Comscore Tracker

6 Cara Menikmati Hidup Sederhana Agar Damai dan Tenang Terjaga Selalu

Yuk, dimulai dari hal yang paling mudah

Masih diberi kesempatan untuk menjalani kehidupan dan bertemu orang-orang terkasih adalah berkat dan suka cita yang harus disyukuri oleh kita semua. Memang masing-masing dari kita memiliki keinginan atau pencapaian bagaimana dan seperti apa saat menjalani kehidupan. Salah satunya tetap hidup dan menjalani kegiatan sehari-hari dengan sederhana dan tak ada banyak beban yang berarti.

Bagimu yang akan menerapkannya, tak ada salah mengetahui enam cara menikmati hidup sederhana yang mana juga mampu membawamu ke dalam ketenangan dan kedamaian.

1. Membuat daftar 

6 Cara Menikmati Hidup Sederhana Agar Damai dan Tenang Terjaga SelaluPexels/Kaboompics .com

Beberapa dari kita memang memiliki banyak keinginan atau hal yang harus diselesaikan, baik berupa barang, pekerjaan atau pergi ke tempat impian. Hal ini tentunya membutuhkan banyak perjuangan serta pengorbanan, agar membantumu lebih rileks dan fokus pada tujuan yaitu dengan cara membuat sebuah daftar. Daftar yang kamu susun bisa menjadi sebuah semangat dan motivasi agar terus berusaha dan disiplin dalam mencapainya.

Membuat daftar dan berusaha mewujudkannya satu per satu dapat membuat kamu lebih memprioritaskan hal penting dan menghindari kekacauan di kemudian hari. Kamu akan lebih teroganisir, kamu juga tak menjadi kewalahan karena ketidakmampuan memilah mana hal penting dan utama yang harus diselesaikan, yang mana kamu bisa memiliki banyak ketenangan ketika menjalankannya.

2. Disiplin jam tidur dan bangun

6 Cara Menikmati Hidup Sederhana Agar Damai dan Tenang Terjaga SelaluPexels/Andrea Piacquadio

Sering tidur larut malam memang bukanlah hal yang dianjurkan sebab, saat bangun di pagi hari dapat berpotensi membuat energi dan kesehatan kita menurun atau berkurang. Disiplin dalam mengatur jam tidur dan bangunmu tiap hari bertujuan agar kamu lebih semangat dan siap menjalani aktivitas dalam satu hari.

Kamu juga bisa memanfaatkan bangun pagi dengan berolahraga atau sekadar memutar musik untuk meningkatkanmood. Kamu juga bisa berkeliling di sekitar rumah untuk menikmati udara pagi yang tentu masih segar.

3. Atur keuangan agar tidak boros

6 Cara Menikmati Hidup Sederhana Agar Damai dan Tenang Terjaga SelaluPexels/maitree rimthong

Jangan lupa untuk menyisihkan sebagian kecil dari uang atau pendapatan yang kamu punya, hal ini dilakukan untuk menghindari hal atau kepentingan mendesak yang membutuhkan pengeluaran lebih. Usahakan juga jangan mudah tertarik membeli sesuatu yang pada dasarnya belum tentu kamu butuhkan atau memiliki manfaat dalam jangka waktu yang panjang.

Hal ini juga dilakukan supaya menghindari sifat boros atau rasa menyesal karena terlalu banyak menghabiskan uang untuk membeli sesuatu yang sebenarnya bisa kamu tunda atau tahan beberapa waktu.

Baca Juga: Hidup Membosankan? Mungkin Kamu Perlu 8 Hal Penting Ini Dalam Hidup 

4. Manjakan diri sesekali saat aktivitas terasa membosankan

6 Cara Menikmati Hidup Sederhana Agar Damai dan Tenang Terjaga SelaluPixabay/nastya_gepp

Terlalu keras pada diri sendiri tak selamanya baik dilakukan, saat penat atau lelah menghampiri tak masalah mengambil waktu kosong dan luang untuk sekadar memanjakan dirimu. Melakukannya sesekali adalah wujud kamu harus mengisi ulang energimu yang telah berkurang akibat jadwal atau kegiatan yang membosankan dan berulang-ulang.

Memanjakan diri bisa dimulai dari hal sederhana, entah dengan memesan makanan yang lezat, menonton film, atau berbelanja sesuatu yang selama ini kamu ingin beli namun memilih untuk menundanya.

5. Menghindari penyakit hati berupa rasa iri atau dengki

6 Cara Menikmati Hidup Sederhana Agar Damai dan Tenang Terjaga SelaluPexels/Kelvin Valerio

Salah satu penyakit hati yang tak boleh kita simpan dan biarkan lama-lama adalah rasa iri, cemburu atau dengki. Hal ini bisa membuat hidupmu jauh dari kata damai dan tenang sebab, selalu dibayang-bayangi keinginan untuk melihat orang lain jauh kalah unggul dibandingkan dirimu.

Hal ini tentu saja bukan sikap yang baik, memiliki rasa iri atau dengki hanya membuat kita jauh dari kata bersyukur dan menghargai kehidupan orang lain yang sebenarnya tidak bijak kita hakimi secara pribadi terus-menerus.

6. Pergi ke alam terbuka dan nikmati rasa syukur yang hadir dalam hati

6 Cara Menikmati Hidup Sederhana Agar Damai dan Tenang Terjaga SelaluPixabay/sasint

Ketika kamu bosan di rumah, tak ada salahnya pergi ke alam terbuka yang memanjakan mata dan pikiran karena membuat kita menjadi lebih tenang dan rileks. Sekadar pergi jalan-jalan untuk memotret pemandangan atau menikmati piknik bersama orang terkasih adalah hal sederhana namun banyak mendatangkan kebahagiaan.

Saat rasa bahagia dan tenang muncul maka, rasa syukur dan terima kasih atas apa yang kamu miliki dan usahakan selama ini akan muncul dengan sendirinya. Hal ini membantumu untuk lebih mencintai diri sendiri dan juga hidupmu dengan segenap jatuh dan bangun yang kamu rasakan.

Ternyata apa yang kita miliki dan apa yang ada di sekitar kita, dapat membantu untuk lebih menikmati hidup sederhana yang sebenarnya tidak sulit dilakukan dan diterapkan tiap saat.

Baca Juga: 10 Dasar Pemikiran Hidup Minimalisme Dari Buku 'Seni Hidup Minimalis'

Grace Kristinar Photo Verified Writer Grace Kristinar

Writing is my healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya