Comscore Tracker

5 Alasan untuk Berusaha Tanpa Berharap pada Bantuan Orang Lain

Sebaiknya jangan terlalu bergantung pada bantuan orang lain

Yang namanya berusaha itu memang tak selalu mulus jalannya, mungkin akan ada banyak lika-liku yang harus dilewati. Tekad untuk berusaha dan berjuang pun sering digagalkan oleh godaan yang bermacam-macam.

Salah satunya adalah godaan untuk berharap pada bantuan orang lain. Ya, rasanya memang terlihat lebih mudah jika usaha yang kita lakukan mendapat bantuan dari orang lain. Namun, sebaiknya berusahalah tanpa terlalu berharap pada bantuan orang lain. Berikut lima alasan pentingnya.

1. Bukankah setiap orang memang punya tanggung jawab penuh atas dirinya sendiri?

5 Alasan untuk Berusaha Tanpa Berharap pada Bantuan Orang Lainpexels.com/Andrea Piacquadio

Jika kita renungkan dengan baik, bukankah setiap orang memang punya tanggung jawab penuh atas dirinya sendiri? Itu artinya semua ucapan, tindakan dan usaha yang sudah dilakukan merupakan tanggung jawab pribadi masing-masing.

Nah, mengharapkan bantuan dari orang lain dalam keadaan tertentu sih boleh-boleh saja. Namun, sebaiknya jangan terlalu berharap pada bantuan orang lain jika kamu tak mau kecewa. Ingatlah kembali hal penting yang sudah dijelaskan bahwa setiap orang memiliki tanggung jawab penuh atas dirinya sendiri.

2 Tidak semua orang mau membantu dirimu meski mereka mampu

5 Alasan untuk Berusaha Tanpa Berharap pada Bantuan Orang Lainpexels.com/Ekaterina Bolovtsova

Ini adalah kenyataan pahit yang juga jadi alasan kenapa kamu sebaiknya berusaha tanpa terlalu berharap pada bantuan orang lain. Ya, sekalipun orang lain memiliki kemampuan atau kesanggupan untuk membantu dirimu, apakah mereka pasti mau membantu dirimu?

Ingat dan sadari kalau tidak semua orang mau membantu dirimu meski mereka mampu. Penyebabnya mungkin bermacam-macam, namun apapun itu tidak perlu berkecil hati ya. Sebaiknya, tetaplah berusaha dengan tekun agar dapat menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.

3 Tidak semua orang bisa membantu dirimu meski mereka ingin membantu

5 Alasan untuk Berusaha Tanpa Berharap pada Bantuan Orang Lainpexels.com/Tirachard Kumtanom

Nah, kalau alasan ini juga merupakan kenyataan yang perlu dipahami dengan baik. Jangan langsung berprasangka buruk kalau orang lain itu tega dan tidak pernah mau membantu dirimu.

Belum tentu hal itu yang sebenarnya terjadi, mungkin saja orang lain juga ingin membantumu tapi mereka sendiri pun belum sanggup melakukannya. Jadi, daripada menyimpan rasa kecewa yang berlebihan sebaiknya tetaplah berusaha tanpa terlalu berharap pada bantuan orang lain. Setuju banget, 'kan?

Baca Juga: 5 Tanda Kalau Kamu Sudah Terlena dengan Bantuan Orang Lain

4. Ingatlah kalau bantuan orang lain juga ada batasnya masing-masing

5 Alasan untuk Berusaha Tanpa Berharap pada Bantuan Orang Lainpexels.com/Karolina Grabowska

Berbicara soal bantuan dari orang lain, berapa banyak dan berapa lama sih bantuan orang lain bisa kamu terima? Ini artinya bantuan dari orang lain pun ada batasnya masing-masing.

Terlalu berharap pada bantuan orang lain, selain membuat dirimu kecewa juga akan membuat dirimu sulit untuk berkembang lho. Menjadi sulit berkembang karena terlalu bergantung pada bantuan dari orang lain tanpa mau berusaha dengan maksimal.

5. Kamu juga dapat menjadi contoh positif dan inspirasi bagi orang lain untuk tetap semangat berjuang

5 Alasan untuk Berusaha Tanpa Berharap pada Bantuan Orang Lainpexels.com/Andrea Piacquadio

Alasan yang tak kalah penting lainnya adalah agar kamu bisa menjadi contoh positif dan inspirasi bagi orang lain yang saat ini juga sedang berjuang dan berusaha dengan segenap hati.

Bukan juga berarti menjadi haus akan pujian dan pengakuan dari orang lain ya, tetaplah tulus dalam keinginan untuk menginspirasi orang lain. Semangat tinggi dalam berusaha akan bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain yang terinspirasi karena semangat tersebut.

Jadi, itulah kelima alasan untuk berusaha tanpa terlalu berharap pada bantuan orang lain. Sangat wajar jika sewaktu-waktu kita juga membutuhkan bantuan orang lain, namun jangan sampai menjadi terlena dan melupakan usaha yang perlu dilakukan sendiri. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 5 Etika yang Perlu Ditaati sebelum Meminta Bantuan Orang Lain

Frederick K Photo Verified Writer Frederick K

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya