Comscore Tracker

Sering Mengantuk Saat Beraktivitas? Ini 5 Tips Untuk Mengatasinya!

Jangan biarkan kantuk menjadi penghambat kegiatanmu hari ini!

Beberapa orang pasti sering kali mengantuk saat dalam kelas atau sedang bekerja, sehingga menyebabkan hilangnya konsentrasi. Kalian pasti pernah ditegur oleh guru atau bos karena tertidur di tempat, bukan?

Nah ayo hindari dan lakukan hal berikut agar rasa mengantuk tidak muncul lagi.

1. Jangan lupa sarapan pagi

Sering Mengantuk Saat Beraktivitas? Ini 5 Tips Untuk Mengatasinya!Tastingtable.com

Sebelum memulai aktivitas, ada baiknya kita sarapan dahulu karena saat beraktivitas kita membutuhkan energi yang banyak. Jika kita tidak sarapan, maka tubuh akan lemas sehingga bawaan tubuh kita pasti ingin tidur terus. Sarapan tidak harus makanan berat, bisa roti, sereal atau susu yang penting energi kita terisi.

2. Perbanyak minum air putih

Sering Mengantuk Saat Beraktivitas? Ini 5 Tips Untuk Mengatasinya!Unsplash/Alan Carrillo

Walaupun tidak sedang makan, mengkonsumi air putih juga penting lho. Air putih bisa menjaga kadar cairan dalam tubuh sehingga kita tidak dehidrasi dan rasa ngantuk pun tidak muncul.

3. Jangan keseringan begadang

Sering Mengantuk Saat Beraktivitas? Ini 5 Tips Untuk Mengatasinya!Unsplash/John Schnobrich

Terlalu sering begadang dapat menimbulkan rasa ngantuk keesokan harinya dan aktivitas pun akan terhambat. Selalu usahakan untuk tidur minimal 8 jam dalam sehari agar mendapatkan kualitas tidur yang baik, selain itu dengan tidur yang cukup kita terhindar dari stress, lebih mudah memahami pelajaran dan lebih konsentrasi.

4. Makan permen

Sering Mengantuk Saat Beraktivitas? Ini 5 Tips Untuk Mengatasinya!Unsplash/Sharon McCutcheon

Jika mengantuk di sela-sela kesibukan, makanlah permen karet atau makanan yang memiliki rasa pedas atau asam. Jika kita mengunyah, maka rasa mengantuk sedikit demi sedikit hilang karena adanya pergerakan pada tubuh kita.

5. Olahraga

Sering Mengantuk Saat Beraktivitas? Ini 5 Tips Untuk Mengatasinya!Unsplash/Scott Webb

Olahraga dapat membuat tubuh kita menjadi sehat. Selain itu, olahraga ampuh meningkatkan energi dan mengurangi rasa ngantuk. Olahraga yang teratur menghasilkan kualitas tidur yang baik. Tetapi jika terlalu keras berolahraga, tubuh akan lelah sehingga mudah mengantuk.

 

Semoga tips di atas bermanfaat untukmu ya!

Firsta Almira Photo Community Writer Firsta Almira

It takes grace to remain kind in cruel situation

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Just For You