Comscore Tracker

Kamu Bisa Menjadi Cahaya Bagi Orang Lain, Inilah 5 Caranya!

Dunia pun menjadi lebih indah

'Jadilah cahaya bagi orang lain', pernahkah kamu mendengar ungkapan ini sebelumnya? Intinya, ungkapan ini bermaksud untuk menganjurkan kita agar menjadi pribadi yang mampu menerangi orang lain sesuai daya dan kemampuan yang dimiliki, entah itu sebagai penolong, penebar kebaikan, penasihat dan masih banyak lagi.

Menjadi cahaya, di saat orang lain berada dalam kegelapan adalah hal yang mulia dan patut ditiru. Sesungguhnya, ada kebahagiaan yang sulit diungkapkan saat kita mampu menerangi orang lain. Lalu, bagaimana sih cara yang tepat agar kita dapat menjadi cahaya yang mampu menerangi orang lain? Tenang saja, yuk simak dulu 5 cara berikut.

1. Konsisten dalam berkarya

Kamu Bisa Menjadi Cahaya Bagi Orang Lain, Inilah 5 Caranya!pexels.com/Christina Morillo

Karya adalah salah satu cara yang tepat untuk menerangi orang lain. Melalui karya, kamu dapat memberi manfaat bagi orang lain, sekecil apapun itu. Melalui karya juga, kamu bisa menginspirasi orang lain untuk terus belajar dan berkarya. 

Dengan demikian, karya yang kamu hasilkan akan menjadi lingkaran kebaikan dan kebahagiaan, meski kamu sendiri mungkin tak menyadarinya. Tentu, proses yang harus dilalui tak selalu mulus, ada saja rintangan dan tantangan yang dapat menghadang. Jadi, jangan pernah menyerah ya!

2. Melakukan kebaikan setiap ada kesempatan

Kamu Bisa Menjadi Cahaya Bagi Orang Lain, Inilah 5 Caranya!unsplash.com/Tom Parsons

Kapan terakhir kali kamu melakukan suatu kebaikan? Ingat, kebaikan adalah cahaya terang yang dapat dilakukan oleh setiap orang, siapapun itu. Berbuat baik adalah cara yang tepat agar kita mampu menjadi cahaya bagi orang lain. Melalui kebaikan yang kita lakukan, kita dapat memberi bantuan dan menebar kebahagiaan.

Jangan pernah menganggap remeh kebaikan yang kamu anggap kecil, bisa jadi kebaikan tersebut sangat berarti bagi orang yang membutuhkannya. Jangan pula merasa kecewa saat kebaikanmu tak dianggap berarti, percayalah bahwa tak ada kebaikan yang sia-sia. Jadi, jangan lupa untuk melakukan kebaikan setiap ada kesempatan, ya.

3. Menjadi pendengar dan penasihat yang baik

Kamu Bisa Menjadi Cahaya Bagi Orang Lain, Inilah 5 Caranya!pexels.com/Elle Hughes

Menjadi pendengar yang baik adalah hal yang sederhana, namun bisa jadi sangat berarti bagi orang lain. Saat kamu merasakan berbagai emosi negatif yang bergejolak, bukankah kamu ingin didengar? Kamu mungkin ingin mengeluarkan keluh kesah, kesedihan, kekecewaan atau sekadar bercerita.

Bukankah kamu merasa lebih lega dan terhibur saat ada orang lain yang bisa mendengarkan dirimu? Apalagi kalau ia dapat memberi nasihat dan masukan yang bermanfaat. Begitu juga sebaliknya, kamu dapat menjadi cahaya dengan menjadi pendengar dan penasihat yang baik untuk orang lain.

Baca Juga: Orang Baik Ya Orang Baik Saja, Apapun Agamanya!

4. Berusaha memahami orang lain dari berbagai sudut pandang

Kamu Bisa Menjadi Cahaya Bagi Orang Lain, Inilah 5 Caranya!unsplash.com/Alexis Brown

Sesungguhnya, setiap orang juga ingin dimengerti dan dipahami. Jangan terburu-buru berprasangka buruk kepada orang lain, apalagi menuduh yang tidak-tidak. Menilai orang lain dengan tepat, bukanlah hal yang mudah.

Nah, saat kamu berusaha untuk memahami orang lain dengan berbagai sudut pandang, sebenarnya kamu juga turut menjadi cahaya bagi orang lain, lho. Sebab, saat kamu mampu menjadi pribadi yang lebih bijaksana, di saat itu jugalah kamu mampu menerangi orang lain.

5. Memaafkan orang yang pernah melakukan kesalahan padamu

Kamu Bisa Menjadi Cahaya Bagi Orang Lain, Inilah 5 Caranya!unsplash.com/Anthony Tran

Memaafkan kesalahan orang lain bukanlah perkara yang mudah, namun setidaknya kamu harus mencobanya, ya. Memaafkan orang lain adalah perbuatan yang mulia dan membuat kamu mampu menjadi cahaya yang lebih terang.

Sebab, dengan memaafkan orang lain yang merasa bersalah padamu, kamu memberi kesempatan pada mereka untuk memperbaiki kesalahan dan memulai hidup yang baru. Selain itu, kamu juga dapat membebaskan diri dari segala perasaan negatif yang selama ini membelenggu.

Jadi, itulah kelima cara agar kamu dapat menjadi cahaya bagi orang lain. Semoga bermanfaat, ya!

Baca Juga: 20 Pertanyaan Ini Bisa Tahu Apakah Hubunganmu Dengannya Baik-baik Saja

Frederick K Photo Community Writer Frederick K

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Just For You