Comscore Tracker

7 Tips Berbicara dengan Orang yang Berbeda Pandangan, Gak Perlu Ngegas

#IDNTimesLife Tidak semua harus tidak disepakati

Kamu tentu pernah menghadapi orang yang tak sependapat denganmu. Kamu terjebak dengan perasaan canggung dan tak nyaman saat berbicara dengan mereka.

Robert Lupton dari Michigan State University dan Judd Thornton dari Georgia State University meneliti cara orang berinteraksi saat mereka berbagi pandangan yang berbeda. Penelitian ini menunjukkan bahwa saat orang dihadapkan pada banyak perbedaan, sering kali mereka tak memilih berpihak dan melepaskan diri dari percakapan itu.

Lalu, bagaimana sebaiknya kamu berbicara dengan orang yang berbeda pandangan atau pendapat denganmu? Yuk, simak tips berikut ini!

1. Menghargai keragaman pandangan dan pendapat di antara kalian

7 Tips Berbicara dengan Orang yang Berbeda Pandangan, Gak Perlu Ngegaspexels.com/@olly

Saat kamu dan orang di sekitar memaksakan pandangan yang sama, ini akan lebih mudah membuatmu berdebat dan mengalami perpecahan. Saat kamu bisa menghargai adanya perbedaan, kamu bisa lebih terbuka dan bisa membagikan pendapatmu dengan utuh.

2. Mau mendengarkan pendapat orang lain

7 Tips Berbicara dengan Orang yang Berbeda Pandangan, Gak Perlu Ngegasunsplash.com/@edvinjohansson

Kalau kamu sudah bisa menghargai keragaman pandangan yang ada, kamu akan lebih mudah untuk mendengarkan pendapat dari orang lain. Kamu juga bisa mempelajari pandangan satu sama lain sehingga komunikasimu pun lebih lancar.

3. Berpikir sebelum mengeluarkan pendapatmu

7 Tips Berbicara dengan Orang yang Berbeda Pandangan, Gak Perlu Ngegaspexels.com/@olly

Saat berpendapat, pastikan argumenmu kuat untuk dipertahankan. Kalau argumenmu lemah, kamu akan terlihat defensif terhadap orang yang akan mematahkan pendapatmu. Setidaknya, kamu tak membuat perasaan jadi lebih buruk dengan argumen yang tertata.

Baca Juga: 5 Tips Jitu Bikin Beda Pendapat dengan Pasangan Menjadi Argumen Sehat

4. Tetap tenang meskipun pembicaraan semakin intens

7 Tips Berbicara dengan Orang yang Berbeda Pandangan, Gak Perlu Ngegasunsplash.com/@campaign_creators

Saat bisa mengatur pendapat dan menghargai pandangan orang lain, kamu juga harus mengatur reaksi setelah orang mengungkapkan pendapat yang berbeda. Kalau membiarkan emosi mengambil alih, kamu akan menimbulkan permusuhan dalam pembicaraan.

5. Cobalah untuk menemukan kesamaan yang bisa disepakati!

7 Tips Berbicara dengan Orang yang Berbeda Pandangan, Gak Perlu Ngegasunsplash.com/@brookecagle

Tujuan pembicaraanmu tentu untuk bisa mengembangkan pandangan dan pikiranmu, bukannya memisahkan satu sama lain. Ini berarti tidak ada yang menang dan kalah. Kamu bisa mencari hal-hal lain yang bisa disepakati agar tidak berdebat terus menerus.

6. Jangan membawa persoalan pribadi dalam pembicaraan

7 Tips Berbicara dengan Orang yang Berbeda Pandangan, Gak Perlu Ngegasunsplash.com/@obiefernandez

Kamu tetap harus menghargai pembicaraan itu. Jangan sampai kamu mulai menghina kualitas pribadi seseorang hanya karena memiliki pandangan yang berbeda denganmu!

7. Kuatkan perasaan positif yang kamu miliki terhadap satu sama lain, terlepas dari perbedaan yang dimiliki

7 Tips Berbicara dengan Orang yang Berbeda Pandangan, Gak Perlu Ngegaspexels.com/@rethaferguson

Kalau memiliki hubungan yang kuat dengan orang yang beda pendapat, kamu tentu akan merasa pembicaraan ini akan berlalu. Apa pun yang terjadi di luar hubunganmu, akan mengembangkan hubungan jadi lebih kuat.

Kamu harus tetap mempertahankan keterbukaan sehingga tidak mengubah pertemanan atau kekerabatanmu kelak. Jadi, tetap berpikir positif ya!

Itu dia yang bisa kamu lakukan kalau berbicara dengan orang yang memiliki perbedaan pandangan. Walaupun tidak selalu sejalan, kamu bisa mempertahankan hubungan pertemanan dengan orang yang berbeda pendapat.

Baca Juga: Raih 5 Hal Positif Ini saat Kita Terbiasa Menerima Pendapat Orang Lain

Topic:

  • Gabrielle Marsha
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya