Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Penting Mengetahui Sudut Pandang Orang Lain

Makin bijak dalam menyikapi sesuatu

Jika selama ini kamu hanya berusaha memahami sudut pandangmu terhadap sesuatu, maka gak ada salahnya untuk tahu dan coba memahami sudut pandang orang lain. Tentunya jika orang lain berkenan membagikan pemikiran dan sudut pandang mereka padamu, dirimu perlu menghargai kesempatan tersebut dengan baik.

Sebab hal tersebut sangat mungkin membantu dirimu dalam proses pengembangan diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Jadi, coba deh pahami dulu lima alasan kenapa memahami sudut pandang orang lain juga penting. Yuk, langsung simak!

1. Membuat diri lebih mampu berempati

5 Alasan Kenapa Penting Mengetahui Sudut Pandang Orang Lainilustrasi sedang menatap (pexels.com/Liza Summer)

Tentunya rasa empati akan lebih sulit muncul kalau diri sendiri masih enggan mengetahui sudut pandang orang lain. Ingatlah kalau setiap orang punya cara atau pola pikirnya masing-masing yang mungkin akan sangat jauh berbeda denganmu. 

Kalau sudah begitu, kamu perlu ingat bahwa menumbuhkan rasa empati juga penting agar dapat lebih memahami orang lain. Mampu berempati dengan baik, tentunya membuat diri lebih bijaksana dalam menyikapi keadaan dan situasi yang ada. Jadi, jangan lupakan hal ini, ya!

2. Orang lain juga akan merasa dihargai

5 Alasan Kenapa Penting Mengetahui Sudut Pandang Orang Lainilustrasi mengobrol (pexels.com/fauxels)

Rasanya tiap-tiap orang juga ingin dihargai dengan baik dan layak, 'kan? Sehingga dengan tahu sudut pandang orang lain, kita belajar untuk menghargai orang lain dengan baik, sebagaimana diri kita sendiri juga ingin dihargai.

Saat kamu dengan tulus berusaha memahami orang lain melalui sudut pandang mereka, sebenarnya sudah ada hubungan baik yang terjalin, lho. Orang lain pun biasanya akan merasa lebih dihargai olehmu saat bisa dipahami dan dimengerti dengan sebaik-baiknya.

Baca Juga: 5 Cara Lihat Masalah dari Sudut Pandang Berbeda

3. Bisa mendapatkan pemahaman yang berharga

5 Alasan Kenapa Penting Mengetahui Sudut Pandang Orang Lainilustrasi tersenyum (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Bukan tanpa alasan kenapa mengetahui dan mengerti sudut orang lain juga dibutuhkan. Ya, salah satunya juga karena sudut pandang orang lain cenderung menghadirkan pemahaman berbeda yang mungkin sebelumnya tak terpikirkan.

Sebab bisa saja pemahaman tersebut memang penting untuk diketahui atau bahkan mengubah cara pandangmu terhadap suatu hal. Sehingga pemahaman yang penting dan berharga tersebut dapat membuatmu lebih berkembang lagi ke arah yang tepat.

4. Tidak lagi terburu-buru dalam menilai sesuatu

5 Alasan Kenapa Penting Mengetahui Sudut Pandang Orang Lainilustrasi tersenyum (pexels.com/Yaroslav Shuraev)

Alasan penting lain yang juga perlu disadari adalah tentang sikap diri. Nah, mungkin sejauh ini dirimu juga masih suka terburu-buru dalam menilai sesuatu, coba deh ingat-ingat lagi, apakah memang seperti itu?

Jika ternyata masih tidak sabar dalam menilai suatu hal, maka dengan belajar memahami sudut pandang orang lain, cepat atau lambat akan membantumu mengerti bahwa pemikiran orang lain ternyata bisa berbeda-beda juga dikarenakan banyak hal. Sehingga perlu lebih cermat dalam proses memahaminya.

5. Diri sendiri juga akan lebih dihargai orang lain

5 Alasan Kenapa Penting Mengetahui Sudut Pandang Orang Lainilustrasi berdiskusi (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Pada dasarnya perlu kesadaran dan kemauan diri agar bisa konsisten dalam mengerti sudut pandang orang lain. Saat sudah makin mengerti sudut pandang orang lain, biasanya orang lain juga akan lebih menghargai dirimu sebagai bentuk rasa terima kasih.

Walau mungkin tidak semua orang akan seperti itu, tetapi setidaknya akan ada orang yang berkenan untuk memahami sudut pandang dirimu. Hal ini karena kamu pun telah berusaha sebaik mungkin dalam memahami pendapat dan pemikiran orang lain.

Jadi, sudut pandang orang lain bisa jadi bukan hal yang gampang untuk begitu saja dimengerti. Namun saat sudah muncul kesungguhan hati untuk menyadari bahwa sudut pandang orang lain juga penting, semestinya segala proses yang ada juga membuat diri lebih matang dan bijak dalam memahami berbagai hal.

Baca Juga: 5 Sudut Pandang yang Perlu Diubah supaya Hidup Lebih Positif, Simak!

Frederick K Photo Verified Writer Frederick K

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya