan keterbatasanmu dan mengasah semua yang menjadi kelebihanmu. Berikut penjelasannya!

1. Hadapi ketakutanmu

Jangan Takut! Ini 5 Cara Cerdas untuk Menekan Keterbatasanmuunsplash.com/Joyce McCown

Ketakutan dalam dirimu hanya akan menutup dan meredupkan segala potensi yang kamu punya. Jangan biarkan ketakutan menguasai dirimu. Buang sejauh mungkin segala sesuatu yang membuat dirimu takut untuk melakukan hal-hal yang kamu inginkan.

Cobalah berkompromi dengan dirimu sendiri dan mencoba hal baru yang lebih menantang dirimu untuk berkembang. Dan ketahuilah ketakutan yang kamu rasakan timbul karena kamu meragukan atas kualitasmu sendiri.

2. Jangan terlalu memaksakan diri untuk selalu menjadi sempurna

Jangan Takut! Ini 5 Cara Cerdas untuk Menekan Keterbatasanmuunsplash.com/Andrew Neel

Semua orang pasti menginginkan semua yang dilakukannya memperoleh hasil yang sempurna. Sejatinya tidak ada hasil yang sempurna melainkan hasil dari upaya yang keras untuk mendapatkan hasil yang terbaik. 

Kamu berhentilah menghabiskan banyak waktu dan energi untuk sebuah image yang sempurna. Buatlah keputusan yang cepat dan akurat untuk memberikan hasil terbaikmu. Manfaatkan sisa waktu dan energimu untuk belajar hal-hal yang menjadi passion kamu lainnya.

Baca Juga: 6 Alasan Logis Kamu Gak Perlu Memaksa Menjadi Sempurna

3. Belajar untuk melepaskan sesuatu yang sangat berisiko

Jangan Takut! Ini 5 Cara Cerdas untuk Menekan Keterbatasanmuunsplash.com/Nosiuol

Segala sesuatu yang kamu lakukan tentu memiliki risiko. Memang mengambil risiko itu perlu untuk membuat dirimu lebih dewasa. Namun, janganlah kamu melakukan sesuatu yang memiliki risiko yang sangat besar. Hal itu justru membuat kamu trauma jika kamu mengalami sebuah kegagalan. Perhitungkan semua risikonya yang kamu anggap dapat kamu lewati dan menghantarkan dirimu pada sebuah kesuksesan.

4. Cari teman baru

Jangan Takut! Ini 5 Cara Cerdas untuk Menekan Keterbatasanmuunsplash.com/Ben Duchac

Mencari teman baru akan menantang dirimu untuk keluar dari zona nyamanmu. Selain itu dengan temanmu yang baru kamu bisa belajar saling berpikir terbuka. Saling bertukar pikiran dapat memberimu pelajaran yang sangat berharga yang belum kamu dapatkan sebelumnya.

Dan juga kamu dapat mengasah soft skill-mu seperti kemampuan bersosial dan beroraganisasi. Dengan begitu pergaulan dengan teman barumu dapat membuat dirimu lebih berkembang.

5. Bayangkan sebuah kesuksesan

Jangan Takut! Ini 5 Cara Cerdas untuk Menekan Keterbatasanmuunsplash.com/Ian Stauffer

Membayangkan kesuksesan dapat memantik dirimu agar termotivasi dalam mengejar mimpi-mimpimu. Luangkan sedikit waktumu untuk memikirkan apa saja yang ingin kamu raih saat ini.

Tapi tak hanya dibayangkan saja, namun perlu tindakan nyata dalam dirimu sendiri agar cita-citamu dapat terealisasi. Dan juga konsistensi dengan apa yang kamu bayangkan haruslah berbanding lurus dengan usaha yang telah kamu lakukan.

Keterbatasanmu akan menghambat cita-cita kamu jika kamu tidak berusaha untuk menekannya. Oleh karena itu, tetaplah berusaha untuk mengasah minat dan bakatmu. Semangat terus, ya!

Baca Juga: Coba Yuk, Ini Alasan Pentingnya Memberi Tahu Orang Lain Soal Impianmu

Falana Rofako Photo Community Writer Falana Rofako

1000 teman terlalu sedikit, 1 musuh terlalu banyak.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You