Comscore Tracker

5 Rekomendasi Novel Klasik Fyodor Dostoyevsky untuk Pecinta Buku

Meski kelam, namun mengandung banyak nilai kehidupan

Fyodor Dostoyevsky (1821-1881) adalah salah satu penulis paling berpengaruh di Rusia. Banyak kesulitan dan tragedi dalam hidupnya yang kemudian tercermin dan menginspirasi karyanya, membantunya untuk menciptakan karakter yang berkesan yang kemudian membentuk citra Rusia abad ke-19.

Dalam setiap novelnya, Dostoyevsky kerap menggambarkan kehidupan orang pinggiran, terlupakan, terasing, tetapi sebenarnya yang mewakili kehidupan mayoritas orang. Mereka adalah tulang punggung suatu negara, dan begitu memahami kehidupan. Nah, berikut ini adalah lima rekomendasi novel terbaik Dostoyevsky yang layak masuk booklist-mu.

1. Crime and Punishment (1866)  

5 Rekomendasi Novel Klasik Fyodor Dostoyevsky untuk Pecinta Bukuamazon.com

Cara terbaik untuk mengenal Dostoyevsky adalah dengan membaca novel paling fenomenalnya Crime and Punishment. Kisah tentang seorang pria miskin yang melakukan kejahatan untuk bertahan hidup, tetapi kemudian berurusan dengan perjuangan yang lebih besar daripada kemiskinan - rasa bersalah yang ekstrim.

Di sepanjang jalan, pembaca akan dihadapkan dengan berbagai jenis manusia menyedihkan dan dianggap hina yang menghuni jalanan St Petersburg. Namun di balik itu semua mereka adalah manusia yang memiliki rasa kemanusiaan. Novel psikologis ini membuat kita bisa memahami sisi lain orang-orang yang terlempar dan terasing oleh kehidupan.

2. The Idiot (1868)  

5 Rekomendasi Novel Klasik Fyodor Dostoyevsky untuk Pecinta Bukuchirpbooks.com

Jika kamu merasa dunia ini dipenuhi dengan keburukan, maka inilah saatnya untuk membaca The Idiot. Karakter utama, Pangeran Myshkin, adalah salah satu karakter paling lembut dan baik hati, tetapi terjebak dalam dunia orang-orang tidak sempurna yang menghakimi dan licik. Dia baru saja kembali setelah menjalani perawatan di rumah sakit jiwa Swiss.

Tetapi keterlibatannya dalam cinta terlarang yang memalukan dan penganiayaan oleh orang-orang di sekitarnya membawanya kembali ke tempat dia pernah dirawat- sebuah institusi mental. Namun pada akhirnya, kejujuran, kebaikan, dan integritas Myshkin terbukti tidak setara dengan kekosongan moral orang-orang di sekitarnya.

Baca Juga: 5 Novel Klasik Terbaik Leo Tolstoy yang Menggugah Jiwa, Wajib Baca!

3. Poor Folk (1846)  

5 Rekomendasi Novel Klasik Fyodor Dostoyevsky untuk Pecinta Bukuamazon.com

Novel epistolary ini ditulis sebagai pertukaran surat antara dua orang miskin di St Petersburg - Makar Devushkin yang sudah tua dan kekaksihnya, Varvara Dobroselova. Meski bernada ironis, karya tersebut merupakan novel sosial penting yang menyuarakan masyarakat yang kurang beruntung.

Cinta Devushkin untuk sepupu jauhnya, Varvara, menuntunnya untuk terus mencari uang untuk membantu mendukungnya, berharap suatu hari nanti akan menikahinya. Namun terlepas dari harapannya, orang tuanya tidak menyetujuinya dan seorang pria yang lebih kaya melamarnya, jadi Varvara dihadapkan pada pilihan yang dulu banyak dihadapi oleh wanita muda.

4. Demons (1871)  

5 Rekomendasi Novel Klasik Fyodor Dostoyevsky untuk Pecinta Bukuamazon.com

Demons adalah salah satu karya Dostoyevsky yang paling dipolitisasi. Terinspirasi oleh kisah nyata pembunuhan politik yang membuat ngeri Rusia pada tahun 1869. Plotnya didasarkan pada kisah pembunuhan seorang mahasiswa bernama Ivan Ivanov, yang diduga dilakukan oleh anggota lingkaran revolusioner.

Novel tersebut merupakan refleksi dari gerakan radikal yang tumbuh di kalangan intelektual dan tanda-tanda awal terorisme. Karya ini adalah refleksi dari pemikiran Dostoyevsky tentang bagian masyarakat yang memprotes pada masanya dan mungkin juga refleksi atas partisipasinya dalam lingkaran pemikiran bebas.

5. The Gambler (1866)  

5 Rekomendasi Novel Klasik Fyodor Dostoyevsky untuk Pecinta Bukupenguin.com

Novel ini memiliki cerita yang ironis di belakangnya, karena Dostoyevsky sebelumnya kehilangan banyak uang. Komisi untuk karya ini datang setelah Dostoyevsky kehilangan sejumlah besar uang yang bukan hanya miliknya, tetapi juga milik temannya karena berjudi. Karena hutang yang membebani, penulis membuat kontrak untuk menyelesaikan pekerjaan The Gambler dalam waktu yang sangat singkat.

Novel pendek ini menceritakan kisah Alexey Ivanovitch, seorang guru muda yang bekerja di rumah seorang jenderal Rusia yang angkuh. Alexey kemudian mencoba menerobos dinding tatanan yang mapan di Rusia, tetapi malah terperosok dalam judi dan kerugian yang tak berujung. Kecanduannya yang intens semakin diperburuk oleh perselingkuhannya dengan keponakan Jenderal yang kejam, Polina.

Jika kamu ingin menyelami sisi psikologis manusia ketika dihadapkan dengan berbagai masalah dan penderitaan yang tak terbayangkan, karya-karya Fyodor Dostoyevsky adalah yang terbaik. Plot cerita yang ditawarkan pun memberikan kita imajinasi tentang sejarah aristokrat dan kaum bawah di era pra revolusi Rusia.

Baca Juga: 5 Novel Terseram yang Wajib Dibaca Pencinta Horor, Bikin Merinding!

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya