Comscore Tracker

5 Hal Sepele dalam Pergaulan Agar Jadi Sosok yang Berkesan

Wah, kamu bakal jadi sosok yang mudah diingat nantinya!

Di dalam pergaulan sebuah kesan pertama yang baik wajib diciptakan supaya dapat membangun kenyamanan serta kepercayaan orang lain pada kita. Tentunya hal tersebut dilakukan dengan menerapkan beberapa sikap yang dapat dinilai baik dan tentunya menghormati satu sama lain. Sehingga orang yang mengenal kita nantinya akan memiliki kesan yang membekas dan mudah diingat karena sikap kita yang santun.

Lalu lima sikap apa saja yang bisa membuatmu sebagai sosok yang berkesan namun dengan cara yang bahkan terbilang sepele.

1. Menghargai lawan bicara dengan tidak sibuk dengan gawai

5 Hal Sepele dalam Pergaulan Agar Jadi Sosok yang BerkesanUnsplash/Amy Hirschi

Tidak dapat dipungkiri bila pengunaan gawai tidak dapat dilepaskan dalam kehidupan sehari-hari, dalam tiap jam bahkan menit gawai akan selalu berada dalam genggaman kita. Kendati demikian alangkah baiknya bila sedang berkomunikasi secara tatap muka kepada seorang teman atau orang baru untuk tidak sibuk terpaku pada gawai.

Sebab hal tersebut membuat orang lain merasa kamu tidak menghormatinya saat berbicara denganmu. Lawan bicaramu akan melabeli kamu sebagai orang yang tidak bisa menghargai sebuah pertemuan dan mampu membuat kesan kurang baik karena seolah sudah mengabaikannya.

2. Jadilah pendengar yang baik

5 Hal Sepele dalam Pergaulan Agar Jadi Sosok yang BerkesanUnsplash/Eliott Reyna

Selain tak sibuk sendiri pada gawai, mendengarkan lawan bicara secara saksama juga hal yang mampu membuat image-mu menjadi lebih berkesan di mata orang lain. Jangan lupa untuk tidak menyela pembicaraan orang lain sampai mereka selesai dengan ucapannya.

Hal ini juga membuat lawan bicara merasa dihargai dan tentunya membangun kenyamanan dalam hubungan pergaulan. Sehingga tanpa kamu sadari dia berminat untuk berteman lebih dekat denganmu, karena sosokmu yang sangat pengertian dan sabar.

3. Gunakan respons yang bijak dalam menanggapi sesuatu

5 Hal Sepele dalam Pergaulan Agar Jadi Sosok yang BerkesanPexels/ELEVATE

Sikap sepele yang bisa membuat sosokmu jadi lebih berkesan adalah dengan selalu memberikan respons atau ucapan yang ramah di telinga. Usahakan tidak memakai kata yang cenderung kasar dan tidak sopan, apalagi dalam pergaulan yang baru kamu masuki.

Dengan memberi komentar yang bijak tanpa terlihat kasar atau menyudutkan satu pihak. Kamu sudah memiliki kesan yang baik karena lawan bicara menganggapmu sebagai sosok yang cerdas dan juga bijaksana.

Baca Juga: Ini 9 Hal yang Paling Diingat dari Sosok 'Ibu' Saat Kecil, Ingatkah?

4. Berikan lawan bicara pujian atau apresiasi yang tulus tanpa terkesan dilebih-lebihkan

5 Hal Sepele dalam Pergaulan Agar Jadi Sosok yang BerkesanPexels/ELEVATE

Ketika memulai atau mengakhiri suatu obrolan pada teman atau orang baru, maka jangan lupa berikan sedikit pujian atau apresiasi yang tulus. Kamu bisa memuji pakaian yang dia kenakan atau ucapan terima kasih karena sudah bersedia menemanimu untuk mengobrol sejenak.

Hal ini tentunya membangun perasaan senang pada lawan bicara karena merasa tersanjung pada perkataanmu. Tetap ingat puji atau apresiasi sewajarnya agar tak membuat lawan bicara canggung atau bahkan merasa ilfeel.

5. Usahakan bersikap ramah dan murah senyum

5 Hal Sepele dalam Pergaulan Agar Jadi Sosok yang BerkesanPexels/Sharefaith

Walaupun kamu sosok yang pemalu atau malah sosok introvert, tak perlu memaksakan diri untuk selalu tersenyum dan bersikap ceria. Dengan memberikan senyuman kala membuka percakapan serta tak memasang wajah yang terlihat murung maka hal itu sudah menjadi nilai plus.

Kamu juga harus memberi tanggapan yang baik sebagai wujud keramahan, meskipun tak perlu untuk banyak menanggapi atau berbicara. Asalkan sikapmu tak menunjukan kamu sosok yang sombong atau arogan dengan menanggapi lawan bicara secara asal-asalan atau seadanya.

Di dalam pergaulan tentunya tak lupa juga untuk selalu menjunjung kesopanan pada orang sekitar kita. Supaya kesan yang baik bisa diciptakan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: 8 Idiom yang Bisa Menambah Skill Bahasa Inggris, Gampang Diingat kok!

Grace Kristinar Photo Verified Writer Grace Kristinar

Selamat datang, selamat membaca dan semoga kamu terbantu ♥ Find me on IG! @gracekristinar_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya