Comscore Tracker

Patut Ditiru, 5 Sikap Tulus Nenek Dalmi dalam KDrama 'Start-Up'

Nenek idaman gak, sih #WaktunyaKorea #IDNTimesHype

Choi Won-Deok atau Nenek Dalmi seakan menjadi kunci dari semua keajaiban terjadi di mana dialah yang mempertemukan Jipyeong dan Dosan dengan Dalmi. Nenek seolah menjadi malaikat yang menolong siapa saja meskipun dirinya sendiri juga diliputi rasa putus asa. Berikut lima ketulusan nenek sepanjang berjalannya episode yang bisa kita jadikan panutan.

1. Memiliki jiwa penolong yang tinggi

Patut Ditiru, 5 Sikap Tulus Nenek Dalmi dalam KDrama 'Start-Up'Instagram/tvn_startup

Ketulusan nenek yang melihat Jipyeong kesusahan di kala keluar dari panti asuhan, menggerakkan hatinya untuk menolong. Ketika sukses, Jipyeong berjanji akan membalas kebaikan nenek Dalmi. Namun sebaliknya nenek akan menerima Jipyeong ketika dia gagal dan kesusahan dan meminta agar melupakannya ketika sukses dengan dalih tidak mau iri dibuatnya. 

Ketulusan Nenek Dalmi ini perlu kita jadikan contoh ketika kita membantu sesama, berikan secara sukarela dan hati yang tulus tanpa mengharapkan balasan atau imbalan apapun. Memberi juga menjadi kebahagiaan tersendiri ketika melihat orang lain tersenyum.

2. Meskipun kecewa dengan menantunya, tapi tetap bersikap baik

Patut Ditiru, 5 Sikap Tulus Nenek Dalmi dalam KDrama 'Start-Up'instagram.com/skuukzky

Nenek kecewa dengan sikap menantunya--alias ibu kandung Dalmi--yang memilih bercerai dengan anaknya. Hal tersebut membuat Dalmi merasakan kesusahan sedari kecil. Namun berapa pun besar kekecewaan dan kebenciannya, nenek masih berbesar hati memberikan bekal makanan kesukaan menantunya yang pada mulanya akan diberikan pada Dalmi di Sand Box. 

Pelajaran yang bisa diambil yakni betapa banyak kecewanya seseorang pada orang lain atas perbuatannya, kita tidak dapat mengubah pilihan orang lain. Meskipun begitu, tetaplah berbuat baik dan jangan membalas perilaku buruk orang tersebut. Cukup menjaga jarak dalam berkomunikasi.  

Baca Juga: 10 Potret Kang Han Na Jadi Sosok Ambisius di KDrama Start Up

3. Sosok yang tegar dan tidak ingin dikasihani

Patut Ditiru, 5 Sikap Tulus Nenek Dalmi dalam KDrama 'Start-Up'Instagram.com/tvn_startup

Nenek Dalmi bukanlah orang yang mudah menyerah sekalipun kondisinya sulit. Dia akan bertahan diatas kakinya sendiri selama dia mampu untuk berjuang sendiri. Dia enggan merepotkan orang lain dan tidak mau dikasihani karena baginya hal itu akan melumpuhkan harapannya. 

Kita perlu belajar agar tetap mengandalkan diri sendiri dalam kondisi yang buruk sekalipun. Jangan terlalu mengasihi diri sendiri karena tidak akan membuatmu banyak belajar. Namun tetaplah kuat menjalani setiap proses kehidupan.

4. Lebih suka memberi sekalipun kondisi sulit

Patut Ditiru, 5 Sikap Tulus Nenek Dalmi dalam KDrama 'Start-Up'instagram.com/tvnstartup

Nenek Dalmi adalah pribadi yang lebih suka memberi dibanding menerima. Terbukti dia tidak ingin menerima imbalan dari Jipyeong ketika sudah sukses. 

Tangan di atas lebih baik dari tangan dibawah. Jadi, tumbuhlah menjadi pribadi yang suka memberi pada orang lain sekalipun dalam kondisi sulit.

5. Mudah memaafkan dan memiliki empati yang tinggi 

Patut Ditiru, 5 Sikap Tulus Nenek Dalmi dalam KDrama 'Start-Up'instagram/tvn_startup

Nenek Dalmi sangat tersakiti oleh menantunya yang karenanya Dalmi dan Injae harus terpisah. Namun ketika menantunya sedang dalam kesulitan karena pergi dari rumah suami barunya, nenek Dalmi tetap bersedia menolong dengan mengizinkannya tinggal di rumah. Hal ini karena rasa empatinya lebih tinggi sehingga membuatnya mudah memaafkan menantunya. 

Kita harus belajar dari Nenek Dalmi tentang memaafkan. Proses memaafkan orang yang menyakiti kita memang tidaklah mudah, namun memberi maaf justru akan membuat kita lebih lega dibanding menghabiskan energi untuk membenci seseorang. 

KDrama saja dapat memberikan pelajaran yang begitu berarti seperti sosok nenek Dalmi yang memiliki ketulusan. Yuk coba menerapkannya dalam kehidupan kita. 

Baca Juga: 5 Alasan Nam Dosan 'Start-Up' Lebih Pantas dengan Dalmi

Hesti Mahmudah Photo Verified Writer Hesti Mahmudah

Belajar meracik kata-kata

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya