Comscore Tracker

5 Tips dalam Menyikapi Keputusan Hidupmu yang Diremehkan Orang Lain

Sebaiknya disikapi dengan bijak, ya! #IDNTimesLife

Keputusan adalah hal yang gak bisa dihilangkan dalam kehidupan sehari-hari. Bukankah hampir setiap hari, kita dihadapkan pada berbagai keputusan? Entah itu keputusan kecil atau keputusan besar, semua punya pengaruhnya masing-masing. Lalu, bagaimana kalau keputusan hidupmu ternyata diremehkan orang lain? Coba deh simak dulu lima tips penting berikut ini untuk menyikapinya. 

1. Sebaiknya lihat kembali nilai-nilai dan prinsip hidup yang selama ini kamu pegang

5 Tips dalam Menyikapi Keputusan Hidupmu yang Diremehkan Orang Lainilustrasi sedang melamun (pexels.com/Ivan Samkov)

Kalau keputusanmu ternyata diremehkan orang lain, coba lihat kembali nilai-nilai dan prinsip hidup yang selama ini kamu pegang. Perhatikan apakah keputusanmu sudah sesuai dengan nilai-nilai dan prinsip hidupmu?

Setelah itu, renungkan juga apakah prinsip hidupmu memang sudah tepat, sesuai atau cocok untukmu? Jika semua jawabannya adalah ya, maka sebenarnya kamu pun sudah tahu harus bagaimana dalam menanggapi secara bijak sikap orang lain yang meremehkan keputusan hidupmu.

2. Fokuskan pikiranmu pada dampak jangka panjang dari keputusan hidupmu daripada memikirkan ucapan negatif orang lain

5 Tips dalam Menyikapi Keputusan Hidupmu yang Diremehkan Orang Lainilustrasi orang sedang merenung (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Ketika diremehkan orang lain, termasuk keputusan hidup yang diremehkan, tak jarang fokus pikiran selalu menuju ke arah ucapan negatif tersebut. Tentunya hal ini sangat mengganggu kedamaian hati. Padahal akan lebih bijak kalau kamu bisa mengarahkan fokus pikiranmu pada dampak jangka panjang dari keputusan tersebut daripada terus memikirkan ucapan negatif orang lain. Setuju?

Baca Juga: 5 Alasan Perlunya Menjaga Kebahagiaanmu, Bukan Keputusan Egois, kok!

3. Meski begitu, gak ada salahnya juga untuk memahami dulu maksud ucapan orang lain yang sebenarnya

5 Tips dalam Menyikapi Keputusan Hidupmu yang Diremehkan Orang Lainilustrasi sedang menatap (pexels.com/Liza Summer)

Tentu bukan berarti maksud ucapan orang lain selalu buruk, ya. Sebaiknya pahami dulu dengan baik. Kadang ucapan orang lain juga ada benarnya dan perlu dipikirkan kembali. 

Hanya saja orang tersebut mungkin tidak tahu cara menyampaikannya dengan baik sehingga maksud hati yang sebenarnya baik jadi terkesan negatif karena cara penyampaiannya yang seperti meremehkan. Intinya tetap waspada dan jeli dalam memahami maksud ucapan orang lain, ya!

4. Jika kamu sudah yakin dengan keputusan hidupmu, maka kuatkan juga tekad yang kamu punya

5 Tips dalam Menyikapi Keputusan Hidupmu yang Diremehkan Orang Lainilustrasi perencanaan (pexels.com/Startup Stock Photos)

Memiliki rasa yakin dan percaya diri saja tidak cukup ketika kamu memutuskan sesuatu. Perlu yang namanya tekad kuat untuk bisa menjalankan keputusan yang sudah dibuat dengan sebaik-baiknya. Jika tidak, maka sebenarnya keputusan tersebut sejak awal sudah sangat mungkin gagal atau jauh dari hasil yang diharapkan. Jadi, coba latih diri untuk menguatkan tekadmu, ya.

5. Luangkan waktu yang cukup untuk menenangkan diri dengan baik agar bisa kembali berpikir jernih

5 Tips dalam Menyikapi Keputusan Hidupmu yang Diremehkan Orang Lainilustrasi sedang berpikir (pexels.com/EKATERINA BOLOVTSOVA)

Selain semua tips di atas, kamu juga bisa coba meluangkan waktu yang cukup untuk menenangkan diri dengan baik dan tepat. Tujuannya agar kamu bisa kembali berpikir jernih, entah itu terhadap keputusanmu atau ucapan orang lain sebelumnya. Jadi, hal ini setidaknya bisa membantu kamu untuk memilah hal-hal apa saja yang memang perlu dipikirkan dan mana yang tidak perlu dipikirkan.

Semoga kelima tips di atas dapat membantumu untuk bersikap bijak ketika orang lain meremehkan keputusan hidupmu. Berusaha tetap semangat dan semoga bermanfaat, ya!

Baca Juga: 5 Hal yang Bisa Membuatmu Gampang Ikhlas Menerima Keputusan Berat

Frederick K Photo Verified Writer Frederick K

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya