Comscore Tracker

10 Quotes Franz Kafka Paling Menohok Tentang Memaknai Kehidupan

Mulailah dengan apa yang benar!

Franz Kafka merupakan penulis kelahiran Praha, Ceko pada 3 Juli 1883 yang paling berpengaruh dalam kesusastraan Eropa. Karya-karya yang berupa novel dan cerita pendek mampu mendobrak aturan-aturan kaku saat itu, dan menghadirkan sebuah pandangan baru. Kafka dikenal lewat cerita-ceritanya yang absurd, surealis dengan tema keterasingan seseorang dari kehidupan sosial.

Uniknya, karya-karyanya tersebut dianggap sebagai gambaran tersamar dari  kehidupannya sendiri yang cukup tragis. Ia lahir dari keluarga Yahudi menengah atas dengan trauma masa kecil yang disebabkan oleh ayahnya. Franz Kafka meninggal dunia di usia 40 tahun akibat TBC. Ironisnya, karya sastranya justru mulai dikenal dunia setelah ia meninggal. Lewat deretan karyanya tersebut hadir banyak sekali kutipan menohok tentang arti memaknai kehidupan yang layak untuk direnungkan.

1. "Start with what is right rather than what is acceptable"

10 Quotes Franz Kafka Paling Menohok Tentang Memaknai Kehidupanpexels/Just Name

"Mulailah dengan apa yang benar daripada apa yang diterima."

Segala sesuatu, entah itu hubungan ataupun bisnis harus dimulai dengan cara yang benar dan jujur, bukan apa yang diterima kebanyakan orang. Terkadang apa yang menurut banyak orang bolehkan, belum tentu benar. Dengan jalan yang benar, setidaknya kamu tidak akan menyesali setiap keputusan.

2. “But what if all the tranquility, all the comfort, all the contentment were now to come to a horrifying end?”

10 Quotes Franz Kafka Paling Menohok Tentang Memaknai Kehidupanimdb.com

"Tapi bagaimana jika semua ketenangan, semua kenyamanan, semua kepuasan sekarang berakhir dengan mengerikan?"

Rasa nyaman memang sangat melenakan dan menyenangkan. Namun jangan biarkan dirimu terjebak di dalamnya karena rasa nyaman terkadang tak membuat seseorang berkembang dalam hidup ini, dan pada akhirnya banyak menyimpan rasa takut dalam dirinya.

3. "By believing passionately in something that still does not exist, we create it. The nonexistent is whatever we have not sufficiently desired"

10 Quotes Franz Kafka Paling Menohok Tentang Memaknai Kehidupanunsplash/ Joshua Rawson-Harris

"Dengan sangat percaya pada sesuatu yang masih belum ada, kita menciptakannya. Yang tidak ada adalah apa pun yang belum kita inginkan."

Jangan pernah takut untuk bermimpi besar karena itu merupakan langkah awal untuk membuatnya menjadi nyata. Setiap kesuksesan besar di dunia ini selalu dimulai dari keberanian untuk memimpikannya.

4. “Every thing you love is very likely to be lost, but in the end, love will return in a different way”

10 Quotes Franz Kafka Paling Menohok Tentang Memaknai Kehidupandramabeans.com

“Setiap hal yang kamu cintai kemungkinan besar akan hilang, tapi pada akhirnya, cinta akan kembali dengan cara yang berbeda.”

Datang dan pergi adalah hal yang wajar di hidup ini. Jangan biarkan rasa kehilangan apa yang kamu cintai menghancurkanmu. Pada dasarnya saat satu hal hilang, hal lainnya yang lebih indah akan datang.

5. "He who seeks does not find, but he who does not seek will be found"

10 Quotes Franz Kafka Paling Menohok Tentang Memaknai Kehidupandramabeans.com

"Dia yang mencari tidak akan menemukan, tetapi dia yang tidak mencari akan ditemukan."

Terkadang hidup memang absurd. Kita tak akan pernah bahagia saat terus mencari apa itu bahagia, dan kita tak akan pernah hidup jika kita terus mencari makna kehidupan. Kadang hanya dengan tetap melakukan apa yang benar dan tetap menjadi diri sendiri, semuanya akan mendatangimu.

Baca Juga: 10 Quotes di Film 'Enola Holmes', Beri Inspirasi dalam Menjalani Hidup

6. "Youth is happy because it has the ability to see beauty. Anyone who keeps the ability to see beauty never grows old"

10 Quotes Franz Kafka Paling Menohok Tentang Memaknai Kehidupanunsplash/ Jeffery Erhunse

"Anak kecil berbahagia karena memiliki kemampuan melihat keindahan. Siapapun yang menjaga kemampuan untuk melihat keindahan tidak akan pernah menjadi tua."

Menjadi dewasa kadang membuat seseorang terlalu banyak pertimbangan, sehingga membuat hidupnya kaku dan sulit menemukan keindahan hidup. Kita harus belajar dari anak kecil tentang menjadi lugu dan polos agar tetap muda dan melihat  hidup dari sisi yang berwarna-warni, sehingga mampu melahirkan kreativitas.

7. “I write differently from what I speak, I speak differently from what I think, I think differently from the way I ought to think, and so it all proceeds into deepest darkness”

10 Quotes Franz Kafka Paling Menohok Tentang Memaknai Kehidupanunsplash/Trent Szmolnik

“Saya menulis dengan cara yang berbeda dari apa yang saya ucapkan, saya berbicara dengan cara yang berbeda dari apa yang saya pikirkan, saya berpikir secara berbeda dari cara saya seharusnya berpikir, dan semuanya berlanjut ke kegelapan yang paling dalam.”

Kesulitan untuk mengatakan apa yang ada di benakmu merupakan jalan menuju kegelapan dalam hidupmu. Itu adalah sumber penderitaan, maka jangan ragu untuk mengungkapkan segala perasaanmu, alih-alih memendamnya.

8. “I have the true feeling of myself only when I am unbearably unhappy”

10 Quotes Franz Kafka Paling Menohok Tentang Memaknai Kehidupandramabeans.com

"Aku memiliki perasaan yang sebenarnya tentang diriku sendiri hanya ketika aku sangat tidak bahagia."

Terkadang penderitaan bukanlah hal yang buruk dalam hidup kita. Itu menyeimbangkan kehidupan dan membuat kita lebih mengenali diri sendiri. Bahkan saat kita tidak bahagia, kita pun tahu siapa orang-orang yang benar-benar peduli.

9. “He is terribly afraid of dying because he hasn’t yet lived”

10 Quotes Franz Kafka Paling Menohok Tentang Memaknai Kehidupanunsplash/Kinga Cichewicz

"Dia sangat takut mati karena dia belum hidup."

Kematian adalah hal paling misterius dalam hidup ini, dan cara terbaik menghadapinya adalah kamu benar-benar hidup sebaik mungkin. Jangan biarkan dirimu hidup dalam banyak penyesalan karena kita hidup di bumi ini hanya sekali.

10. “A book must be the axe for the frozen sea within us”

10 Quotes Franz Kafka Paling Menohok Tentang Memaknai Kehidupanpexels/CARLOS ESPINOZA

"Sebuah buku harus menjadi kapak untuk lautan beku di dalam diri kita."

Buku terbaik untuk dibaca adalah buku yang mampu menohok dan menampar dirimu sendiri. Dia mampu memberikan sebuah pandangan baru dan membuatmu melakukannya.

Itulah 10 ungkapan bijak dari penulis paling berpengaruh di abad ke-20,  Franz Kafka. Hidupnya memang dipenuhi dengan keabsurdan dan tragedi, namun hal-hal itu memberikannya banyak pandangan bijak tentang hidup ini, dan itu layak untuk kita renungkan.

Baca Juga: 10 Quotes Inspiratif Rintik Sedu yang Relate Banget dengan Kehidupan 

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya