Comscore Tracker

5 Tips Berjuang sebagai Generasi Sandwich, Bisa Sukses Juga, Kok!

Meski beban lebih berat, tapi bukan berarti mustahil

Jadi generasi sandwich kadang kala dirasa begitu berat. Saat orang lain bisa melesat lebih cepat, kamu masih tertatih-tatih karena memiliki banyak tanggungan. Jalan menuju kesuksesan rasanya sulit banget, bahkan terasa mustahil.

Tapi, kamu jangan putus asa dulu, ya. Selalu ada ruang kesuksesan untuk mereka yang mau berjuang dan bekerja keras. Lima tips di bawah ini mungkin akan membantumu meraih keberhasilan sebagai generasi sandwich.

1. Mulai mencari tambahan pendapatan

5 Tips Berjuang sebagai Generasi Sandwich, Bisa Sukses Juga, Kok!ilustrasi menghitung uang (unsplash.com/Alexander Grey)

Isu keuangan biasanya jadi masalah utama bagi generasi sandwich. Menanggung pengeluaran pribadi, keluarga, orangtua, bahkan saudara bikin situasi kerap kali runyam. Apalagi jika penghasilan yang kamu miliki juga terbatas.

Salah satu cara terbaik yang bisa kamu lakukan adalah mencari penghasilan tambahan. Ada banyak sekali peluang yang bisa dicoba, mulai dari menjadi reseller, kreator konten, hingga hobi yang dapat menghasilkan cuan. Asal optimis, gigih, dan bisa membagi waktu, kamu pasti bisa.

2. Kelola keuangan dengan baik dan teliti

5 Tips Berjuang sebagai Generasi Sandwich, Bisa Sukses Juga, Kok!ilustrasi mengatur keuangan (unsplash.com/rupixen.com)

Mengatur keuangan adalah hal yang wajib banget dilakukan, terlebih untuk generasi sandwich. Kamu harus lebih teliti dan hati-hati dalam membelanjakan uang. Juga dalam membagi-bagi penghasilan agar gak ada kecemburuan dalam keluarga.

Kamu harus menghitung berapa pengeluaranmu sendiri, keluarga, orangtua, saudara dan siapa pun yang hidupnya kamu tanggung. Baru kemudian kamu bagi penghasilanmu sesuai dengan budget yang mereka butuhkan. Kalau ada sisa, jangan lupa ditabung.

Baca Juga: 5 Tips Kelola Keuangan bagi Generasi Sandwich

3. Kembangkan mindset tumbuh agar bisa punya perspektif positif 

5 Tips Berjuang sebagai Generasi Sandwich, Bisa Sukses Juga, Kok!ilustrasi tersenyum (unsplash.com/Eye for Ebony)

Beban yang berat pasti akan memengaruhi pikiranmu. Jika dibiarkan berlarut-larut, kesehatan mental kamu akan bermasalah. Maka dari itu, sebisa mungkin kembangkan mindset bertumbuh dalam diri.

Daripada menyalahkan keadaan, lebih baik berpikir apa yang bisa diperbaiki. Kamu juga harus yakin bahwa hidup ke depannya gak akan seperti ini saja. Penghasilan kamu akan bertambah seiring waktu. Kita juga gak tahu ada kejutan apa di masa depan yang bisa memperbaiki situasi saat ini. Jadi, jangan merasa terkurung dalam nasib terus, ya. 

4. Analisis berbagai kebutuhan semua pihak yang kamu tanggung, termasuk diri sendiri

5 Tips Berjuang sebagai Generasi Sandwich, Bisa Sukses Juga, Kok!ilustrasi menghitung kebutuhan (unsplash.com/Viacheslav Bublyk)

Setiap individu punya kebutuhan yang berbeda-beda. Jika sudah menikah, keluarga kecilmu pasti perlu segala kebutuhan domestik. Sementara jika kamu punya saudara yang dalam tanggungan, misal dia membutuhkan biaya pendidikan. Analisilah dengan baik semua kebutuhan orang yang kamu tanggung.

Jika penghasilanmu masih bisa mengkover, berarti kondisi aman. Tapi jika tidak, berarti ada yang harus dikurangi atau cari sumber pemasukan lain sampai bisa terpenuhi semuanya. 

5. Tanamkan bahwa membantu keluarga adalah sedekah terbaik

5 Tips Berjuang sebagai Generasi Sandwich, Bisa Sukses Juga, Kok!ilustrasi keluarga (unsplash.com/Rajiv Perera)

Gak sedikit orang yang royal kepada orang lain, misal rajin traktir teman hingga beliin gebetan hadiah, namun pelit kepada keluarga sendiri. Padahal ada anggota keluarga dekatnya yang sangat membutuhkan.

Maka dari itu, sebelum jauh-jauh memberi sedekah kepada orang lain, alangkah lebih baik melihat dulu orang-orang terdekat kita seperti keluarga. Maka dari itu, generasi sandwich jangan merasa berkecil hati. Kalian sudah berusaha melakukan sedekah terbaik dengan menafkahi keluarga sendiri.

Jadi generasi sandwich memang jauh dari kata mudah. Banyak tekanan yang harus dihadapi. Lima tips di atas semoga membantumu dalam menempuh jalan menuju kesuksesan. 

Baca Juga: 5 Cara agar Generasi Sandwich Berhenti di Kamu dan Tidak Dilanjutkan

Alfikri Saga Photo Verified Writer Alfikri Saga

Aktif menulis artikel humor, pengembangan diri, arsitektur, entertainment dan wisata.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya