Comscore Tracker

Di Minggu Terakhir Puasa, 7 Kebaikan Ini Bisa Kamu Lakukan

Jangan kasih kendor!

“Dan sungguh amalan itu ditentukan dengan penutupannya.” (HR. Al-Bukhari)

Kita sudah berada di penghujung bulan puasa, gak kerasa ya? Meski sudah di detik-detik terakhir, amalan-amalan baik harus tetap kita jalankan dan justru harus kita kencangkan. Apalagi kalau kita ingin mendapatkan malam seribu bulan atau malam Lailatul Qodar. Kira-kira amalan apa saja ya yang sebaiknya kita lakukan di minggu terakhir bulan puasa?

1. Memperbanyak bersedekah

Di Minggu Terakhir Puasa, 7 Kebaikan Ini Bisa Kamu LakukanANTARA FOTO/Rahmad

Ibnu Abas RA berkata: Rasulullah SAW adalah orang yang sangat dermawan kepada siapapun. Dan pada bulan Ramadan, beliau lebih dermawan lagi saat Jibril menemui beliau. (HR. Mutafaq ‘alaih)

2. Memperbanyak shalat sunnah

Di Minggu Terakhir Puasa, 7 Kebaikan Ini Bisa Kamu LakukanANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Barang siapa yang bangun (untuk shalat) pada malam lailatul qadar dengan penuh keimanan dan keikhlasan maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. (HR. Mutafaq ‘alaih)

3. "Menghidupkan" malam

Di Minggu Terakhir Puasa, 7 Kebaikan Ini Bisa Kamu LakukanANTARA FOTO/Iggoy el Fitra

Aisyah RA berkata: “Tidak pernah aku melihat beliau (Nabi SAW) melakukan ibadah pada malam hari hingga pagi hari, dan berpuasa selama satu bulan penuh kecuali di bulan Ramadan.” (HR. Muslim).

Diterangkan oleh Aisyah RA: “Adalah Nabi shallallâhu ‘alaihi wa sallam, bila sepuluh malam terakhir telah masuk, mengencangkan sarungnya, menghidupkan malamnya, dan membangunkan keluarganya.” 

4. Membaca Al-Qur`an

Di Minggu Terakhir Puasa, 7 Kebaikan Ini Bisa Kamu LakukanANTARA FOTO/Yusuf Nugroho

Dalam hadits Abdullah bin Abbas RA: “Adalah Rasulullah, orang yang terbaik dengan kebaikan, dan beliau lebih terbaik pada bulan Ramadan. Sesungguhnya Jibril menjumpai beliau setiap tahun pada (bulan) Ramadan hingga bulan berlalu. Beliau shallallâhu ‘alaihi wa sallam memperhadapkan Al-Qur`an kepada (Jibril).”

5. Berdiam diri di masjid (i'tikaf)

Di Minggu Terakhir Puasa, 7 Kebaikan Ini Bisa Kamu LakukanANTARA FOTO/Rahmad

Hadits Aisyah RA: “Sesungguhnya Nabi Muhammad beri’tikaf pada sepuluh malam terakhir Ramadan hingga beliau wafat, kemudian istri beliau beri’tikaf setelah itu.”

6. Memperbanyak doa dan bertaubat

Di Minggu Terakhir Puasa, 7 Kebaikan Ini Bisa Kamu LakukanANTARA FOTO/Irwansyah Putra

Doa-doa akan dikabulkan dan taubat yang tulus akan diterima di bulan Ramadan yang suci. Tak terkecuali di minggu terakhir, apalagi saat malam Lailatul Qodar. Bukankah malam itu lebih baik dari 1000 bulan?

“Dan apabila hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, (jawablah) bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” [Al-Baqarah: 186]

7. Jika ada rezeki, pergilah umrah

Di Minggu Terakhir Puasa, 7 Kebaikan Ini Bisa Kamu Lakukanmashreqtravel.com

“Umrah pada bulan Ramadhan menggantikan haji bersamaku.”

Semoga kamu bisa melaksanakan amalan-amalan itu ya di minggu terakhir bulan puasa ini ya.

Line Ads

Topic:

  • Tania

Just For You

I Want More !