Comscore Tracker

5 Hal Ini Bisa Membantu Kamu untuk Memudarkan Kenangan Buruk

Segera cari lingkungan baru yang positif

Siapa sih yang ingin punya kenangan buruk yang menyakitkan? Tentu tidak ada seorangpun yang ingin memiliki kenangan buruk. Kenangan buruk bagaikan mimpi buruk yang selalu ingin dilupakan dan dianggap tidak ada.

Namun, sering kali usaha untuk melupakannyahanya berujung pada kegagalan. Nah, jangan khawatir dulu ya sebab kamu masih bisa memudarkan kenangan buruk tersebut dengan 5 hal ini. Yuk kita simak!

1. Coba tenangkan diri dulu dan terimalah keadaan bahwa saat ini kamu memang punya kenangan buruk

5 Hal Ini Bisa Membantu Kamu untuk Memudarkan Kenangan Burukpexels.com/Andrew Neel

Pertama-tama, kamu sebaiknya memenangkan diri terlebih dahulu, jernihkan dulu hati dan pikiranmu sebelum melakukan sesuatu. Memang tidaklah mudah, tetapi setidaknya kamu bisa mencoba. Setelah itu, kamu perlu melakukan penerimaan diri atas segala kenangan buruk yang selama ini menghantuimu. 

Sebaiknya jangan dilawan, sebab semakin kamu lawan kenangan buruk tersebut, semakin kuatlah kenangan buruk tersebut menganggu hidupmu. Ya, sesungguhnya kamu perlu menerimanya dengan lapang dada. Kenyataan memang pahit, namun kamu perlu belajar untuk move on dari masalah tersebut. Dengan begitu, kamu bisa melanjutkan hidup dengan perasaan yang damai. Tetap semangat!

2. Hindari orang-orang yang selalu bersikap buruk

5 Hal Ini Bisa Membantu Kamu untuk Memudarkan Kenangan Burukunsplash/Anthony Tran

Memudarkan kenangan buruk juga dapat dilakukan dengan menghindari orang-orang yang selalu bersikap buruk. Sikap buruk terlihat dari cara seseorang berucap dan berperilaku. Apabila orang tersebut selalu membicarakan hal-hal negatif padamu, bisa jadi kenangan buruk yang kamu alami menjadi semakin kuat.

Sebab, harus diakui kalau ucapan dan sikap orang lain juga punya pengaruh terhadap diri kita. Bila ucapan dan perilakunya positif, tentu akan membuat kita lebih bahagia dan nyaman. Namun, bagaimana jika yang terjadi adalah sebaliknya? Oleh karena itu perhatikan hal ini dengan baik, ya!

3. Bila memungkinkan, Segera cari lingkungan baru yang positif

5 Hal Ini Bisa Membantu Kamu untuk Memudarkan Kenangan Burukpexels.com/fauxels

Ya, kamu juga harus aktif untuk mencari lingkungan baru yang lebih positif, jika kamu betul-betul ingin memudarkan kenangan buruk yang pahit untuk diingat.

Dengan kesibukan yang positif, sedikit demi sedikit kamu mulai mampu untuk memudarkan kenangan buruk tersebut. Sehingga, peran orang lain dan lingkungan yang positif sangat penting. Jadi, cari dan pilihlah lingkungan positif dengan bijak, ya!

Baca Juga: Punya Kenangan Pahit? Begini Cara Menghapusnya Secara Ilmiah

4. Tingkatkan kesadaran hidupmu dengan terus mendekatkan diri kepada-Nya

5 Hal Ini Bisa Membantu Kamu untuk Memudarkan Kenangan Burukpexels.com/Alan Retratos

kenangan buruk yang terus menganggu, memang membuat hidup terasa sulit dan menderita. Oleh karena itu, peningkatan kesadaran hidup adalah hal yang penting. Yaitu, bagaimana cara kamu memandang hidup ini dengan penuh kebijaksanaan.

Lalu, bagaimana cara tepat untuk meningkatkan kesadaran hidup? Ya, ingatlah untuk terus mendekatkan diri kepada Tuhan YME, agar kita mampu untuk bersikap lebih tenang, ikhlas dan sabar dalam menjalani hidup ini. Jadi, jangan lupakan hal ini ya!

5. Temukan hal-hal positif yang ingin kamu lakukan dalam jangka waktu panjang

5 Hal Ini Bisa Membantu Kamu untuk Memudarkan Kenangan Burukpexels.com/Alexander Mils

Memudarkan kenangan buruk juga perlu dilakukan secara konsisten agar tidak terus muncul dalam pikiranmu. Salah satu cara yang bisa kamu coba adalah dengan menemukan hal-hal positif yang ingin kamu lakukan dalam jangka waktu panjang.

Kenapa harus dalam jangka waktu panjang? Ya, hal ini dilakukan agar kamu bisa mengubah fokusmu ke arah yang positif sehingga waktu yang cukup tentu diperlukan.

Jadi, itulah kelima hal yang bisa membantu kamu untuk memudarkan kenangan buruk. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Susah Move On? Ini Cara Menurut Ahli Lupakan Kenangan Pahit

Frederick K Photo Verified Writer Frederick K

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya