Comscore Tracker

Lawan Guys! 6 Ketakutan ini Menghambat Kesuksesanmu

#PANJATPOIN Jangan biarkan rasa takut mengendalikan dirimu!

Setiap orang memiliki ketakutan masing-masing. Takut akan menjadi tidak wajar kalau kamu memiliki ketakutan berlebih karena dapat membatasi pergerakanmu. Dan tentu saja hal tersebut akan menghambat kemajuanmu.

Berikut ini ada beberapa jenis ketakutan yang bisa menghambat perkembangan dan kemajuanmu.

1. Kamu tidak memiliki keberanian untuk bermipi besar

Lawan Guys! 6 Ketakutan ini Menghambat Kesuksesanmupixabay.com/Kellepics

Mimpi besar hanya untuk orang yang berjiwa besar. Nampaknya pepatah tersebut menyimpan kebenaran juga. Setiap orang tentunya punya mimpi. Tapi tidak semua orang berani bermimpi besar. Mereka takut untuk bermimpi besar karena takut tidak bisa mewujudkannya. Apakah kamu termasuk, guys?

Kalau iya, hentikan sekarang. Beranikan dirimu untuk bermimpi besar. Karena apa? Banyak orang di sekitar kamu yang menyimpan harapan besar untukmu.

2. Tidak memiliki keberanian untuk berbicara

Lawan Guys! 6 Ketakutan ini Menghambat Kesuksesanmupexels.com/MoosePhotos

Kamu takut mengungkapkan pemikiranmu. Kamu tidak memiliki keberanian untuk mengungkapkan pendapatmu, kamu juga takut untuk menyatakan perasaanmu. Berhenti kalau kamu masih memiliki ketakutan untuk bicara, karena hal itu akan menghambatmu.

Selain itu, kalau kamu terus memiliki ketakutan untuk mengungkapkan perasaanmu, lama-lama kamu akan tertekan dan jelas hal ini akan menyakiti hatimu sendiri.

3. Kamu memiliki ketakutan akan dikucilkan

Lawan Guys! 6 Ketakutan ini Menghambat Kesuksesanmupixabay.com/Burusca

Kamu enggan melakukan sesuatu selain itu, kamu tidak mau mencoba sesuatu yang baru karena suatu hal! Kamu takut dikucilkan, takut digosipi, takut ditertawakan. Tapi kalau dipikir-pikir untuk apa takut dikucilkan?

Toh, kamu yang memiliki hidupmu sendiri bukan mereka. Kamu yang berhak mengatur hidupmu sendiri. Jadi kalau kamu masih enggan melakukan sesuatu karena takut dikucilkan, maka beranikan dirimu mulai dari sekarang. Karena kalau kamu masih memiliki ketakutan ini, tentu saja hidupmu tidak akan berubah.

4. Merasa tidak memiliki cukup kemampuan

Lawan Guys! 6 Ketakutan ini Menghambat Kesuksesanmupexels.com

Merasa tidak memiliki cukup ilmu, belum memiliki kemampuan? Itu wajar, dan sebenarnya ketakutan jenis ini bagus karena bisa melatih kamu untuk terus belajar. Tapi tetap ada batasannya.

Kalau kamu terus menerus merasa tidak cukup ilmu, kamu tidak akan mau memulai sesuatu. Percaya dirilah, hargai kemampuanmu. Kalau kamu takut melakukan kesalahan, jangan berhenti mencoba, lakukan sambil terus belajar.

5. Tidak memiliki keberanian akan menghadapi kegagalan

Lawan Guys! 6 Ketakutan ini Menghambat Kesuksesanmupexels.com/ it's me neosiam

Satu alasan kita tidak mau mencoba melakukan sesuatu adalah karena takut gagal. Takut gagal itu wajar tapi kalau diteruskan bukankah kamu jadi tidak jalan, tidak berkembang?

Mulai sekarang beranikan dirimu untuk mengambil resiko, menghadapi kegagalan. Motivasi dirimu, bahwa tidak ada orang sukses yang tidak pernah gagal.

6. Kamu takut akan sebuah penolakan

Lawan Guys! 6 Ketakutan ini Menghambat Kesuksesanmupexels.com

Ini adalah jenis ketakutan yang paling berbahaya, karena ketakutan ini tidak disadari. Munculnya? Dalam bentuk penundaan. Kamu yang sering menunda-nunda melakukan sesuatu bisa jadi karena kamu takut akan penolakan.

Menunda-nunda melakukan pekerjaan tentu saja akan menghambat perkembanganmu bukan? Jadi kalau kamu sadar akan hal tersebut, segera hentikan. Berikan motivasi juga pada dirimu untuk berani menerima penolakan.

Rasa takut hakikatnya memiliki dampak positif. Yaitu membuat kita bisa instropeksi diri untuk tidak melakukan kesalahan yang sama, dan tetap melangkah secara hati-hati. Tapi rasa takut yang terus-menerus juga tidak baik. Karena akan menghambat pergerakan kita.

Jadi sudah tahu kan rasa takut yang dapat menghambat perkembanganmu? Kalau kamu memiliki satu dari enam rasa takut yang telah disebutkan di atas, segera kurangi. Apalagi kalau sudah memengaruhi aktivitasmu.

Galuh Indah Febriani Photo Community Writer Galuh Indah Febriani

Nikmati hidupmu, taati aturan Allah, and begin your day with smile and pray

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You