Comscore Tracker

5 Cara Agar Kamu Tetap Tegar Walau Segalanya Tak Berjalan Lancar

Karena tidak semua hal berjalan sesuai keinginan kita

Rencana memang sudah matang dan sempurna, tapi belum tentu semua bisa dilaksanakan. Kalau sudah begitu, kamu berpikir bahwa usahamu mempersiapkan segala hal terasa sia-sia. Kamu jadi merasa gak mood, malas mau ngapa-ngapain, dan merasa bahwa segala hal yang kamu lakukan akan menjadi sia-sia. Tak jarang kamu jadi suka menyalahkan diri sendiri atas ketidakberhasilan yang kamu peroleh.

Tapi kamu harus tahu bahwa tidak semua yang kamu rencanakan dengan sempurna bisa berjalan dengan semestinya. Ada kalanya kamu gagal melakukannya, walaupun sudah dipersiapkan sedemikian rupa.

Biar gak terus-terusan galau dan terlalu memikirkan kesalahanmu, coba lakukan lima hal ini biar kamu bisa segera bangkit lagi.

1. Ingat kembali hal-hal apa yang bisa membuatmu tersenyum bahagia

5 Cara Agar Kamu Tetap Tegar Walau Segalanya Tak Berjalan Lancarpixabay.com/edsavi30

Ketika yang kamu harapkan tidak sesuai dengan kenyataan, kamu jadi merasa down. Wajar sih, tapi jangan berlarut-larut.

Untuk mengatasinya, coba ingat-ingat kembali apa yang membuat kamu merasa bahagia. Mungkin dengan mengingat masa-masa ketika kamu tertawa bersama keluarga atau ketika kamu melakukan perjalanan yang bisa merefresh otak.

Dengan begitu kamu merasa bahwa tidak ada yang perlu disesali dan pikiranmu menjadi kembali positif.

2. Ubah persepsimu tentang hidup

5 Cara Agar Kamu Tetap Tegar Walau Segalanya Tak Berjalan Lancarpixabay.com/3803658

Terkadang kita memiliki persepsi bahwa hidup ini harus berjalan sesuai dengan rencanamu. Tapi ingatlah bahwa tidak semuanya bisa berjalan sesuai yang kamu inginkan. Kamu merasa sedih ketika semua tidak berjalan lancar, itu adalah hal wajar. Tetapi bisa jadi ketidaklancaran tersebut memberikan hal positif untuk kamu di masa depan.

Baca Juga: 6 Tips Agar Kembali Bersemangat Beraktivitas setelah Liburan Panjang

3. Akui bahwa kamu belum bisa menyelesaikan sesuatu dengan baik

5 Cara Agar Kamu Tetap Tegar Walau Segalanya Tak Berjalan Lancarpixabay.com/Free-Photos

Susah memang mengakui bahwa kamu merasa gagal dan apa yang kamu lakukan tidak sesuai dengan rencana. Tapi sesekali kamu harus menyadarkan diri bahwa kamu telah gagal melakukan sesuatu. Tujuannya adalah untuk introspeksi diri, agar nantinya kamu tidak melakukan kesalahan yang sama.

Kamu bisa mencari alasan mengapa kamu gagal, dan kemudian memperbaikinya. Selain itu dengan mengakui kegagalan, tidak ada lagi beban yang tersimpan dalam hati dan pikiranmu.

4. Minta pendapat dan nasihat dari orang terdekat

5 Cara Agar Kamu Tetap Tegar Walau Segalanya Tak Berjalan Lancarpixabay.com/cheryholt

Terkadang kita enggan untuk bercerita kepada orang lain. Entah karena takut membebani atau karena malu untuk mengakui. Tapi kita juga perlu nasihat dari mereka, siapa tahu dengan kita bercerita, dan mendengar nasihat mereka, semua beban kita bisa berkurang.

5. Jangan berlama-lama meratapi, segera bangkit dan kembali berusaha

5 Cara Agar Kamu Tetap Tegar Walau Segalanya Tak Berjalan Lancarpixabay.com/Free-Photos

Sedih sih boleh, tapi jangan lama-lama. Takut keduluan orang lain nantinya.

Kalau kamu sedihnya berlarut-larut, kamu jadi gak semangat. Bisa jadi kesempatan-kesempatan itu ada lagi ketika kamu sedang bersedih. Maka jangan lama-lama bersedihnya, segera bangkit dan kembali berusaha.

Lima hal di atas adalah hal sederhana dan merupakan sebagian kecil dari cara membuat kamu bisa bangkit lagi walaupun segalanya tidak sesuai dengan rencana. Tidak masalah jika hal tersebut terjadi.

Dari kejadian itu, kamu bisa menganalisis kesalahanmu. Kalau sudah, kamu bisa menaikkan performa kamu agar lebih baik dan bisa meminimalisir kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi.

Baca Juga: Bikin Semangat, 4 Zodiak Ini Suka Bagikan Energi Positif ke Orang Lain

Feranaa Photo Verified Writer Feranaa

Be Who You Needed When You Were Younger

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya