Comscore Tracker

5 Nasihat Penting untuk Pemuda Zaman Now, Renungkan!

Jadilah pemuda yang berkualitas

Pemuda merupakan sosok yang kerap kali menjadi perhatian masyarakat. Para pemuda harus menjadi panutan yang baik dan memiliki sikap yang matang dalam mengambil suatu tindakan. Namun, seperti yang kita ketahui bahwa kebanyakan pemuda saat ini justru tidak mencerminkan sikap moralitas yang berlandaskan pada Al-Qur'an dan sunnah.

Pemuda adalah generasi para penerus bangsa dan agama, maju mundurnya umat di masa depan ada ditangan pemuda saat ini. Sudah semestinya, sebagai pemuda kita harus peka terhadap zaman, jangan sampai terbawa arus globalisasi dan terjerumus ke dalam pergaulan bebas. Berikut nasihat yang harus dicamkan oleh para pemuda, simak dengan baik!

1. Jadilah pemuda yang berprestasi

5 Nasihat Penting untuk Pemuda Zaman Now, Renungkan!ilustrasi pria berprestasi (pexels.com/Vantha Thang)

Banyak pemuda saat ini, beranggapan bahwa dengan belajar ilmu agama saja sudah cukup baginya, seperti halnya belajar salat, puasa, membaca Al-Qur'an dan lain sebagainya. Padahal di sisi lain, belajar ilmu pengetahuan umum tentang kehidupan juga sama pentingnya agar adanya keseimbangan antara kehidupan dunia dan akhirat.

Salah satu hal yang harus ada dalam diri seorang pemuda adalah prestasi, baik itu dalam lembaga formal maupun non formal. Negara ini harus memiliki orang-orang yang berprestasi, khususnya bagi para pemuda. Karena, dengan prestasi itulah kita akan diakui dan tidak direndahkan oleh orang lain.

2. Sambunglah tali silaturahmi

5 Nasihat Penting untuk Pemuda Zaman Now, Renungkan!ilustrasi orang bersalaman (pexels.com/Kampus Production)

Menjalin silaturahmi antar sesama sangatlah penting dalam kehidupan manusia, bahkan Rasulullah SAW sendiri melarang umatnya memutus tali silaturahmi, karena dapat menimbulkan banyak masalah besar. Sebagai generasi muda, kita harus menghidupkan ajaran-ajaran Islam, salah satunya lewat silaturahmi ini sebagai alat untuk pemersatu umat.

Sangat berbahaya, jika seorang pemuda sekarang lebih mementingkan dirinya masing-masing tanpa memikirkan nilai-nilai sosial dalam kehidupan bermasyarakat. Maka dari itu, perkuatlah tali silaturahmi, baik itu kepada sanak keluarga, teman, maupun masyarakat agar terciptanya umat Islam yang rukun dan saling menjaga satu sama lain.

3. Bijaklah dalam memilih teman

5 Nasihat Penting untuk Pemuda Zaman Now, Renungkan!ilustrasi pria memegang pundak temannya(unsplash.com/sohaib)

Kita harus selektif dalam hal memilah dan memilih seorang teman, jangan asal bergaul saja tanpa memikirkan konsekuensinya. Karena, teman memiliki pengaruh yang besar dalam hidup. Jika temanmu mempunyai akhlak dan perilaku yang baik, maka kamu pun akan ikut terbawa baik, begitu pula sebaliknya

Sebaik-baik teman adalah orang yang dapat mengantarkanmu kepada jalan kebaikan. Maka, carilah teman yang bisa mendekatkanmu kepada Allah SWT, bukan justru menjauhkannya. Seperti yang kita lihat, banyak para pemuda saat ini justru terjebak dalam pergaulan bebas seperti meminum minuman keras, judi, berzina dan sebagainya. Hal ini sungguh tidak mencerminkan sikap berbangsa dan beragama.

Baca Juga: 5 Nasihat yang Bikin Kamu Auto Dewasa dan Sukses

4. Jadilah olahragawan

5 Nasihat Penting untuk Pemuda Zaman Now, Renungkan!ilustrasi pria sedang melakukan pemanasan lari pagi(pexels.com/Pixabay)

Terdapat ungkapan bahwa, akal yang sehat itu ada dalam tubuh yang sehat pula. Di antara karakteristik seorang pemuda sejati adalah mempunyai tubuh yang kuat, kesehatan yang normal, dan postur yang kokoh. Cara membentuk itu semua ialah dengan berolahraga, sesuatu yang sangat di sayangkan kalau kita hanya sekedar gemar membaca dan menyaksikan olahraga, tetapi kita sendiri tidak pernah melakukannya.

Berjuang di jalan Allah membutuhkan tubuh yang sehat dan kuat agar dapat berdiri kokoh di tengah terjangan badai. Namun, kita juga harus memilih olahraga yang benar, yakni olahraga yang benar-benar memberikan manfaat untuk tubuh, akal dan masyarakat.

5. Tinggalkanlah perbuatan dosa dan maksiat

5 Nasihat Penting untuk Pemuda Zaman Now, Renungkan!ilustrasi wanita duduk di masjid(pexels.com/Alena Darmel)

Perbuatan dosa yang kita perbuat itu diibaratkan dengan titik hitam di dalam hati manusia, semakin banyak dosa yang kita perbuat, maka akan semakin banyak juga titik-titik hitam tersebut sehingga hati kita penuh dengan noda hitam dan susah untuk melakukan kebaikan. Hati menjadi keras dan tertutup oleh kegelapan, dan pastinya akan berdampak buruk bagi diri sendiri maupun lingkungan masyarakat.

Pemuda harus memiliki jiwa semangat yang tinggi dalam memperjuangkan agama Islam. Penuhilah aktivitas dengan beribadah, gotong royong, saling tolong menolong dalam hal kebaikan, dan melakukan sesuatu yang disenangi oleh Allah SWT. Pemuda yang seperti inilah yang akan menjadi suri teladan dalam masyarakat, bukan menjadi sampah yang merusak dan menyusahkan orang lain.

Pemuda sejati adalah mereka yang memiliki rasa semangat dan kegigihan dalam memperjuangkan agama Allah SWT, bukan justru lari dari tanggung jawabnya. Jangan pernah melakukan hal-hal yang ceroboh dan tercela, karena dapat merusak sendi-sendi nilai keislaman yang indah. Nah, itulah beberapa nasihat yang harus diperhatikan serta dijaga oleh para pemuda zaman sekarang!

Baca Juga: 5 Filosofi Berharga dari Pena yang Berikan Nasihat Hidup Untukmu

Faqih Firdaus Photo Verified Writer Faqih Firdaus

Ikatlah ilmu dengan tulisan, menulis untuk keabadian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya