Comscore Tracker

5 Filosofi Hidup dari Smartphone di Genggamanmu yang Penuh Makna!

Jadilah semakin bijak dengan smartphone yang kamu genggam

Zaman sekarang, smartphone atau telepon pintar sudah menjadi salah satu kebutuhan penting bagi manusia. Ya, saat membaca tulisan ini kamu juga mungkin sedang memegang smartphone milikmu.

Namun, sadarkah kamu bahwa smartphone yang kamu punya juga memiliki filosofi hidup yang penuh makna. Bukan sembarang filosofi, namun 5 filosofi hidup dari smartphone ini layak kamu ketahui. Yuk kita simak! 

1. Smartphone yang canggih tetap punya keterbatasan, begitu juga dengan kemampuan manusia

5 Filosofi Hidup dari Smartphone di Genggamanmu yang Penuh Makna!pexels.com/Kaique Rocha

Smartphone yang kita kenal canggih pun sesungguhnya memiliki keterbatasannya sendiri. Ada smartphone yang fitur-fiturnya kurang lengkap, ada pula smartphone yang meski memiliki fitur lengkap namun sangat tidak tahan air, dan lain sebagainya. Kalau kita perhatikan, bukankah kecanggihan smartphone yang terbatas mirip dengan kemampuan manusia yang membuatnya? 

Ya, meski seseorang memiliki kemampuan yang hebat dalam berbagai hal, bisa dipastikan ia tetap memiliki kelemahan atau kekurangannya sendiri. Sebab kita semua tetap merupakan manusia biasa, sehingga ada baiknya untuk berpikir dua kali sebelum bersikap sombong atas kemampuan atau kehebatan sendiri.

2. Smartphone semakin berkembang dari waktu ke waktu, itu artinya manusia pun seharusnya makin berkembang dari segala aspek

5 Filosofi Hidup dari Smartphone di Genggamanmu yang Penuh Makna!unsplash.com/Štefan Štefančík

Bandingkan telepon genggam zaman dulu dengan telepon genggam zaman sekarang, tentu sudah sangat berkembang bukan? Munculnya smartphone dengan berbagai fitur dan spesifikasi inilah yang menunjukkan perkembangan smartphone dari waktu ke waktu. Bila smartphone saja mengalami perkembangan dari waktu ke waktu, bukankah dengan waktu yang ada, manusia juga seharusnya semakin berkembang dari segala aspek?

Namun, pada kenyataannya tidak selalu demikian. Sebab cukup banyak orang hanya berkembang dalam salah satu aspek, namun melupakan aspek penting lainnya. Misalkan, seseorang memiliki aspek finansial yang bagus, namun aspek keluarga sering terlupakan. Jadi, usahakan untuk menyeimbangkan segala aspek dalam hidupmu ya! 

3. Smartphone tak akan bermanfaat bila kamu tak dapat menggunakan fitur-fiturnya dengan maksimal, begitu juga dengan bakat dan potensi yang kamu punya

5 Filosofi Hidup dari Smartphone di Genggamanmu yang Penuh Makna!pexels.com/Lisa Fotios

Pada umumnya, smartphone memiliki berbagai fitur-fitur yang ditawarkan tergantung pada merk dan spesifikasi smartphone tersebut. Nah, smartphone yang kamu miliki juga memiliki fitur-fitur yang mungkin berbeda dengan smartphone lain.

Sama halnya dengan manusia, masing-masing dari kita memiliki bakat dan potensi yang unik dan berbeda satu sama lain. Namun, apapun bakat yang kita punya tidak akan bermanfaat jika kita tidak pernah mengasahnya dengan maksimal. Seperti halnya smartphone, jika fitur-fitur smartphone yang memberi kemudahan tidak kita manfaatkan, bukankah kita sendiri yang akan rugi?

Baca Juga: 7 Filosofi dan Pelajaran Hidup yang Bisa Kita Ambil dari Hewan

4. Memilih smartphone yang tepat sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan, sama halnya dengan memilih gaya hidup yang tepat dan sesuai

5 Filosofi Hidup dari Smartphone di Genggamanmu yang Penuh Makna!unsplash.com/Jonas Leupe

Beragamnya smartphone yang muncul dan berkembang dari waktu ke waktu, terkadang membuat kita bingung untuk memilih smartphone yang tepat dan sesuai untuk kita. Tentu pertimbangan memilih smartphone yang cocok harus disesuaikan dengan budget dan kebutuhan.

Misalkan seseorang sanggup membeli smartphone yang cukup mahal dan berspesifikasi tinggi, apalagi pekerjaannya menuntut ia untuk menggunakan smartphone tersebut, maka sah-sah saja baginya untuk membeli smartphone tersebut. Demikian juga dengan gaya hidup, pilihlah gaya hidup yang sesuai dan positif buatmu. Sebaiknya, jangan pernah memaksakan diri untuk mengikuti gaya hidup orang lain bila tidak sesuai dengan prinsip dan kemampuanmu, ya.

5. Sama halnya dengan teknologi lain, smartphone dapat menjadi alat yang bermanfaat atau malah menjadi bumerang bagi diri sendiri

5 Filosofi Hidup dari Smartphone di Genggamanmu yang Penuh Makna!pexels.com/Chevanon Photography

Kita semua tahu bahwa perkembangan teknologi punya sisi positif dan sisi negatif. Ya, kemunculan smartphone sebagai alat yang dibutuhkan untuk berkomunikasi dan berbagai kegunaan lainnya memang membawa kemudahan dan manfaat bagi manusia.

Tapi, di sisi lain smartphone sering disalahgunakan untuk berbagai hal negatif yang bisa saja merugikan diri sendiri maupun orang lain. Oleh karena itu, anjuran untuk menggunakan smartphone dengan bijak bukanlah bualan semata dan sebaiknya kita pahami dengan baik.

Jadi, itulah kelima filosofi hidup dari smartphone yang mungkin saat ini sedang kamu genggam. Semoga semua filosofi di atas dapat memberi kita inspirasi untuk hidup lebih baik dan bijak. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 5 Filosofi Gelas yang Akan Ubah Sudut Pandangmu Terhadap Kehidupan

Frederick K Photo Verified Writer Frederick K

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya