Comscore Tracker

5 Hal Positif yang Bisa Dipelajari dari Rasa Takut, Tak Selalu Buruk! 

Rasa takut mengajarkan kita untuk lebih berhati-hati

Rasanya, tak ada seorangpun yang ingin mengalami rasa takut. Namun, rasa takut sudah ada pada diri manusia secara alami. Apa itu berarti rasa takut selalu berdampak buruk?

Jawabannya memang tergantung pada sudut pandang orang yang menjawabnya. Tetapi jika kita renungkan dengan baik, sesungguhnya rasa takut juga memiliki hal-hal positif yang bisa kita pelajari dan tentunya bermanfaat bagi kita. Penasaran? Yuk langsung kita simak! 

1. Dari rasa takut, kita belajar untuk mempersiapkan diri

5 Hal Positif yang Bisa Dipelajari dari Rasa Takut, Tak Selalu Buruk! pexels.com/Chinmay Singh

Kita sering merasa takut saat merasa tidak siap pada hal-hal baru yang tidak kita tahu dan kenal. Ya, wajar-wajar saja jika rasa takut tersebut kemudian muncul dari dalam diri. Lalu, hal apa yang bisa dipelajari dari rasa takut tersebut?

Ya, terkadang kita memang dituntut untuk belajar mempersiapkan diri dari hal-hal yang membuat kita takut. Contoh, jika kamu takut mendapat nilai buruk saat ulangan atau ujian, maka persiapan yang bisa kamu lakukan adalah belajar dengan giat dan tekun. Bila kita bisa memaknainya dengan bijak, rasa takut juga bisa bermanfaat bagi diri sendiri lho. 

2. Rasa takut mengajarkan kita untuk berucap dan bertindak dengan lebih hati-hati

5 Hal Positif yang Bisa Dipelajari dari Rasa Takut, Tak Selalu Buruk! unsplash.com/Stefan Spassov

Sikap ceroboh dan tak teliti seringkali menimbulkan masalah tak terduga yang tentunya tak pernah kita inginkan. Akibatnya, berbagai perasaan yang tidak menyenangkan pun muncul dengan sendirinya, salah satunya adalah perasaan takut.

Dari rasa takut ini, kita dapat belajar bahwa sudah seharusnya kita lebih berhati-hati dalam berucap dan bertindak. Saat kita bersikap ceroboh dalam berucap atau bertindak, rasa takut mungkin akan semakin besar dan mengganggu diri sendiri. Oleh karena itu, jangan lengah dan tetap waspada ya! 

Baca Juga: 5 Alasan ini Jadi Penyebab Rasa Takut untuk Memulai Sebuah Hubungan

3. Rasa takut membuat kita semakin menyadari bahwa tak ada yang abadi di dunia ini

5 Hal Positif yang Bisa Dipelajari dari Rasa Takut, Tak Selalu Buruk! unsplash.com/sean Kong

Sering kita mendengar ungkapan bahwa 'tak ada yang abadi di dunia ini', betul? Ya, memang begitulah kenyataannya. Bahkan nih, rasa takut juga membuat kita menyadari bahwa tak ada yang abadi di dunia ini. Sebab, rasa takut juga sering muncul dan lenyap tanpa kita sadari.

Rasa takut juga tak abadi, ia datang dan pergi sesuka hatinya. Nah, rasa takut yang kita rasakan sebenarnya tak selalu buruk asal tidak berlebihan. Rasa takut menjadi semacam alarm yang bertujuan untuk menghindarkan kita dari potensi bahaya yang ada. Yang terpenting adalah kita harus mampu mengendalikan rasa takut tersebut agar tidak sampai mengganggu kenyamanan hidup.

4. Rasa takut membuat kita paham arti dari menghargai diri sendiri dan orang lain

5 Hal Positif yang Bisa Dipelajari dari Rasa Takut, Tak Selalu Buruk! unsplash.com/Andrew Neel

Sungguh tak menyenangkan perasaan takut yang berkecamuk dalam hati, betul? Ya, seharusnya rasa takut ini membuat kita semakin sadar dan paham bahwa tak ada manfaatnya menebar rasa takut pada orang lain.

Menganjurkan sikap waspada tentu baik dan sah-sah saja, tapi ketahuilah kalau rasa takut yang terus disebar maka situasi dan kondisi akan semakin memburuk, lho. Jadi, rasa takut ini juga membuat kita makin mengerti pentingnya menghargai diri sendiri dan orang lain dengan cara tetap berusaha menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

5. Dari rasa takut, kita tahu bahwa ada waktunya kita harus bersikap berani

5 Hal Positif yang Bisa Dipelajari dari Rasa Takut, Tak Selalu Buruk! unsplash.com/Christian Fregnan

Lawan dari rasa takut adalah rasa berani. Dari rasa takut kita mengenal rasa berani, begitu juga sebaliknya. Takut dan berani memang terlihat berlawanan, tetapi sesungguhnya merupakan hal yang tak terpisahkan.

Terkadang rasa takut itu memang wajar dan perlu, terkadang keberanian yang kita perlukan. Dari rasa takut, kita belajar bahwa ada waktunya kita harus bersikap berani. Ini artinya, kita secara bijak telah memperkirakan waktu yang tepat dan matang untuk bersikap berani. 

Nah, itulah kelima hal positif hal yang bisa kita pelajari dari rasa takut. Sesungguhnya, rasa takut itu memang tak selalu buruk, tergantung bagaimana cara kita memandangnya. Jangan lupa untuk tetap mengendalikan kadar dari rasa takut tersebut agar tetap nyaman bagimu dan bukan sebaliknya. Semoga bermanfaat! 

Baca Juga: Jangan Takut, Lakukan 5 Hal Ini Jika Kamu Alami Depresi saat Sendirian

Frederick K Photo Verified Writer Frederick K

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya