Comscore Tracker

5 Cara Melewati Masa Lalu, Agar Kembali Move On untuk Masa Depan

Agar tidak berlarut-larut dengan pengalaman yang telah lalu!

Terkadang kita masih ada perasaan yang telah lalu tapi masih tetap terganjal pada diri kita. Seolah-olah membuat perasaan menjadi gulana di setiap ingin melangkah ke depan. Karena mungkin pengalaman-pengalaman yang pernah kita lalui terlalu membekas dan meninggalkan jejak yang begitu dalam sehingga sangat sukar untuk mengubahnya apalagi menghilangkannya.

Berbagai macam genre masa lalu kita, ada yang karena sedih, senang, takut, beraksi hingga sayang. Apa pun itu yang sudah kita lewati, serpihan-serpihan cerita pendek dulu telah terbentuk menjadi sebuah novel yang berkarakter ribuan halaman. Secara tidak sadar di antara banyak cerita yang terkenang, di hari ini kita akan kembali ke masa lalu yang membuat kamu sulit untuk melangkah ke depan.

Jadi, bagaimanapun kita harus kuat untuk menaklukkannya.

1. Persiapkan pikiran kamu

5 Cara Melewati Masa Lalu, Agar Kembali Move On untuk Masa DepanPexels/Kelvin Valerio

Kalau kamu tanpa persiapan pikiran terdahulu tentunya akan jadi runyam saat mau melakukan hal yang baru untuk masa depan. Yang jelas, sebelum merencanakan apa pun dengan pikiran yang kuat dan tenang semua akan terlaksana secara teratur dan tidak berbalik arah lagi. 

2. Ambil beberapa keputusan kuat untuk melanjutkan

5 Cara Melewati Masa Lalu, Agar Kembali Move On untuk Masa DepanPexels/Pixabay

Sama dengan pikiran, dari bibit itu juga menjadikan keputusan-keputusan yang kamu tangkap dan telah kamu alami dengan nurani. Sehingga semua itu untuk pegangan kuat untuk melangkah ke masa depan. 

Baca Juga: 5 Skill yang Harus Kamu Punya Demi Sukses Karier Masa Depan

3. Berikan kata-kata untuk penderitaan kamu

5 Cara Melewati Masa Lalu, Agar Kembali Move On untuk Masa DepanPexels/Amine M'Siouri

Memberikan kata-kata positif untuk diri kamu sendiri. Lebih ke semacamnya kita memberi dukungan dan bercermin diri. Carilah kata-kata yang baik agar dirimu lebih termotivasi dan kembali bersemangat. 

4. Maafkan, lupakan dan singkirkan hambatan

5 Cara Melewati Masa Lalu, Agar Kembali Move On untuk Masa Depancorporatewellnessmagazine.com

Belajarlah untuk memaafkan orang lain maupun dirimu sendiri. Dari yang punya kesalahan, salahnya atau tidak pernah salah juga harus berucap dengan kata maaf. Yakinlah, hanya satu kata tersebut tentunya sangat menenangkan hati. Setelah itu kamu lupakan perlahan dan singkirkan hambatan itu semua. 

5. Jalani masa kini dan rencanakan masa depan cemerlang kamu

5 Cara Melewati Masa Lalu, Agar Kembali Move On untuk Masa DepanPexels/Lukas Hartmann

Yang terakhir dan terpenting, lihatlah diri kamu yang sekarang, dari kondisi, suasana hingga kegiatan yang sedang kamu jalani. Tidak perlu mengungkit dan melihat masa lalu yang menurutmu tidak akan ada lagi seperti itu. Ubahlah sebagai pembelajaran kita di masa yang akan datang. Dan buatlah perencanaan masa depan kamu yang indah dan cemerlang. 

Itulah lima cara yang harus kamu terapkan jika dirasa sulit untuk berubah menjadi diri yang lebih baik dan mulai membuat lembaran-lembaran baru untuk melangkah ke depan.

Baca Juga: Perbedaan Jelas Antara Karakter Orang Sukses Vs Orang Gak Sukses!

Gebialya Raa Photo Verified Writer Gebialya Raa

want to write

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya