Comscore Tracker

5 Alasan Penting Punya 'GRIT' dalam Hidup, Bikin Sukses!

Kamu harus tangguh!

Keberhasilan atau kesuksesan seseorang tidak ditentukan oleh tingkat intelegensi (IQ) saja. Lebih dari itu, ada faktor lain yang memiliki pengaruh besar di dalamnya. Faktor itu adalah ketangguhan dan memiliki passion dalam proses meraihnya.

Nah perpaduan antara passion dan ketangguhan akan menciptakan GRIT. Oleh karena itu, inilah 5 alasan mengapa setiap orang penting untuk menemukan GRIT dalam dirinya.  

1. GRIT mengajarkan kita mengenal diri dengan baik

5 Alasan Penting Punya 'GRIT' dalam Hidup, Bikin Sukses!Pexels/Andreapiacquadio

Menemukan GRIT membuat seseorang melihat dan mulai memahami diri dengan baik. Mencari tahu apa yang benar-benar disukai hingga mahir di bidang itu. Bahkan orang yang memiliki IQ tinggi atau seseorang dengan bakat yang luar biasa, akan terkalahkan dengan passion dan ketekunan. Seseorang yang mempelajari hal yang dia sukai hingga benar-benar menguasai.

2. Tidak semua orang memiliki bakat, namun semua orang punya kesempatan yang sama

5 Alasan Penting Punya 'GRIT' dalam Hidup, Bikin Sukses!pexels/brucemars

Memang seseorang dengan bakat luar biasa bisa sukses. Namun terkadang bakat tersebut membuat seseorang mengesampingkan penghargaan terhadap proses atau usaha dia dalam meraih sesuatu. Karena dia akan lebih menyakini bahwa keberhasilan dia memang karena bakat yang dimilikinya.

Oleh karena itu, meskipun seseorang tidak memiliki bakat namun dia tahu apa yang disukainya dan dipelajarinya hingga mahir, kemudian tekun dan berusaha keras untuk menggapainya, maka orang tersebut telah memiliki GRIT. Sehingga kesempatan sama terbuka lebar untuk sukses bagi orang yang berbakat maupun yang memiliki GRIT. 

3. GRIT membuat orang bertahan terhadap apa yang dicintainya

5 Alasan Penting Punya 'GRIT' dalam Hidup, Bikin Sukses!pexels/ninauhlikova

GRIT akan membuat seseorang tetap bertahan pada apa yang disukainya biarpun di situasi maupun tekanan yang sulit menghampiri. Mereka akan bangkit ketika mengalami kegagalan dan berusaha kembali dengan gigih untuk meraih keberhasilan. GRIT didapatkan dari sosial emotional learning dimana proses pembelajaran seseorang ketika pernah gagal dan berusaha bangkit kembali.

Baca Juga: 5 Kebiasaan yang Bikin Usaha untuk Sukses Tak Pernah Maju

4. Resilience menjadi bekal ketika sedang berada dalam tekanan

5 Alasan Penting Punya 'GRIT' dalam Hidup, Bikin Sukses!pexels/moosephotos

Begitu pun di dunia kerja, karyawan yang memiliki bakat dalam suatu pekerjaan akan kalah dengan karyawan yang belum ahli dalam pekerjaan tersebut, namun memiliki ketekunan yang tinggi untuk terus mempelajarinya.

Karyawan yang memiliki passion atau menyukai pekerjaannya dan mempelajari hingga mahir serta memiliki resilience atau mampu bertahan pada situasi sulit akan menjadi aset berharga bagi perusahaan. Karena dia akan terus belajar dan bangkit ketika dihadapkan pada tantangan atau kegagalan yang dihadapkan padanya.

5. Carilah dan temukan GRITmu

5 Alasan Penting Punya 'GRIT' dalam Hidup, Bikin Sukses!pexels/moosephotos

Oleh karena itu, kita perlu mengetahui apa yang menjadi kesukaan kita, lalu pelajarilah hingga benar-benar mahir dan menguasai, kemudian dikombinasikan dengan kegigihan dalam meraihnya, maka kita akan menemukan GRIT itu sendiri. Semua memang membutuhkan proses yang panjang, namun ketika kita menghargai proses yang ada, kita akan menemukan arti GRIT sesungguhnya.

Itulah alasan GRIT penting untuk ditemukan agar sukses berada di genggaman. Sudahkah kamu menemukan GRIT-mu?

Baca Juga: 5 Karakter yang Berpotensi Membuat Aries Menjadi Pebisnis Sukses

Hesti Mahmudah Photo Verified Writer Hesti Mahmudah

Belajar meracik kata-kata

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya