Comscore Tracker

6 Doa yang Perlu Diamalkan agar Semua Urusan Dipermudah Allah SWT

Karena hanya kepada-Nya-lah kita wajib bergantung

Sudah menjadi kodratnya bahwa kehidupan di dunia adalah melelahkan dan penuh rintangan. Hal ini seperti yang Allah firmankan dalam Surah Al-Balad ayat 4 yang artinya,

"Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia berada dalam susah payah." (QS. Al-Balad, [90]:4).

Namun, ini bukan semata-mata karena Allah menginginkan hamba-hamba-Nya susah, melainkan ingin melihat hamba mana yang memang benar-benar beriman kepada-Nya. Meskipun kesusahan di dunia adalah bagian dari ujian kehidupan, kita tetap boleh memohon kepada Allah supaya diberi kemudahan.

Nah, berikut ini adalah enam doa agar kita diberi kemudahan oleh Allah SWT sehingga semua urusan di dunia berjalan lebih lancar. Keep scrolling!

1. Doa agar diberi kemudahan oleh Allah SWT

6 Doa yang Perlu Diamalkan agar Semua Urusan Dipermudah Allah SWTilustrasi berdoa (pexels.com/Anastasia Shuraeva)

Tiada yang berkuasa selain Allah di alam semesta ini. Tak ada satu pun hal yang sulit baginya karena sifat Allah sejatinya Maha Kuasa dan Maha Perkasa, tanpa terkecuali persoalan hidup yang kita hadapi.

Nah, kita bisa memohon kepada Allah agar diberi kemudahan dengan mengamalkan doa berikut. Dari Anas bin Malik, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah berdoa,

اللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

Allahumma laa sahla illa maa ja'altahu sahlaa, wa anta taj'alul hazna idza syi'ta sahlaa

Artinya: "Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan Engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah." (HR. Ibnu Hibban dalam sahihnya, 3:255).

2. Doa agar setiap urusan berakhir baik

6 Doa yang Perlu Diamalkan agar Semua Urusan Dipermudah Allah SWTilustrasi berdoa (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Pastinya, setiap manusia menginginkan happy ending alias akhir bahagia dalam kehidupannya. Nah, doa berikut wajib banget diamalkan. Selain meminta kemudahan, doa ini juga merangkap permohonan agar dijauhkan dari nasib buruk di dunia dan akhirat.

اَللَّهُمَّ أَحْسِنْ عَاقِبَتَنَا فِي الْأُمُوْرِ كُلِّهَا وأَجِرْنَا مِنْ خِزْيِ الدُّنْيَا وَعَذَابِ الْآخِرَةِ

Allahumma ahsin 'aaqibatanaa fil umuuri kullihaa wa ajirnaa mim khizyid dunyaa wa 'adzaabil aakhiroh

Artinya: "Ya Allah, jadikan segala urusan kami berakhir dengan baik. Dan lindungi kami dari bencana dunia dan azab Akhirat." (HR. Ahmad, 4/181).

Baca Juga: 5 Doa Memohon kepada Allah agar Diampuni Dosa yang Telah Diperbuat

3. Doa memohon setiap kebaikan

6 Doa yang Perlu Diamalkan agar Semua Urusan Dipermudah Allah SWTilustrasi berdoa (unsplash.com/Masjid Pogung Dalangan)

Segala sesuatu terjadi hanya karena kehendak-Nya. Ini meliputi kebaikan dalam kehidupan. Hanya dari Allah-lah segala kebaikan yang kita rasakan. Maka dari itu, sudah sepatutnya kita memohon kepada-Nya dengan memanjatkan doa,

رَبِّ إِنِّى لِمَآ أَنزَلْتَ إِلَىَّ مِنْ خَيْرٍ فَقِيرٌ

Rabbi innii limaa anzalta ilayya min khairin faqiir

Artinya: "Ya Tuhanku, sesungguhnya aku sangat memerlukan sesuatu kebaikan yang Engkau turunkan kepadaku." (QS. Al-Qashas, [28]:24).

4. Doa memohon rahmat dan diperbaiki segala urusan

6 Doa yang Perlu Diamalkan agar Semua Urusan Dipermudah Allah SWTilustrasi berdoa (pexels.com/Thirdman)

Ada masa di mana kita merasa buntu dan tak tahu harus berbuat apa-apa. Ini berarti, hanya Allah-lah yang mampu menyelesaikan persoalan kita.

Selain menyelesaikan, juga sangat mudah bagi Allah untuk memperbaiki urusan kita. Berikut doa yang bisa kita bacakan:

اللَّهُمَّ رَحْمَتَكَ أَرْجُو فَلاَ تَكِلْنِي إِلَى نَفْسِي طَرْفَةَ عَيْنٍ، وَأَصْلِحْ لِيْ شَأْنِي كُلَّهُ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ

Allahumma rahmataka arju, falaa takilnii ila nafsii tharfata 'aiin, wa ashlih lii sya'nii kullahu, laa ilaha illaa anta

Artinya: "Ya Allah, rahmat-Mu aku harapkan, maka janganlah Engkau bebankan pada diriku walau sekejap mata pun (urusan-urusan tersebut) dan perbaikilah segala urusanku, tidak ada Tuhan selain Engkau." (HR. Abu Dawud no. 5090. Dinilai hasan oleh Al-Albani).

5. Doa agar dimudahkan ketika berbicara

6 Doa yang Perlu Diamalkan agar Semua Urusan Dipermudah Allah SWTilustrasi berdoa (pexels.com/Thirdman)

Doa ini dipanjatkan oleh Nabi Musa AS ketika berhadapan dengan Firaun. Mengalami kesulitan dalam berbicara, Nabi Musa memohon kepada Allah agar diberi kemudahan dalam berucap supaya semua orang mengerti perkataannya.

Nah, doa ini sangat dianjurkan untuk kita bacakan terlebih sewaktu hendak melakukan presentasi ataupun berbicara dengan khalayak ramai. Selain itu, doa Nabi Musa ini juga mencakup permohonan agar dimudahkan segala urusan.

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي  وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي  يَفْقَهُوا قَوْلِي

Robbisy rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul 'uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii

Artinya: "Ya Rabb-ku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku." (QS. Thaha, [20]:25–28).

6. Doa ketika dihadapkan kesulitan

6 Doa yang Perlu Diamalkan agar Semua Urusan Dipermudah Allah SWTilustrasi berdoa (unsplash.com/Visual Karsa)

Pernah mengalami kebuntuan dan tak tahu harus berbuat apa-apa? Kondisi tersebut sebelumnya juga pernah dialami Nabi Yunus AS ketika dirinya ditelan oleh ikan Nun (atau ikan paus menurut tafsiran lain).

Seolah tiada jalan keluar baginya untuk keluar, tetapi Nabi Yunus sangat yakin akan kekuatan Allah SWT. Dirinya lantas membacakan sebuah doa sehingga, atas izin Allah, membantunya keluar dari kesulitan. Doanya adalah

لَّآ إِلَٰهَ إِلَّآ أَنتَ سُبْحَٰنَكَ إِنِّى كُنتُ مِنَ ٱلظَّٰلِمِينَ

Laa ilaaha illaa anta sub-haanaka innii kuntu minazh-zholimiin

Artinya: "Bahwa tidak ada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim." (QS. Al-Anbiya, [21]:87).

Dengan rutin mengamalkan keenam doa diberi kemudahan di atas, insyaallah, semua urusan bakal terasa lebih mudah. Jangan lupa pula perkuat kepercayaan bahwa pertolongan Allah itu nyata adanya. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 6 Doa Bala, Doa Andalan agar Selalu Dilindungi oleh Allah SWT

E N C E K U B I N A Photo Verified Writer E N C E K U B I N A

Mau cari kerja yang bisa rebahan terus~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya