Comscore Tracker

5 Tanaman Bonsai yang Cocok Dipiara dalam Rumah, Imut dan Elok Dilihat

#IDNTimesLife Bisa jadi dekorasi ruangan juga

Menanam tanaman di rumah menjadi tren saat pandemik. Bonsai adalah salah satunya. Kalau hendak menanam bonsai di dalam rumah, kamu harus memperhatikan jenisnya. Yuk, simak jenis bonsai yang bisa ditanam di dalam rumah!

1. Ficus retusa

5 Tanaman Bonsai yang Cocok Dipiara dalam Rumah, Imut dan Elok Dilihatlovemybonsai.com

Bonsai jenis ini bisa menjadi pilihanmu yang tidak mau ribet mengurusnya. Ini karena tanamannya mudah dibuat menjadi berbagai bentuk. Kalau kamu salah menyiram atau lalai saat menanam, bonsai ini tetap kokoh dan bisa tumbuh.

Untuk merawatnya, kamu cukup menyiramnya dan meletakkannya di terik matahari untuk berjemur. Kalau sudah, kamu bisa membawanya ke dalam ruangan kembali.

2. Jade Plant (Crassula ovata)

5 Tanaman Bonsai yang Cocok Dipiara dalam Rumah, Imut dan Elok Dilihatyoutube.com/bonsai hunter

Tanaman ini sering kali dianggap sebagai pohon keberuntungan pada banyak kebudayaan Asia. Tanaman ini sering ditempatkan dalam ruangan untuk dekorasi karena perawatannya yang rendah.

Tanaman Jade bisa ditaruh di dalam ataupun luar ruangan. Ia hanya membutuhkan sedikit air dan rentan terhadap overwatering. Kalau terlalu banyak terpapar sinar matahari, daunnya bisa berubah warna menjadi kuning.

Baca Juga: Pohon Bonsai Ini Berusia 391 Tahun dan Selamat dari Bom Nuklir Hiroshima

3. Tanaman Carmona (Fukien Tea)

5 Tanaman Bonsai yang Cocok Dipiara dalam Rumah, Imut dan Elok Dilihattamanbonsai.com

Tanaman ini cukup populer untuk ditaruh di dalam rumah. Namun, untuk iklim hangat, kamu bisa menanam Carmona ini di luar ruangan.

Dalam pengairan, jangan sampai kamu membiarkannya kering, tetapi janganoverwatering juga. Kamu pun hanya perlu menaruhnya di bawah matahari langsung selama satu jam.

4. Tanaman Walisongo (Schefflera arboricola)

5 Tanaman Bonsai yang Cocok Dipiara dalam Rumah, Imut dan Elok Dilihatuk-bonsai.co.uk

Bonsai jenis ini paling sering ditemui di masyarakat dan cocok untuk pemula. Tanaman ini mudah ditanam di mana saja karena batangnya tidak mudah kering dan susah mati. Pertumbuhannya pun termasuk cepat.

5. Sweet Plum (Sageretia Theezans)

5 Tanaman Bonsai yang Cocok Dipiara dalam Rumah, Imut dan Elok Dilihatgrowingbonsai.net

Tanaman ini populer sebagai bonsai yang bisa diletakkan di dalam rumah dan diproduksi massal di daerah Asia Selatan. Tanaman yang menyukai kelembapan ini, bisa dirawat oleh pemula, tapi sensitif dalam penyiraman.

Pada bagian akar, kamu harus pastikan tetap lembap tapi tidak tegenang air. Kalau sampai mengering sepenuhnya, seluruh pohon akan cepat mati karena kekurangan air.

Itulah jenis tanaman bonsai yang bisa kamu tanam di dalam rumahmu. Setiap tanaman juga harus diperhatikan cara penanamannya agar tidak cepat mati.

Baca Juga: Mudah Dirawat, 5 Tanaman Bonsai Lucu Ini Cocok bagi Pemula

Topic:

  • Gabrielle Marsha
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya