Comscore Tracker

5 Bahasa Tubuh yang Bikin Rasa Percaya Diri Naik hingga 10 Kali Lipat

Jadi terlihat lebih berkarisma

Tahu, gak, sih, kalau rasa percaya diri itu bisa membuat kita tampak lebih memukau dan berkarisma di mata orang? Jika kamu ingin demikian, salah satu yang mesti diperhatikan adalah bahasa tubuh. Posisi duduk, cara berdiri, hingga cara kita berbicara adalah beberapa di antaranya.

Kali ini, kamu bakal diajak untuk mempraktikkan lima bahasa tubuh yang akan membuat tingkat PD naik hingga sepuluh kali lipat. Yuk, simak satu per satu! 

1. Melakukan kontak mata

5 Bahasa Tubuh yang Bikin Rasa Percaya Diri Naik hingga 10 Kali Lipatilustrasi melakukan kontak mata (pexels.com/Jopwell)

Orang yang tidak membuat kontak mata cenderung akan terlihat pemalu, kurang jujur, dan  gak nyaman. Jika kamu ingin terlihat percaya diri, ini adalah pantangan yang besar. Alih-alih menatap ke bawah, buatlah kontak mata dengan lawan bicara saat mengobrol.

Perlu dicatat juga, kontak matanya harus tetap wajar, ya. Jangan sampai tatapanmu bikin lawan bicara merasa kurang nyaman, apalagi sampai takut. Buat tatapanmu terlihat seperti berbinar dan antusias saat mendengar dia berbicara.

2. Berhenti terlihat gelisah

5 Bahasa Tubuh yang Bikin Rasa Percaya Diri Naik hingga 10 Kali Lipatilustrasi terlihat gelisah (pexels.com/Engin Akyurt)

Gelisah adalah respons alam bawah sadar untuk membuat diri kamu merasa lebih baik saat berada di situasi yang tidak nyaman. Menggigit jari, kaki gemetar, dan ibu jari berputar-putar, ini semua menandakan kamu sedang gelisah.

Jika mendapati dirimu melakukan hal ini, cobalah tarik napas, rileks, dan pelan-pelan kontrol rasa gelisahmu. Tidak mudah memang, tapi jika selalu dibiasakan kamu pasti bisa, kok.

Baca Juga: 5 Kesalahan Mengasah Rasa Percaya Diri, Malah Bikin Insecure!

3. Senyum

5 Bahasa Tubuh yang Bikin Rasa Percaya Diri Naik hingga 10 Kali Lipatilustrasi tersenyum (pexels.com/Andrea Piacuadio)

Sebagai manusia, kita terprogram untuk membalas senyuman. Jangan membuat senyum seperti pembunuh berantai yang menyeramkan. Ketika kamu akan berinteraksi dengan orang lain, cobalah untuk tampak santai dan senang.

Hindari ekspresi terlihat murung dan masam. Orang akan jadi kurang nyaman berada di dekatmu. Selain itu, kamu juga bisa membawa hawa negatif, terlebih jika berada di sekeliling orang yang tengah asyik membuat satu sama lain. Senyum yang pas dan di momen yang tepat bakal mengindikasikan kalau kamu adalah seseorang dengan rasa percaya diri tinggi.

4. Berdiri tegak

5 Bahasa Tubuh yang Bikin Rasa Percaya Diri Naik hingga 10 Kali Lipatilustrasi berdiri tegak (pexels.com/Dana Tantis)

Kebanyakan orang memiliki bahu belakang yang kurang berkembang. Oleh karena itu, mereka membungkuk. Padahal, membungkuk adalah bahasa tubuh yang tidak disarankan.

Jadikan kebiasaan sadar untuk memutar bahumu ke belakang. Berdiri tegak akan memunculkan aura yang memukau. Kamu bakal terlihat lebih percaya diri, elegan, dan berkarisma. Begitu juga sebaliknya, postur tubuh membungkuk bikin kamu terlihat minder.

5. Mantapkan suaramu

5 Bahasa Tubuh yang Bikin Rasa Percaya Diri Naik hingga 10 Kali Lipatilustrasi memantapkan suara (pexels.com/LinkedIn Sales Navigator)

Cara kamu berbicara, termasuk mengatur suara sangat berpengaruh terhadap rasa percaya diri. Maka dari itu, saat berbicara cobalah untuk jangan bergumam, berbicara terlalu cepat, jangan takut berhenti sebentar, jangan bicara dari hidung, dan hindari terlalu banyak mengatakan "anu" atau "um". Kamu harus percaya dengan dirimu sendiri.

Lima bahasa tubuh di atas mungkin terlihat sederhana, tapi jika dibiasakan bakal sangat berpengaruh terhadap rasa percaya dirimu. Jadi, jangan lupa dipraktikkan, ya.

Baca Juga: 9 Cara Latihan untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri, Kamu Pasti Bisa!

Alfikri Saga Photo Verified Writer Alfikri Saga

.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya