Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Menguji Kesabaran Orang Lain Bukanlah Hal yang Bijak

Banyak hal positif lain yang lebih penting untuk dilakukan

Apakah kamu pernah menguji kesabaran orang lain? Jika iya, apa sih alasanmu melakukannya? Secara sengaja atau tidak, menguji kesabaran orang lain mungkin sudah pernah kamu lakukan. 

Perlu diketahui kalau tindakan menguji kesabaran orang lain bukanlah tindakan bijak yang perlu terus dipertahankan. Kenapa? Coba deh simak dulu lima alasan berikut. 

1. Sesungguhnya kita tidak pernah tahu sampai mana batas kesabaran orang lain

5 Alasan Kenapa Menguji Kesabaran Orang Lain Bukanlah Hal yang Bijakpexels.com/Gustavo Fring

Kita semua hanyalah manusia biasa, betul? Seperti yang sudah kita ketahui kalau kesabaran itu tentu ada batasnya. Orang yang kamu kenal sebagai orang yang paling sabar pun belum tentu akan sabar selamanya.

Ada saat tertentu dimana kesabaran itu seolah-olah meredup dan menjadikan diri sebagai pribadi yang sebaliknya. Oleh karena itu, jangan sampai kesabaran orang lain menjadi habis hanya karena tindakan menguji kesabaran yang sebenarnya tidak perlu.

2. Tidak memiliki manfaat penting yang perlu dipertimbangkan

5 Alasan Kenapa Menguji Kesabaran Orang Lain Bukanlah Hal yang Bijakpexels.com/Andrea Piacquadio

Kalau boleh dijabarkan, apa sih sebenarnya manfaat dari menguji kesabaran orang lain? Rasanya tak ada manfaat penting yang perlu dipertimbangkan saat berusaha menguji kesabaran orang lain.

Itu artinya, tindakan menguji kesabaran orang lain juga bukan tindakan penting yang perlu diteruskan apalagi jika sampai dijadikan kebiasaan yang melekat bagimu. 

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Jangan Coba-coba Menguji Kesabaran Atasanmu di Kantor

3. Diri sendiri pun tidak ingin kesabarannya diuji

5 Alasan Kenapa Menguji Kesabaran Orang Lain Bukanlah Hal yang Bijakpexels.com/fauxels

Kalau ingin jujur, siapa sih yang ingin dirinya diuji kesabarannya oleh orang lain? Tentunya tidak ingin, 'kan? Oleh karena itu, sebelum berniat untuk menguji kesabaran orang lain, sebaiknya pikirkan dulu hal ini dengan baik.

Terkadang kita perlu mencoba untuk memosisikan diri dengan sudut pandang orang lain agar kita bisa memahami apa yang orang lain rasakan. Dengan begitu, diri sendiri akan berpikir dua kali sebelum mencoba menguji kesabaran orang lain. 

4. Hanya akan menimbulkan konflik yang rumit

5 Alasan Kenapa Menguji Kesabaran Orang Lain Bukanlah Hal yang Bijakpexels.com/Ekaterina Bolovtsova

Berapa banyak konflik yang mungkin timbul hanya karena tindakan tidak bijak seperti mencoba menguji kesabaran orang lain? Sebenarnya, tanpa dicoba pun kehidupan ini kadang memberi kita kejutan dengan hal-hal yang menguji kesabaran diri. Oleh karena itu, sebaiknya tidak perlu secara sengaja menguji kesabaran orang lain, ya. 

5. Banyak hal positif lain yang lebih penting untuk dilakukan

5 Alasan Kenapa Menguji Kesabaran Orang Lain Bukanlah Hal yang Bijakpexels.com/Andrea Piacquadio

Bukankah ada banyak hal positif lain yang lebih penting untuk dilakukan daripada sibuk menguji kesabaran orang lain? Ya, waktumu yang berharga hanya akan terbuang secara sia-sia jika kamu terus berkutat dalam hal menguji kesabaran orang lain. 

Sebenarnya, kesabaran seseorang itu akan tampak dengan sendirinya, hanya berbeda dalam hal cepat atau lambatnya saja kesabaran itu terlihat. Jadi, jika ingin mengetahui kesabaran seseorang sebaiknya tanyakan langsung pada dirinya atau abaikan saja hal ini jika dirasa tidak terlalu penting. Bagaimana menurutmu? 

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Gak Boleh Membandingkan Kesulitanmu dengan Orang Lain 

Frederick K Photo Verified Writer Frederick K

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya