Comscore Tracker

Kalau Kamu Belum Lakukan 5 Hal Sederhana Ini, Jangan Ngaku Orang Baik

Gak susah kok...

Menjadi pribadi yang baik adalah sesuatu perbuatan yang terpuji. Dengan menjadi baik maka kamu dapat menjadi contoh nyata yang patut ditiru. Baik memiliki maknanya sangat luas dan bermacam-macam. Namun tentunya bila disimpulkan, baik adalah sikap yang mencerminkan nilai-nilai menjadi manusia yang benar sesuai pada aturan dan pedoman hidup yang ada.

Lalu apakah benar kamu sudah menjadi good person? Sebelum membuktikannya alangkah baiknya simak lima daftar di bawah ini.

1. Tidak sibuk dengan ponsel ketika lawan bicaramu sedang menjelaskan sesuatu padamu.

Kalau Kamu Belum Lakukan 5 Hal Sederhana Ini, Jangan Ngaku Orang BaikPexels/Skitterphoto

Hal ini sangat penting mengingat caramu memperlakukan seseorang akan memberinya sebuah kesan kamu dikenal sebagai sosok yang bagaimana. Kendati percakapannya mungkin tak terlalu penting bagimu, menaruh rasa hormat kepada orang yang sedang berada di hadapanmu juga suatu hal yang wajib dilakukan.

Mengingat perasaan orang lain yang berbeda-beda, mungkin ada yang merasa tidak nyaman atau tersinggung dengan perbuatanmu.

2. Tidak buang sampah sembarangan

Kalau Kamu Belum Lakukan 5 Hal Sederhana Ini, Jangan Ngaku Orang BaikPexels/Lisa Fotios

Sederhana namun sering luput dari perhatianmu, yakni terbiasa menjaga kebersihan lingkungan dengan dimulai dari hal yang kecil. Jika kamu bisa curi-curi kesempatan untuk membuang bungkus makanan, minuman atau kantung plastik bukan pada tempat sampah. Maka seharusnya sikap tersebut segera kamu perbaiki.

Sebab bila kamu belum peka dan sadar akan bahaya sampah, apalagi jenis sampai yang susah terurai dan punya dampak besar bagi kelangsungan alam di masa mendatang. Maka title good person belum layak kamu dapatkan.

3. Berusaha tidak jadi penggosip

Kalau Kamu Belum Lakukan 5 Hal Sederhana Ini, Jangan Ngaku Orang BaikPexels/bruce mars

Kamu berusaha menahan diri ketika berkumpul bersama teman-temanmu untuk tidak ikut serta menggunjing. Kamu memilih untuk diam dan mengabaikan pertanyaan atau percakapan dari teman-temanmu dengan seadanya. Jika kamu selalu melakukan hal tersebut maka dapat dipastikan kamu merupakan good person.

Sebab misalnya kita tak menyukai seseorang maka jangan membicarakan keburukan atau kejelekannya di belakangnya. Namun tegur dan nasehati secara pribadi kepada yang bersangkutan. Hal tersebut akan auh lebih bijak dan gentleman.

Baca Juga: Enak Diajak Ngobrol, Ini 5 Hal Baik Orang yang Banyak Omong

4. Tak lupa menerapkan manners seperti kata, permisi, terima kasih, maaf dan tolong

Kalau Kamu Belum Lakukan 5 Hal Sederhana Ini, Jangan Ngaku Orang BaikPexels/Carig Adderley

Sering diabaikan dan dilupakan seseorang, manners atau tata krama merupakan hal yang sangat dasar bagi keseharian manusia. Apalagi kita yang tinggal di Indonesia merupakan sosok warga negara yang mencerminkan sikap luhur dan menjunjung tinggi kesopanan. 

Oleh sebab itu ada baiknya kamu terbiasa menerpakan manners dalam kehidupan sehari-hari. Dari hal yang sangat sederhana, misalnya mengucapkan kata tolong ketika ingin butuh bantuan atau maaf bila kamu melakukan hal yang keliru. Pada siapapun itu, tak peduli tua atau muda, orang penting atau orang biasa. Menjadi good person memang harus dilakukan tanpa memandang apa dan siapa.

5. Mampu menerima masukan dan kritik dari orang lain

Kalau Kamu Belum Lakukan 5 Hal Sederhana Ini, Jangan Ngaku Orang BaikPexels/fauxels

Tak sedikit orang yang merasa sakit hati atau tersinggung ketika mendapatkan masukan apalagi kritik, baik dari orang sekitar maupun teman-teman. Sebenarnya bila kamu mampu memandang masukan dan kritik sebagai sesuatu yang membangun dan memotivasimu. Maka tak ada salahnya belajar menerima semua itu dengan baik dan lapang dada.

Sebab menjadi good person tidak selalu mulus seperti yang kita bayangkan. Kita terkadang di hadapkan pada situasi yang membuatmu merasa tidak nyaman. Namun hal itu bukan jadi alasanmu untuk bersikap acuh dan arogan. Sehingga menganggap masukan atau kritik orang lain itu sia-sia dan tak penting.

Nah, apakah kamu telah menerapkan kelima hal di atas dalam keseharianmu? Jika belum sepenuhnya, tidak masalah asalkan kita mau memperbaiki diri dan berimprovisasi jadi lebih baik lagi.

Baca Juga: 6 Alasan Kamu Gak Perlu Bersikap Baik-baik Saja Saat Rapuh

its gracie Photo Verified Writer its gracie

Writing my healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya