Comscore Tracker

5 Alasan Logis Mengapa Kamu Butuh Waktu untuk Memaafkan Seseorang

Karena memaafkan juga perlu keikhlasan

Memaafkan memang salah satu contoh sikap yang positif, memaafkan juga jadi salah satu hal yang mengajarkan apa itu keikhlasan. Tetapi, memaafkan memang tak semudah membalikkan telapak tangan.

Karena bagi mereka yang akan memaafkan, terkadang terasa berat dan memerlukan waktu untuk melakukannya. Berikut ini lima alasan yang bisa kamu simak, mengapa seseorang butuh waktu untuk memaafkan seseorang.

1. Menenangkan diri itu perlu

5 Alasan Logis Mengapa Kamu Butuh Waktu untuk Memaafkan Seseorangunsplash.com/Valentin Balan

Meski terdengar mudah dan sederhana, nyatanya saat akan memaafkan seseorang kita juga memerlukan sebuah ketenangan. Bukan tanpa alasan, ketenangan diperlukan agar kita semakin ikhlas saat memaafkan.

Karena dengan berusaha tenang, maka segala sesuatunya akan terlihat lebih jernih dan jelas. Sehingga akan ada pelajaran dan hikmah yang bisa diambil ketika kamu belajar memaafkan orang lain.

2. Meredakan amarah atau kesedihan

5 Alasan Logis Mengapa Kamu Butuh Waktu untuk Memaafkan Seseorangunsplash.com/Riki Ramdani

Meski memaafkan adalah hal yang baik, tapi kita harus memerhatikan kondisi emosi dan hati kita dahulu. Jangan sampai saat akan memaafkan seseorang, kamu ternyata masih merasa kesal atau sedih. Justru hal tersebut akan membebanimu karena emosi negatif masih terpendam dalam dirimu.

3. Belajar mengikhlaskan yang terjadi

5 Alasan Logis Mengapa Kamu Butuh Waktu untuk Memaafkan Seseorangunsplash.com/Riki Ramdani

Ikhlas tak hanya disampaikan lewat ucapan semata, tetapi juga lewat tindakan dan hati yang tulus saat mengutarakannya. Tak masalah jika kamu butuh waktu saat akan memaafkan seseorang, karena dengan waktu yang kamu gunakan tersebut bisa membuatmu perlahan memaafkan orang lain dengan rasa ikhlas.

Baca Juga: Susah Memaafkan, Ini 5 Zodiak yang Suka Menyimpan Dendam

4. Sedang meminta dukungan atau saran dari orang terdekat

5 Alasan Logis Mengapa Kamu Butuh Waktu untuk Memaafkan Seseorangunsplash.com/NONRESIDENT

Meminta dukungan atau saran dari orang terdekat atau terpercaya sangat dianjurkan. Karena dari sana kamu akan semakin dikuatkan, kamu juga akan lebih bisa mengendalikan emosi dan sikapmu. Meminta saran dari orang yang kamu percayai membuat kamu semakin yakin dan mantap saat memaafkan orang lain.

5. Masih terbayang-bayang sikap atau kesalahan seseorang yang menyakitimu

5 Alasan Logis Mengapa Kamu Butuh Waktu untuk Memaafkan Seseorangunsplash.com/frankie cordoba

Wajar saja kamu butuh waktu untuk memaafkan kesalahan seseorang, apalagi menurut kamu kesalahan tersebut sangat besar dan menyakiti hatimu. Tentu saja sikap atau kesalahan yang orang lain perbuat padamu pasti terbayang-bayang.

Sehingga kamu memerlukan waktu untuk berdamai dengan diri sendiri dan juga apa pun yang telah menimpa hidupmu.

Nah, itu tadi penjelasan mengapa kamu memerlukan waktu untuk memaafkan seseorang. Bukannya masih dendam atau tak ingin memaafkan, tapi kamu juga perlu ketenangan dan belajar arti dari keikhlasan.

Baca Juga: 7 Tanda Jika Sebenarnya Kamu Belum Bisa Sepenuhnya Memaafkan Seseorang

Moon Girl Photo Verified Writer Moon Girl

Writing my healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya