Comscore Tracker

7 Trik Psikologi yang Wajib Kamu Coba Untuk Tingkatkan Kreativitas

Biar inspirasi terus mengalir

Banyak orang masih berpikir jika kreativitas adalah bakat sejak lahir. Namun, faktanya kreativitas adalah hal yang sama seperti otot, sesuatu yang dapat dikembangkan dengan latihan dan kerja keras. Artinya, semua orang bisa menjadi sosok yang penuh kreativitas.

Hal lainnya yang perlu diingat adalah kreativitas bukanlah proses pasif yang akan datang dengan hanya duduk menunggu. Kreativitas juga merupakan hal yang perlu diusahakan.. Berikut ini adalah tujuh trik psikologi yang bisa kamu lakukan agar dapat inspirasi demi kreativitas.

1. Berjalan kaki sederhana

7 Trik Psikologi yang Wajib Kamu Coba Untuk Tingkatkan KreativitasUnsplash/https://unsplash.com/photos/956I1peiMi4

Satu studi 2014 menemukan bahwa orang cenderung lebih kreatif ketika mereka berjalan daripada ketika mereka sedang duduk. Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa aktivitas fisik secara teratur dapat memainkan peran penting dalam meningkatkan dan melindungi kemampuan kognitif.

Tidak hanya itu penelitian ini juga menemukan bahwa jalan kaki sederhana seperti ke taman atau hutan dapat secara sementara meningkatkan jenis pemikiran tertentu.

2. Menghadiahi diri sendiri untuk suatu pekerjaan

7 Trik Psikologi yang Wajib Kamu Coba Untuk Tingkatkan KreativitasUnsplash/Icons8 team

Sebuah penelitian menemukan bahwa hal-hal yang bermanfaat secara intrinsik dapat menjadi bumerang karena akan mengurangi motivasi. Fenomena ini dikenal sebagai efek overjustifikasi. Artinya, memberikan semacam hadiah untuk pemikiran kreatif mungkin memiliki efek sebaliknya, menghambat kreativitas dan motivasi.

Namun satu penelitian menemukan bahwa ketika anak-anak ditawari suatu hadiah eksplisit untuk menghasilkan gambar kreatif, kreativitas pekerjaan mereka sebenarnya meningkat.

Jadi, jika kamu sedang mencoba mencari inspirasi, coba janjikan pada diri sendiri beberapa jenis camilan yang diinginkan sebagai hadiah karena bisa menghasilkan solusi kreatif. Jangan berlebihan karena berisiko juga mengurangi motivasi.

3. Menciptakan trik psikologi jarak

7 Trik Psikologi yang Wajib Kamu Coba Untuk Tingkatkan KreativitasUnsplash/Eli DeFaria

Orang-orang sering menyarankan untuk beristirahat dari tugas ketika kita telah mencapai creative block. Namun, sebuah percobaan juga menemukan bahwa menempatkan jarak psikologis antara diri kita dengan sebuah permasalahan dapat sangat membantu menciptakan sebuah inspirasi.

Para peneliti menemukan bahwa ketika peserta membayangkan bahwa masalah berasal dari lokasi yang jauh versus yang dekat, mereka memecahkan lebih banyak masalah dan menghasilkan solusi yang lebih kreatif.

Lain waktu ketika kamu sedang menghadapi masalah yang sulit, coba bayangkan bahwa masalahnya jauh dan terputus dari lokasi saat ini. Dijamin hal tersebut akan menciptakan sebuah pemikiran yang solutif.

4. Keliling dirimu dengan lingkungan yang inspiratif

7 Trik Psikologi yang Wajib Kamu Coba Untuk Tingkatkan Kreativitasunsplash/Annie Spratt

Psikolog Mihaly Csikszentmihalyi menyarankan bahwa lingkungan juga berperan dalam proses kreatif. Menstimulasi lingkungan dapat memfasilitasi proses berpikir kreatif, sehingga mengelilingi diri kita dengan hal-hal yang inspiratif dan penuh motivasi akan sangat membantu kita lebih kreatif juga.

Baca Juga: Banyak Ide Kreatif tapi Modal Tipis, Ini Tips untuk Memulai Bisnis 

5. Melamun

7 Trik Psikologi yang Wajib Kamu Coba Untuk Tingkatkan KreativitasUnsplash/Johnny Cohen

Di dunia yang serba teknologi seperti sekarang ini, sebuah gangguan bisa terjadi hanya dengan sekali klik di dunia internet. Alih-alih mengisi setiap waktu kosongmu dengan aplikasi, ataupun bermain game, coba biarkan dirimu merasa bosan.

Dalam satu penelitian, peserta yang bosan menunjukkan hasil yang lebih baik dalam tes kreativitas daripada mereka yang gembira, santai atau tertekan. Dalam studi lain, para peneliti menemukan bahwa kebosanan memberi orang waktu untuk melamun, yang kemudian mengarah pada kreativitas yang lebih besar.

Kebosanan mendorong pemikiran kreatif karena mengirimkan sinyal bahwa situasi atau lingkungan saat ini kurang, sehingga membuat kita mencari ide dan inspirasi baru untuk mengatasi rasa  bosan tersebut.

6. Mengelilingi lingkungan kerjamu dengan warna biru

7 Trik Psikologi yang Wajib Kamu Coba Untuk Tingkatkan Kreativitashome-designing.com

Psikologi warna menunjukkan bahwa warna yang berbeda dapat memiliki efek yang bervariasi pada suasana hati, emosi, dan perilaku. Menurut sebuah penelitian tahun 2009, warna biru cenderung membuat orang berpikir lebih kreatif.

Mengapa? Menurut para peneliti, warna biru membantu mendorong orang untuk berpikir out of the box. Karena biru sangat terkait dengan alam, kedamaian, dan ketenangan. Jadi pada saat kamu mencoba mencari inspirasi, coba gunakan warna biru untuk melihat apakah hal itu dapat memicu beberapa ide baru.

7. Bermeditasi

7 Trik Psikologi yang Wajib Kamu Coba Untuk Tingkatkan Kreativitaspsychologytoday.com

Penelitian lainnya juga menunjukkan bahwa beberapa jenis meditasi terkait dengan peningkatan pemikiran kreatif. Meditasi telah lama digunakan sebagai teknik relaksasi, tetapi penelitian terbaru menunjukkan bahwa manfaat kesehatan jauh melampaui relaksasi.

Satu studi menemukan bahwa menggunakan jenis meditasi yang bernama open monitoring meditation, di mana individu menerima setiap pikiran dan sensasi tanpa fokus pada objek atau ide tertentu, dapat meningkatkan pemikiran yang berbeda dan menghasilkan ide-ide baru.

Itulah tujuh trik psikologi sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan inspirasi dan meningkatkan kreativitasmu.

Baca Juga: 5 Hal Ini Bisa Mematikan Kreativitasmu Dalam Berkarya

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya