Comscore Tracker

Perkaya Dirimu dengan 5 Hal Positif Ini sebelum Masuk Usia 20 Tahun

Nomor 5 harus segera dilatih sejak belia, nih!

Dalam usia yang terbilang masih muda, energi serta kesempatan yang ada begitu banyak dan terbuka lebar. Terlebih bagi kamu yang sekarang hampir menginjak usia kepala dua, yang mana seolah menjadi penanda kehidupan yang akan menuju ke cara berpikir serta tindakan orang dewasa yang sebenarnya sehingga menjadi momen yang tepat untuk terus kamu isi dengan berbagai hal bermanfaat serta positif. 

Seperti yang terdapat pada lima hal di bawah ini. Tak ada salahnya mencoba untuk memperkaya diri akan sesuatu yang tentunya memiliki dampak yang sangat baik.

1. Pelajari dan kuasai bahasa asing yang kamu tekuni

Perkaya Dirimu dengan 5 Hal Positif Ini sebelum Masuk Usia 20 TahunUnsplash/Andrew Le

Karena perkembangan teknologi yang kian pesat, belajar bisa dilakukan dari mana saja termasuk melalui internet. Seperi halnya belajar bahasa asing yang kamu minati.

Belajar bahasa asing tentunya sudah bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Baik melalui tontonan video di internet atau sebuah film asing yang kamu gemari. Di sana kamu bisa mencuri kesempatan dan waktu untuk sedikit demi sedikit belajar bahasa asing yang mana bisa menjadi nilai tambah bagimu dan dalam beberapa hal, termasuk ketika mencoba melamar sebuah pekerjaan.

2. Ikuti organisasi atau suatu perkumpulan positif yang kamu minati

Perkaya Dirimu dengan 5 Hal Positif Ini sebelum Masuk Usia 20 TahunUnsplash/Austin Distel

Berada dalam sebuah organisasi atau perkumpulan yang positif dan produktif, akan membuatmu menjadi sosok yang aktif dan punya manfaat.

Mengikuti kegiatan positif yang mana juga banyak diikuti orang-orang dengan tujuan yang sama akan menularkan semangat dan sebuah pengalaman baru, termasuk meningkatkan koneksi untuk menjalin relasi dengan orang-orang dari berbagai latar belakang.

Baca Juga: 5 Fakta & Konsekuensi Jadi Orang Dewasa yang Gak Selalu Menyenangkan

3. Pengalaman traveling

Perkaya Dirimu dengan 5 Hal Positif Ini sebelum Masuk Usia 20 TahunUnsplash/Erik Odiin

Cobalah untuk pergi traveling ke tempat yang kamu ingin sekali kunjungi. Dengan bepergian maka kamu belajar untuk melihat banyak perspektif dan juga pengalaman.

Traveling juga memberi kesempatan untuk melihat dan merasakan hal yang sebelumnya asing bagimu, termasuk sebuah tempat, kebiasaan masyarakat di dalamnya, atau kuliner yang sebelumnya belum pernah lidahmu rasakan.

Pengalaman seperti demikian berguna untuk dijadikan sebuah cerita yang membekas atau dorongan semangat supaya kelak bisa melakukan traveling kembali, bahkan walau hanya seorang diri saja.

4. Pengalaman berbisnis

Perkaya Dirimu dengan 5 Hal Positif Ini sebelum Masuk Usia 20 TahunUnsplash/Austin Distel

Tak ada salahnya mencoba untuk berbisnis, walaupun dari hal yang kecil atau sangat sederhana. Apalagi di zaman sekarang sudah semakin dimudahkan dengan teknologi yang manfaatnya tak bisa diabaikan begitu saja.

Dengan berbisnis maka mampu melatih kesabaran, ketekunan, dan strategi dalam mendapatkan hasil atau setidaknya pandai melihat keinginan pasar yang bisa membawa keuntungan bagi bisnis yang kamu jalani.

Bukan tak mungkin kelak bisnis yang coba kamu jalankan bisa menjadi besar dan akhirnya menjadi salah satu jalanmu dalam meraih keberhasilan.

5. Ciptakan soft skill-mu

Perkaya Dirimu dengan 5 Hal Positif Ini sebelum Masuk Usia 20 TahunUnsplash/CoWomen

Dengan belajar menciptakan soft skill mulai masa muda ternyata membawa dampak yang luar biasa baik untuk diri sendiri.

Soft skill menjadi sebuah keuntungan tersendiri bila telah dikuasai dan ditekuni sebaik-baiknya. Contoh soft skill yang bisa kamu asah atau latih adalah public speaking, kolaborasi, atau leadership.

Hal tersebut sangat berguna dan membantumu, apalagi jika nantinya kamu sudah mencicipi dunia pekerjaan yang sangat membutuhkan kemampuan seperti demikian.

Yuk, gunakan masa mudamu sebaiknya. Jangan menyia-nyiakan kesempatan dan waktu untuk lekas membentuk pribadi yang berkarakter serta bermanfaat.

Baca Juga: 7 Perbedaan Perempuan Dewasa Vs Belum Dewasa dalam Memandang Cinta

Moon Girl Photo Verified Writer Moon Girl

Writing my healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya