Comscore Tracker

Dear Millennial, Sudah Lakukan 4 Hal Ini untuk Ibu Pertiwi Belum?

#DearFutureIndonesia Langkah sederhana namun luar biasa!

Dari sebuah negara yang masih bernama Hindia Belanda, hingga sekarang berubah menjadi Indonesia, Negara Kesatuan Republik Indonesia ini tetaplah sebuah negara yang penuh dengan keanekaragaman yang unik. Perlahan namun pasti, Indonesia pun mulai menapaki anak-anak tangga demi menjadi sebuah negara yang selangkah lebih maju. Di balik kemajuan itu pula, ada peran pemuda yang begitu berjasa untuk tanah Ibu Pertiwi ini.

Namun, di generasi millennial seperti ini, para pemuda juga perlahan-lahan mulai kehilangan jati dirinya. Semangat para millennial dinilai lebih mudah pudar dan juga acuh tak acuh dengan perkembangan negeri ini. Tak seperti para pemuda yang dahulu kala dengan penuh semangat mengusir penjajah agar pergi dari Nusantara.

Oleh karena itu, para millennial pun lebih dituntut untuk melakukan langkah-langkah berarti demi memajukan Indonesia tercinta. Tak perlu langkah-langkah besar, cukup lakukan empat langkah sederhana ini demi Indonesia yang lebih baik.

1. Menggunakan produk-produk lokal

Dear Millennial, Sudah Lakukan 4 Hal Ini untuk Ibu Pertiwi Belum?unsplash.com/@dhehaivan

Iya, sesederhana itu. Hanya dengan menggunakan produk asli buatan Indonesia, itu artinya para millennial telah membuat perekonomian Indonesia selangkah lebih maju. Banyak manfaat yang dapat diperoleh apabila para millennial mulai membiasakan diri untuk menggunakan produk lokal sebagai bagian dari gaya hidup.

Dengan menggunakan produk asli dalam negeri, secara tak sadar kita telah menunjukkan rasa cinta kita kepada negeri ini. Selain itu, para millennial juga secara tak langsung akan membuka banyak lapangan pekerjaan sehingga para pengangguran otomatis juga ikut berkurang.

Jadi, mulai dari sekarang, tak ada salahnya untuk beralih menggunakan produk karya anak bangsa ketimbang menggunakan produk impor. Karya anak bangsa tak kalah bagusnya dengan produk luar kok!

2. Memiliki sikap toleransi

Dear Millennial, Sudah Lakukan 4 Hal Ini untuk Ibu Pertiwi Belum?unsplash.com/@omarlopez1

Isu toleransi sendiri belakangan ini menjadi isu panas di negara tercinta kita ini. Keberagaman yang dimiliki Indonesia membuat toleransi menjadi sebuah isu yang sensitif. Indonesia bahkan sempat dicap sedang mengalami darurat toleransi yang membuat perpecahan terjadi di mana-mana.

Memiliki sikap toleransi pun telah menjadi harga mati untuk para millennial. Membimbing para kawula muda dengan sikap toleransi secara tak langsung membuat Indonesia menjadi lebih bersatu dan mencegah perpecahan yang semakin membesar. Tak mau kan Indonesia terpecah belah hanya karena masalah toleransi?

Baca Juga: Tak Perlu Jadi Adidaya, 5 Harapan untuk Indonesia di Masa Depan

3. Menguasai penggunaan teknologi

Dear Millennial, Sudah Lakukan 4 Hal Ini untuk Ibu Pertiwi Belum?unsplash.com/photos/aGTSaKcDdA8

Memasuki era industri 4.0, menguasai penggunaan teknologi bagi kaum millennial merupakan hal yang wajib adanya. Teknologi sendiri telah memasuki segala aspek dalam kehidupan manusia saat ini. Adanya teknologi membuat segala hal menjadi semakin mudah.

Namun, penyalahgunaan teknologi juga dapat berdampak fatal. Teknologi juga membuat penyebaran hoaks di dunia digital menjadi jauh lebih mudah. Minimnya edukasi mengenai penggunaan teknologi membuat masyarakat lebih mudah terpengaruhi dengan berita-berita hoaks. Oleh karena itu, para millennial wajib menguasai dan bijak dalam penggunaan teknologi demi #DearFutureIndonesia yang jauh lebih baik.

4. Rajin membaca buku

Dear Millennial, Sudah Lakukan 4 Hal Ini untuk Ibu Pertiwi Belum?unsplash.com/@letanloc1941995

Langkah sederhana terakhir yang perlu dilakukan para millennial, yaitu membaca buku. Kalau kata pepatah sih, buku merupakan jendela dunia. Membaca buku sama saja artinya dengan membuka wawasanmu mengenai dunia ini. Rajin membaca buku secara tak langsung membuat Negara Indonesia ini lebih maju karena masyarakatnya akan mempunyai wawasan yang lebih luas.

Namun, para millennial terkenal dengan sifatnya yang cepat dan anti ribet. Para millennial kini lebih memilih untuk membaca e-book dibandingkan dengan buku-buku konvensional. E-book dinilai lebih ringkas karena dapat dibaca melalui smartphone.

Nah, untuk para millennial yang hobi membaca e-book, Smartfren hadir dengan SUPER 4G KUOTA yang mempermudah millennial untuk mendapatkan #Super4GKuota untuk #KuotakanMaumu. Membaca e-book sambil #KuotakanSuaramu membuat proses membacamu lebih asik dan tanpa hambatan pastinya.

Nah, hanya dengan melakukan 4 langkah sederhana di atas, itu artinya para millennial telah berkontribusi besar untuk perkembangan negeri ini. Yuk, mulai lakukan hal-hal di atas mulai dari sekarang!

Baca Juga: Tuangkan Harapanmu untuk Indonesia dan Menangkan Macbook Air!

Hendi Handoko Photo Community Writer Hendi Handoko

An ordinary guy with extraordinary dreams.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You