Comscore Tracker

#GreenBeauty 5 Tips Menuju Millennial Minimalis, Mudah Dilakukan!

Mari jaga lingkungan dengan hidup minimalis!

Pembaca millennials pasti sudah sering dengar istilah hidup minimalis, bukan? Ya, hidup minimalis memang sangat banyak dibicarakan di berbagai platform media sosial mulai dari Instagram, Youtube, Podcast dan bahkan blog.

Salah satu tokoh yang paling terkenal menerapkan hidup minimalis adalah Marie Kondo. Ya, perempuan inspiratif asal Jepang ini sangat populer melalui buku-bukunya, salah satunya The Life Changing Magic of Tidying Up yang membahas mengenai metode bersih-bersih dan merapikan barang.

Hidup minimalis juga erat kaitannya dengan menjaga lingkungan. Loh kok bisa? Nah, untuk kamu para millennials yang penasaran kenapa gaya hidup minimalis bisa membantu menjaga lingkungan, yuk kita mulai lakukan 5 tips mudah ini!

1. Makan sampai habis!

#GreenBeauty 5 Tips Menuju Millennial Minimalis, Mudah Dilakukan!ilustrasi seporsi makanan (unsplash.com/@realbench)

Pembaca millennials pasti pernah dengar pepatah yang mengatakan bahwa segala sesuatu yang berlebihan itu tidaklah baik. Ini benar banget sih! Coba deh kalau lagi makan di rumah atau pesan makanan di restoran dengan porsi besar cuma karena kamu lapar mata. Alhasil makanan jadi banyak bersisa. Sayang banget, kan? Iya, sayang duitnya dan tentunya akan lebih banyak sampah yang kamu hasilkan. Sampah makanan bahkan mengandung gas emisi karbon lho, dan bisa menyebabkan pemanasan global!

Ini kenapa gaya hidup minimalis bisa membantu kita menjaga lingkungan. Dengan menerapkan hidup minimalis, dalam kasus ini mengambil makanan secukupnya, kamu tentu dapat menghabiskan makanan dan menghindari 'menciptakan' sampah baru, bukan? 

2. Beli yang dibutuhkan, bukan diinginkan

#GreenBeauty 5 Tips Menuju Millennial Minimalis, Mudah Dilakukan!ilustrasi membeli buah (unsplash.com/@julianamayo)

Pernah gak kamu lupa makan snack yang kamu beli sampai tanggal kadaluarsanya tiba? Atau, pernahkah kamu beli baju cuma karena toko bajunya lagi sale besar-besaran dan berakhir tidak pernah menggunakan baju tersebut karena sudah dimakan rayap? Kalau pernah, yuk kita mulai pelan-pelan untuk melakukan perubahan.

Kalau kamu sampai lupa untuk makan snack yang kamu beli hingga tanggal kadaluarsanya tiba, bisa dibilang kamu tidak membutuhkan snack tersebut bukan? Beli baju saat sale karena kamu merasa 'hemat' mendapatkan harga murah? Bukankah akan lebih hemat kalau kamu tidak membeli baju tersebut?

Sekarang, bagaimana kabar snack yang sudah kadaluarsa dan baju yang kini sudah dimakan rayap? Kamu terpaksa harus membuangnya, bukan? Coba deh renungkan sekali lagi, semakin sedikit barang yang kamu punya tentu akan semakin sedikit pula sampah yang kamu hasilkan. Nah yuk sama-sama kita memulai langkah kecil untuk perubahan yang besar. Belilah sesuatu berdasarkan apa yang kamu butuhkan, bukan kamu inginkan!

Baca Juga: #GreenBeauty 5 Tips Mengenali Produk Ramah Lingkungan, Wajib Tahu

3. Pilah sampah yuk!

#GreenBeauty 5 Tips Menuju Millennial Minimalis, Mudah Dilakukan!ilustrasi kategori sampah (unsplash.com/@splashabout)

Sebelum membuang sampah, ada baiknya kalau kita memilah sampah tersebut terlebih dahulu. Kamu bisa memilah sampah berdasarkan jenis sampahnya, misalnya saja ada sampah plastik, kertas, maupun kaleng. Dengan melakukan pemilahan sampah, kamu bisa menentukan sampah mana yang dapat di-recycle dan sampah mana yang memang harus dibuang. Kamu bisa saja menyulap botol plastik bekas menjadi tempat pensilmu. Menarik, bukan? 

Kamu juga bisa memilah sampahmu berdasarkan kategori organik dan non organik, nah sampah organik ini bisa kamu jadikan pupuk kompos lho! Seru banget kan pilah sampah? Yuk #OneGreenStep, satu langkah kecil dari kita bisa membuat lingkungan menjadi lebih hijau dan segar!

4. Produk ramah lingkungan

#GreenBeauty 5 Tips Menuju Millennial Minimalis, Mudah Dilakukan!produk garnier (instagram.com/garnierindonesia)

Hidup minimalis gak melulu soal punya sedikit barang kok. Kamu boleh banget beli barang baru, asalkan produk tersebut ramah lingkungan ya! Emangnya ada produk yang kayak gitu? Eits tentu saja ada dong. Garnier jawabannya! Sebagai brand yang namanya sudah tidak asing lagi di Indonesia, Garnier melakukan gerakan untuk mendukung lingkungan melalui produk-produknya dan menuju #GarnierGreenBeauty.

Garnier menggunakan bahan baku berkelanjutan untuk produk-produknya, dan di tahun 2025 Garnier mempunyai target akan menggunakan bahan baku berkelanjutan ini 100%. Selain itu, Garnier juga berupaya keras dalam menurunkan emisi CO2 di lokasi industrinya lho! Masih banyak lagi upaya-upaya yang dilakukan Garnier untuk #OneGreenStep dan menuju #GarnierGreenBeauty, kamu bisa baca https://www.garnier.co.id/greenbeauty/komitmen-kami untuk informasi detailnya ya! #GarnierxIDNTimes

5. Menggunakan angkutan umum

#GreenBeauty 5 Tips Menuju Millennial Minimalis, Mudah Dilakukan!ilustrasi bus (unsplash.com/@thomasreaubourg)

Kalau kamu lagi bosan dan merasa malas untuk membawa kendaraan sendiri, sesekali boleh banget lho menggunakan angkutan umum. Gak cuma hemat uang untuk beli bensin, kamu juga sudah ikut berupaya untuk mengurangi polusi udara yang disebabkan oleh mesin kendaraan kamu. Sederhana, tapi bermakna bukan?

Itu dia 5 tips mudah untuk menuju millennial yang minimalis. Selain lebih hemat, dengan menerapkan hidup minimalis kamu sudah membantu menjaga lingkungan dan menjadikan bumi lebih baik. Yuk mulai!

Baca Juga: #GreenBeauty 5 Cara Simpel Ini Tunjukkan Kepedulianmu pada Lingkungan

Hazna Deva Photo Verified Writer Hazna Deva

Menulislah ketika kamu tak mampu menyuarakan isi fikiranmu. haznadeva.wordpress.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya