Comscore Tracker

9 Solusi biar Kamu Bisa Percaya Diri, Jadi Gak Gemeteran Lagi

Hasilnya bikin manjur banget!

Siapa sih yang masih suka gak percaya diri kalau maju ke depan umum? Ketika dipanggil maju ke depan, rasanya seperti dihantam bom, campur aduk antara deg-degan, gemeteran, dan keringat dingin.

Sampai pada saat mempresentasikannya, hilanglah semua pikiran alias ngebleng. Sehingga apa yang mau ditunjukkan jadi berantakan karena ketidakpercayaan diri. Tapi tenang aja kok, ada solusinya biar makin percaya diri total di depan umum. Simak solusinya di bawah ini.

1. Berpikir positif

9 Solusi biar Kamu Bisa Percaya Diri, Jadi Gak Gemeteran LagiIlustrasi orang yang berpikir positif (Pexels.com/Gustavo Fring)

Untuk selalu berpikiran positif memang tidaklah mudah, apalagi di saat situasi yang tidak nyaman bagi kita. Begitu pula tidak sedikit orang akan cenderung berpikiran negatif yang akhirnya membuat pelaku jadi cemas, khawatir, dan tertekan. Padahal berpikir positif punya pengaruh baik untuk psikologis kita, bahkan bisa membuat kita lebih menikmati hidup lho.

Cobalah berpikiran positif apa yang mudah dilakukan. Caranya mudah kok untuk bisa berpikir positif yaitu melihat sisi baiknya. Ketika persoalan datang, fokuskan pikiran kita pada hal-hal baik di balik persoalan tersebut.

2. Mengetahui kekurangan dan kelebihan

9 Solusi biar Kamu Bisa Percaya Diri, Jadi Gak Gemeteran LagiIlustrasi sedang berintropeksi diri (Pexels.com/Mariana Montrazi)

Setiap orang tentu punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun, seringkali orang hanya fokus pada kekurangannya saja, dan lupa bahwa mereka punya kelebihan juga yang perlu diketahui.

Cara mengetahui kelebihan dan kekurangan pada diri sendiri di antaranya yaitu dengan introspeksi diri. Orang bisa mengenali dirinya lebih dalam lagi, sampai tahu apa kekurangan dan kelebihannya. Dan kemudian bisa mengetahuinya dari pendapat orang lain. Kita bisa meminta pendapat mereka juga tentang kelemahan dan kelebihan diri ini.

3. Fokus dan hargai diri sendiri

9 Solusi biar Kamu Bisa Percaya Diri, Jadi Gak Gemeteran LagiIlustrasi meluangkan waktu sendiri (Pexels.com/Sora Shimazaki)

Terkadang kita terlalu cuek pada diri sendiri karena sibuk memperhatikan orang lain. Tapi jika begitu terus dan tanpa pernah memperhatikan diri sendiri, kita tidak akan pernah fokus dan menghargai diri.

Nah solusinya, ambilah waktu sejenak untuk bisa belajar menghargai diri dan fokus pada diri sendiri. Yaitu dengan melakukan me time seperti memanjakan diri sesuai apa yang diinginkan.

4. Lakukan dan kuasai apa yang disukai

9 Solusi biar Kamu Bisa Percaya Diri, Jadi Gak Gemeteran LagiIlustrasi menjalani hobi (Pexels.com/Gustavo Fring)

Melakukan sesuatu hal yang disukai sangatlah menarik. Semacam hobi atau kesukaan kita itu apa. Carilah yang menurutmu suka agar bisa sering dilakukan sampai dapat menguasainya. Hal ini sangat berpengaruh pada peningkatan kepercayaan diri seseorang.

5. Bergaul dengan orang-orang positif

9 Solusi biar Kamu Bisa Percaya Diri, Jadi Gak Gemeteran LagiIlustrasi mengajak teman untuk bersemangat (Pexels.com/fauxels)

Ada yang mengatakan kalau ingin sukses dalam hidup, carilah lingkungan sosial yang positif. Itu memang manjur banget kalau kita ingin ada perkembangan yang lebih baik pada diri kita.

Karena bergaul dengan orang-orang yang positif dapat mengajak kita jadi orang yang positif juga. Jadi, diri kita selalu terbawa aura semangat dalam menghadapi semua rintangan apa pun dalam hidup.

Baca Juga: 5 Dampak Positif Jika Kamu Menjadi Orang yang Perfeksionis

6. Selalu menjaga kesehatan

9 Solusi biar Kamu Bisa Percaya Diri, Jadi Gak Gemeteran LagiIlustrasi menjaga kesehatan dengan yoga (Pexels.com/Mikhail Nilov)

Selalu menjaga kesehatan dengan olahraga dan menjaga asupan pola makan sehat juga sangat berpengaruh pada kestabilan diri seseorang. Orang akan produktif dalam menjalani aktivitas, jika jiwa dan raganya senantiasa bugar dengan cara menjaga kesehatannya. Dan serta bisa meningkatkan kepercayaan diri seseorang.

7. Ikuti kegiatan sosial

9 Solusi biar Kamu Bisa Percaya Diri, Jadi Gak Gemeteran LagiIlustrasi berkegiatan sosial (Pexels.com/RODNAE Productions)

Untuk melatih diri lagi agar terbiasa dalam kerumunan sosial, ada baiknya mencoba mengikuti organisasi atau kegiatan sosial lainnya. Cara tersebut sangat ampuh dalam membangkitkan rasa kepercayaan diri kita, dengan perlahan tapi pasti. Maka carilah dan ikuti kegiatan sosial yang diminati.

8. Jangan membandingkan diri dengan orang lain

9 Solusi biar Kamu Bisa Percaya Diri, Jadi Gak Gemeteran LagiIlustrasi membandingkan dan menerima diri sendiri (Pexels.com/Wendy Wei)

Kita gak boleh membandingkan diri dengan orang lain karena Tuhan sudah memberikan kita kelebihan yang berbeda-beda di setiap orang. Setiap orang punya versi yang berbeda-beda dalam perubahan hidupnya tanpa kita ketahui. Jadi, fokus saja pada diri sendiri karena kita semua itu unik dengan cara yang berbeda.

9. Cintai diri sendiri

9 Solusi biar Kamu Bisa Percaya Diri, Jadi Gak Gemeteran LagiIlustrasi Self Love (IDN Times/Sukma Shakti)

Mencintai diri sendiri sangat penting dalam hidup seseorang. Dengan mencintai diri sendiri, orang akan bahagia dalam meliputi perjalanan hidupnya. Karena ia telah mengenal lebih pada dirinya sendiri dan mengetahui tujuan hidup yang sebenarnya. 

Nah, tadi sembilan solusi yang bisa diterapkan biar tingkat kepercayaan diri kita makin naik total. Lakukan langkah demi langkah, sehingga tingkat kepercayaan diri kita akan naik dengan sendirinya. So, semua butuh proses dan kamu pasti bisa!

Baca Juga: 6 Zodiak yang Paling Hancur saat Dikhianati, Terlalu Mudah Percaya!

Gebialya R. Photo Verified Writer Gebialya R.

Learn and learn

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Rully Bunga

Berita Terkini Lainnya