Comscore Tracker

7 Nasihat Terkenal Luqman Al Hakim untuk Anaknya dalam Q.S. Luqman

Luqman Al Hakim bukanlah nabi namun lelaki yang saleh

Luqman Al Hakim adalah orang yang disebut dalam Al-Qur’an pada Surat Luqman. Beliau terkenal karena nasihat yang diberikan pada anaknya. Menurut Imam Qatadah rahimahullah, Luqman Al Hakim bukanlah nabi dan dia tidak diberi wahyu. Kemudian Imam Mujahid rahimahullah juga berkata, jika Luqman adalah seorang lelaki yang salih namun bukanlah seorang nabi.

Riwayat lain menyebutkan jika beliau berasal dari Nubah dan ada yang berpendapat dari Sudan. Surat Luqman terdapat 34 ayat, 7 nasihat Luqman Al Hakim untuk anaknya yang tertuang di dalamnya.

1. Jangan mempersekutukan Allah 

7 Nasihat Terkenal Luqman Al Hakim untuk Anaknya dalam Q.S. LuqmanPexels/AliArapoğlu

Al Ahad merupakan nama Allah dalam Asmaa-ul Husna yang artinya esa. Esa berarti Allah hanya satu, tidak ada Tuhan selain Allah karena Dia adalah tunggal dan hanya Allah zat yang patut kita sembah. Jadi ketika menyembah selain Allah, dapat dikatakan sudah mempersekutukan Allah. Seperti tertuang dalam Surat Lukman ayat 13 yang artinya: 

"Dan (ingatlah) ketika Lukman berkata kepada anaknya, ketika dia memberi pelajaran kepadanya, ”Wahai anakku! Janganlah engkau mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar."

2. Berbuat baik kepada kedua orang tua 

7 Nasihat Terkenal Luqman Al Hakim untuk Anaknya dalam Q.S. Luqmanpexels/anastasiyagepp

Rida orang tua adalah rida Allah, sehingga sudah menjadi keharusan bagi kita untuk berbuat baik dan berbakti pada orang tua. Mereka sudah berjasa dalam mendidik dan memberikan kasih sayang. 

Ibu telah mengandung dalam keadaan lemah, melahirkan dan menyapih dalam usia dua tahun. Sehingga kita dianjurkan untuk bersyukurlah kepada Allah dan kepada kedua orang tua kita. Akan tetapi jika sekalipun orang tua memaksa kita untuk mempersekutukan Allah, janganlah kita menaatinya namun tetaplah bersikap baik kepada mereka. 

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Kamu Tahu Tentang Membaca Al-Qur'an di Bulan Ramadan

3. Sadar bahwa manusia berada dalam pengawasan Allah SWT

7 Nasihat Terkenal Luqman Al Hakim untuk Anaknya dalam Q.S. LuqmanPexels/RM

Kita sebagai manusia haruslah taat pada Sang Pencipta. Menyadari bahwa segala perbuatan kita semasa hidup akan dipertanggungjawabkan nantinya. Oleh karena itu, berperilakulah yang baik karena kita selalu dalam pengawasan Allah SWT. 

4. Mendirikan salat

7 Nasihat Terkenal Luqman Al Hakim untuk Anaknya dalam Q.S. Luqmanpexels.com/AliArapoğlu

Salat menjadi rukun islam yang wajib dilaksanakan oleh umat muslim. Salat juga menjadi tiang agama. Sebagai seorang muslim haruslah mendirikan salat, karena salat menjadi hal pertama yang akan diperhitungkan setelah hari kiamat.

5. Berbuat kebaikan dan menjauhi kemungkaran 

7 Nasihat Terkenal Luqman Al Hakim untuk Anaknya dalam Q.S. Luqmanverywellmind.com

Berbuat kebaikan kepada orang lain akan mendapatkan manfaat darinya, selain mendapatkan pahala. Allah sudah memerintahkan makhluk-Nya agar menjauhi kemungkaran karena akan berakibat pada keburukan. Perbuatan seberat biji sawi pun akan mendapatkan balasan, karena Allah Maha Teliti.

6. Sabar dalam menghadapi cobaan dan ujian 

7 Nasihat Terkenal Luqman Al Hakim untuk Anaknya dalam Q.S. LuqmanUnsplash/BrookeCagle

Setiap makhluk pasti akan mendapatkan cobaan dan ujian dari Allah sesuai kemampuannya. Ketika kita mampu bersabar dan yakin akan rencana Allah yang indah di balik cobaan dan ujian, maka derajat kita akan semakin tinggi di hadapan Allah. Sesuai firman Allah dalam Al-Qur'an surat Al Baqarah ayat 45 yang artinya:

"Dan mintalah pertolongan dengan sabar dan salat"

7. Janganlah menyombongkan diri

7 Nasihat Terkenal Luqman Al Hakim untuk Anaknya dalam Q.S. LuqmanUnsplash/AlexisBrown

Kehidupan di dunia ini hanyalah sementara dan apa yang dimiliki saat ini sekadar titipan Allah. Maka tidak sepatutnya kita menyombongkan diri, hal ini tertuang dalam Surat Luqman ayat 18-19 yang artinya:

"Dan janganlah kamu memalingkan wajah dari manusia (karena sombong) dan janganlah berjalan di bumi dengan angkuh. Sungguh, Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membanggakan diri. Dan sederhanakanlah dalam berjalan dan lunakkanlah suaramu. Sesungguhnya seburuk-buruk suara ialah suara keledai."

Nasihat bisa menjadi renungan untuk kita semua ya.

Baca Juga: 7 Kebaikan yang Kamu Dapatkan Jika Rutin Membaca Al-Qur'an

Hesti Mahmudah Photo Verified Writer Hesti Mahmudah

Belajar meracik kata-kata

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya