Comscore Tracker

5 Hal yang Bikin Kamu Masih Sulit Belajar dari Pengalaman Hidup

#IDNTimesLife Coba deh sadari mulai sekarang

Pengalaman hidup itu biasanya akan bertambah seiring dengan usia seseorang. Namun, meski pengalaman hidup bertambah, tidak selalu mudah untuk belajar dari pengalaman hidup yang ada. Penyebabnya tentu bisa bermacam-macam, mungkin lima hal berikut ini bisa jadi alasan atau penyebabnya. Yuk langsung simak!

1. Mencoba memahami pengalaman hidup dari satu sudut pandang saja

5 Hal yang Bikin Kamu Masih Sulit Belajar dari Pengalaman Hidupilustrasi orang merenung (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Pengalaman hidup memang bisa mengajarkan banyak hal pada kita. Tentunya dengan catatan kalau kita bisa memahaminya dengan baik dan bijak. Jika kamu mencoba memahami pengalaman hidupmu dari satu sudut pandang saja, kemungkinan besar kamu akan sulit untuk belajar dari pengalaman tersebut. Jadi, mungkin bisa dicoba untuk memahami dari sudut pandang lain, lalu pikirkan kembali dengan matang.

2. Selama ini hanya berusaha berdamai dengan pengalaman hidup yang positif saja

5 Hal yang Bikin Kamu Masih Sulit Belajar dari Pengalaman Hidupilustrasi orang tersenyum bahagia (pexels.com/Elina Sazonova)

Tentunya, pengalaman hidup juga ada yang sifatnya positif dan negatif. Artinya kita merasa senang jika memiliki pengalaman hidup yang baik dan positif. Sebaliknya, jika mengalami pengalaman hidup yang negatif atau buruk, tentunya hal itu sangat ingin dilupakan.

Memang cukup wajar, hanya saja jika kamu hanya berdamai dengan pengalaman hidupmu yang positif, namun terus mengabaikan pengalaman hidup negatif yang padahal perlu diselesaikan dengan baik, hal ini berpotensi besar menjadi penghambat dalam hidupmu lho. Sebaiknya jangan abaikan, ya!

Baca Juga: 5 Ciri Orang Sukses yang Punya Banyak Pengetahuan dan Pengalaman

3. Belajar dari pengalaman hidup orang lain secara tidak tepat

5 Hal yang Bikin Kamu Masih Sulit Belajar dari Pengalaman Hidupilustrasi mengobrol bersama (pexels.com/Gustavo Fring)

Kadang, kita memang lebih mudah untuk belajar dari pengalaman hidup orang lain daripada pengalaman hidup sendiri. Masalahnya, kadang kita belum tentu belajar secara tepat dari pengalaman orang lain.

Mungkin memaknai pengalaman orang lain secara tidak tepat sehingga membuat diri sendiri makin bingung dan salah persepsi. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya renungkan kembali pemahamanmu soal pengalaman hidup orang lain, ya.

4. Citra diri negatif yang sangat melekat dan mungkin tidak pernah disadari

5 Hal yang Bikin Kamu Masih Sulit Belajar dari Pengalaman Hidupilustrasi orang merenung (pexels.com/Anna Shvets)

Pengalaman hidup, entah itu baik atau buruk sebenarnya tidak akan mudah dipahami jika masih ada citra diri negatif yang sangat kuat. Bagaimana cara kamu melihat dan memandang dirimu sendiri sangat menentukan bagaimana kamu bisa belajar dari pengalaman hidupmu. Jadi, jika hal ini terjadi sebaiknya segera sadari dan cari solusi yang bijaksana untuk mengatasinya.

5. Mungkin masih kurang menghargai waktu yang ada

5 Hal yang Bikin Kamu Masih Sulit Belajar dari Pengalaman Hidupilustrasi melihat jam tangan (pexels.com/JÉSHOOTS)

Sebenarnya dengan belajar memahami pengalaman hidup yang ada secara bijak, kita telah berusaha menghargai waktu dengan baik. Jika selama ini kamu kurang menghargai dan memanfaatkan waktu dengan baik, maka mungkin saja kamu akan sulit untuk belajar dari pengalaman hidup yang ada. Jadi, sebaiknya jangan sepelekan hal ini ya!

Nah, itulah kelima hal yang bisa bikin kamu sulit belajar dari pengalaman hidup. Selain kelima hal di atas, mungkin masih ada banyak hal lain yang bisa jadi penyebabnya. Oleh karena itu, dibutuhkan kesadaran dan kebijaksanaan untuk membantu memahami pengalaman hidup. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 6 Hal yang Bisa Mengubah Pengalaman Patah Hatimu Menjadi Karya

Frederick K Photo Verified Writer Frederick K

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya