Comscore Tracker

Catat 5 'Mantra' Jitu Ini untuk Halau Kesedihan karena Ejekan Orang

Jangan sampai ucapan mereka mematahkan semangatmu, ya

Dalam kehidupan, tentunya kamu akan menemui orang-orang yang pro dan kontra terhadap hidupmu. Sebagian dari mereka ada yang mendukung dan peduli padamu. Sebagian lagi memandangmu sinis dan tak segan mengeluarkan ucapan yang menyakiti hati. Tentu saja hal tersebut bisa berpengaruh pada kenyamananmu dalam beraktivitas sehari-hari, sebab omongan mereka yang tentunya mengganggu pikiranmu hampir tiap saat.

Daripada larut dalam kesedihan, kamu bisa ingat dan menghafal lima 'mantra' di bawah ini agar senantiasa bisa memberimu kekuatan untuk selalu tangguh dan tak mudah terpuruk pada ejekan orang.

1. "Simpan tenagamu untuk hal yang lebih bermanfaat, ketimbang merespons ucapan orang yang tidak sama sekali menguntungkanmu"

Catat 5 'Mantra' Jitu Ini untuk Halau Kesedihan karena Ejekan OrangUnsplash/John Mark Arnorld

Terkadang tak semua komentar orang bisa kamu terima apa adanya. Banyak dari komentar tersebut malah berisi tentang hinaan atau ejekan yang membuat semangatmu ciut. Hal tersebut harusnya tidak membuat kamu berlama-lama memikirkannya sampai membuatmu sedih berkepanjangan. Karena sejatinya ejekan tak semuanya wujud dari rasa tidak suka namun ada pula yang mengandung rasa iri hati akan kehidupanmu.

Daripada menghabiskan energimu dengan menanggapi serta memikirkan ejekan orang-orang yang sama sekali tak bermanfaat, lebih baik simpan saja untuk bekerja serta berkarya sesuai apa yang kamu tekuni dengan sungguh-sungguh.

2. "Ejekan yang kamu terima tak begitu saja bisa menjatuhkanmu. Sebab seorang yang bijak lebih baik menggunakannya sebagai pengingat untuk lebih maju dan positif"

Catat 5 'Mantra' Jitu Ini untuk Halau Kesedihan karena Ejekan OrangUnsplash/Periscilla Du Preez

Memang terkadang kamu down akibat ejekan orang lain yang terasa begitu menusuk hati. Sehingga menghambat aktivitasmu uang harusnya bisa dilaksanakan dengan maksimal. Dan tak jarang berdampak pada suasana hatimu menjadi kacau dan buruk.

Tetapi bagi seorang yang bijak, maka ejekan atau hinaan yang diterima akan dijadikan sebagai semangat untuk kian maju dan berhasil. Jadikan ejekan tersebut sebagai pengingat bahwa omongan atau komentar orang tentangmu harus dibuktikan dengan aksi nyata yang positif jika selama ini yang mereka ucapkan adalah kesalahan besar.

Baca Juga: Tetap Semangat, Ini 5 Tips Menghadapi Musim Hujan di Hari Kerja!

3. "Ejekan sejatinya hanya omong kosong belaka yang kebenarannya belum tentu bisa dipertanggungjawabkan oleh mereka"

Catat 5 'Mantra' Jitu Ini untuk Halau Kesedihan karena Ejekan OrangUnsplash/Eric Ward

Setiap ejekan tak selamanya mengandung sebuah kebenaran, sebagian orang yang mengejek memakainya sebagai senjata hanya untuk membuatmu merasa jatuh atau rendah diri.

Padahal yang tahu bagaimana kamu yang sesungguhnya adalah hanya dirimu sendiri, yang tahu sejauh mana kamu berjuang dan berkorban juga dirimu sendiri. Sehingga mereka yang tidak berkepentingan tentu hanya berbicara tentang omong kosong yang tentu harusnya tak membuatmu menjadi bersedih berlarut-larut.

4. "Ejekan hanya mematahkan semangatmu sementara tetapi tidak dengan impianmu"

Catat 5 'Mantra' Jitu Ini untuk Halau Kesedihan karena Ejekan OrangUnsplash/Fernando Brasil

Walau ejekan terkadang menemanimu dalam perjalanan meraih impian sehingga membuatmu merasa hilang semangat, maka hal itu bukanlah masalah yang besar sebab hal tersebut hanyalah sementara saja kamu rasakan. Kamu bisa bangkit dan berusaha dengan segenap kemampuan yang kamu miliki.

Tujuan utamamu tentunya fokus pada impian yang sudah susah payah kamu usahakan sejak lama. Jika ejekan membuatmu kehilangan fokus dan menjadi bersedih, maka kamu harus belajar untuk menghiraukan ucapan serta ejekan tersebut, yang tentunya akan mereka sesali kelak bila kamu sudah berhasil jadi orang yang kamu harapkan.

5. "Ejekan tersebut tak akan bertahan lama, suatu saat akan aku buktikan dengan berbalik menjadi tepuk tangan kekaguman"

Catat 5 'Mantra' Jitu Ini untuk Halau Kesedihan karena Ejekan Orangzeenews.india.com

Manusia tentunya berharap semakin bertambahnya usia serta pengalaman, maka kualitas yang ada pada dirinya bisa terus meningkat dengan baik. Sehingga ejekan yang kamu terima bukanlah hal yang permanen bila kamu mau bertekad untuk mengubahnya dengan niat yang besar.

Kamu bisa memakai ejekan tersebut sebagai ajang pembuktian nantinya bahwa kamu bisa terus maju dan membanggakan diri sendiri serta orang terkasih dengan apa yang selama ini kamu perjuangkan. Bukan tak mungkin kelak ejekan atau hinaan tersebut akan berubah menjadi pujian serta kekaguman dari orang banyak.

Kesedihan karena komentar buruk orang lain tidak menjadikanmu seorang yang tidak layak. Justru dengan semua itu kamu harus bekerja keras lebih giat dari hari kemarin supaya potensi yang kamu milik bisa membuatmu menjadi manusia yang berhasil.

Baca Juga: 10 Kalimat Bijak yang Bikin Hidup Lebih Bahagia & Semangat Dijalani

its gracie Photo Verified Writer its gracie

Writing my healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya