Comscore Tracker

Produktif MAXimal, 5 Cara Gokil Kembangkan Hobi Selama di Rumah

Inilah list hobi sederhana namun bermanfaat #IniBaruGokil

Banyak orang yang merasa bosan karena terus-terusan berada di rumah, terlebih ketika pandemik seperti sekarang ini. Hal itu mungkin karena kebingungan yang melanda saat tidak tahu harus melakukan kegiatan apa di rumah.

Di satu sisi, kamu bisa mengambil hikmah dan mencoba beradaptasi dengan kehidupan saat ini. Ada banyak kegiatan seru yang bisa kamu lakukan dari rumah. Kegiatan-kegiatan itu bisa membantumu keluar dari kebosanan, sekaligus mengembangkan hobi baru yang tidak kamu sangka-sangka sebelumnya.

Seperti 5 hobi berikut yang bisa kamu lakukan dari rumah tanpa harus keluar banyak modal. Kamu cukup mencari informasi dengan internet dan mulai mengalihkan rasa bosan menjadi kegiatan menyenangkan yang bermanfaat.

1. Tertarik pada literasi? Belajar menulis untuk mengekspresikan emosi secara positif dan kirim tulisanmu di IDN Times

Produktif MAXimal, 5 Cara Gokil Kembangkan Hobi Selama di RumahMenulis di IDN Times dengan kartu Smartfren GOKIL MAX (dok. pribadi/Fitra Aulianty)

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan kegiatan menulis. Contoh sederhana dari kegiatan ini adalah menulis status di media sosial. Hobi yang satu ini tentu saja bisa kamu lakukan di mana pun, termasuk di rumah.

Tak hanya itu, menulis juga baik untuk kesehatan mental lho. Dengan menulis, kamu bisa mengekspresikan emosi secara positif. Karena itu tidak ada salahnya kamu mencoba untuk mengembangkan hobi menulis, apalagi jika kamu punya ketertarikan di dunia literasi.

Kamu bisa mulai dari mempelajari PUEBI, struktur bahasa, hingga cara membuat kalimat-kalimat yang menarik. Biar semakin gokil, kamu bisa menunjukkan keahlianmu dengan menjadi penulis lepas di IDN Times dan mengirimkan tulisanmu supaya semakin banyak orang yang membacanya.

Biar hobi menulismu semakin asyik tanpa takut kehabisan kuota, sekarang ada kartu Smartfren GOKIL MAX yang kuotanya sultan! Dengan jaringan yang cepat dan stabil, kamu tidak perlu menunggu lama buat riset tulisanmu di internet.

Selain itu, kamu bisa membelinya dengan harga yang cukup terjangkau. Mulai dari Rp30.000 kamu sudah bisa mendapatkan kuota besar di jaringan 100 persen 4G yang bisa kamu gunakan untuk menulis.

Buat kamu yang biasa menulis saat begadang, Smartfren GOKIL MAX juga menyediakan ekstra kuota 70GB, lho. Kamu bisa mengembangkan tulisanmu sambil tetap menjaga kesehatan mental selama pandemik. Jadi semakin seru selama di rumah!

2. Tertarik merajut atau menjahit? Bisa maksimalkan teknikmu dengan menonton video tutorial di internet

Produktif MAXimal, 5 Cara Gokil Kembangkan Hobi Selama di Rumahilustrasi orang memegang gulungan benang (pexels.com/Miriam Alonso)

Sudah sejak lama merajut atau menjahit menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan dari rumah. Hobi yang satu ini terbilang unik karena punya berbagai macam teknik untuk mengolah benang dan cukup rumit untuk dilakukan. Perlu konsentrasi tinggi agar benang yang dirajut atau dijahit bisa terpasang sempurna dan tidak kusut.

Karena kerumitannya, orang yang ahli dalam hobi ini selalu dibutuhkan, bahkan bisa dengan mudah menghasilkan uang. Karya-karya yang dihasilkan, baik itu berupa pakaian ataupun pernak-pernik untuk sehari-hari, bisa langsung menghasilkan cuan.

Selain alat-alat dan bahan, hal yang kamu butuhkan untuk menguasai hobi yang berhubungan dengan benang ini adalah dengan menguasai teknik-tekniknya. Saat ini, sudah banyak konten video tentang rajutan atau jahitan di internet yang bisa kamu jadikan referensi belajarmu, lho. Semakin mudah, deh!

Baca Juga: 7 Hobi Berpenghasilan Fantastis yang Bisa Dilakukan di Rumah Aja

3. Hobi belanja? Bisa alihkan hobimu jadi cuan dengan berjualan barang-barang favoritmu menggunakan e-commerce

Produktif MAXimal, 5 Cara Gokil Kembangkan Hobi Selama di Rumahilustrasi orang berjualan lewat e-commerce (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Apakah kamu termasuk orang yang hobi berbelanja? Atau kamu ingin orang lain juga merasakan manfaat dari barang-barang unik yang kamu beli? Kamu mungkin secara tidak sadar punya jiwa bisnis yang terpendam! Untuk itu, kamu bisa mulai mencoba hobi yang satu ini dengan berjualan di platform e-commerce yang kamu suka.

Berjualan lewat daring seperti ini gampang sekali untuk dilakukan, terlebih karena kamu tidak perlu membayar sewa toko dan bisa dilakukan di rumah. Kamu cukup mendaftarkan akun di e-commerce, membuat katalog, lalu membagikan info jualanmu di media sosial. Simpel sekali, kan?

Kamu harus mencobanya dari sekarang dan buktikan kalau punya hobi belanja tidak selamanya negatif. Kamu juga bisa menghasilkan cuan dari hobimu ini.

4. Punya hobi menggambar? Kembangkan bakat kreatifmu dengan menggambar menggunakan aplikasi digital

Produktif MAXimal, 5 Cara Gokil Kembangkan Hobi Selama di Rumahilustrasi membuat konten dengan laptop (pexels.com/olia danilevich)

Jika dulu orang terbiasa menggambar di media kertas atau kanvas, sekarang teknologi yang semakin canggih membuatmu bisa menggambar dengan media digital. Kamu mungkin sudah tidak asing dengan aplikasi seperti Canva atau ibisPaint. Kedua aplikasi itu adalah aplikasi yang sangat terkenal di dunia digital yang bisa dipakai untuk menggambar.

Selain sangat mudah digunakan, media digital juga bikin kamu tidak perlu repot menyiapkan peralatan menggambar. Berbagai tools yang tersedia di aplikasi bisa membantumu menyelesaikan karyamu, lho. Kamu harus coba sekarang dan tunjukkan kalau menggambar kini sudah jadi hobi yang praktis dan menyenangkan.

5. Suka memasak? Bisa coba resep-resep unik dan upload video memasakmu di media sosial

Produktif MAXimal, 5 Cara Gokil Kembangkan Hobi Selama di Rumahilustrasi orang sedang memasak (pexels.com/cottonbro)

Memasak disebut-sebut sebagai salah satu keahlian yang harus dikuasai oleh semua orang untuk bisa terus melanjutkan hidup. Tak hanya itu, memasak juga merupakan salah satu hobi yang bisa dilakukan oleh semua kalangan tanpa peduli jenis kelamin ataupun status sosial.

Bagi kamu yang suka memasak, kamu harus coba bagikan resep-resep spesialmu atau unggah video memasakmu di media sosial. Selain jadi banyak yang mengetahui resep unikmu, kamu juga bisa berbagi kebahagiaan pada banyak orang. Terlebih bagi orang-orang yang masih baru di dunia memasak dan masih kebingungan dengan tata cara memasak.

Tentu saja, hobi yang satu ini juga bisa kamu lakukan di rumah untuk menghilangkan rasa bosan. Menyenangkan sekali, ya?

Banyak hal seru yang bisa kamu lakukan di rumah, jadi tidak ada alasan untuk merasa bosan lagi saat pandemik! Lima cara gokil kembangkan hobi tersebut bisa kamu praktikkan langsung, lho. Selain kamu bisa mengembangkan hobimu menjadi hobi yang positif, kamu juga bisa menyebar manfaat pada orang lain. Terus semangat ya selama di rumah! 

Baca Juga: 5 Tips Manajemen Waktu untuk Tetap Melakukan Hobi di Tengah Kesibukan

Fitra Aulianty Photo Verified Writer Fitra Aulianty

Menulis untuk mengeksplorasi semua ide yang ada.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya