Comscore Tracker

5 Skill Ini Harus Kamu Miliki Agar Tetap Bahagia Hadapi Masalah Hidup

Masalah akan tetap ada, tapi kamu bisa bahagia menghadapinya

Permasalahan akan datang silih berganti seiring pertambahan usia, tugas maupun pekerjaan serta berbagai aspek kehidupan lainnya yang saling berkaitan. Mengetahui hal tersebut, kamu selalu punya pilihan untuk merespons masalah dengan tetap bahagia atau membuatnya lebih dramatis.

Oleh karena itu, untuk mencapai kebahagiaan sekalipun sedang dirundung masalah hidup, ada lima skill yang perlu kamu miliki agar tetap bahagia melaluinya.

1. Pengambilan keputusan

5 Skill Ini Harus Kamu Miliki Agar Tetap Bahagia Hadapi Masalah HidupPexels/Vlada Karpovich

Menjalani kehidupan tidak terlepas dari pengambilan keputusan atas beberapa pilihan hidup. Konsekuensi yang akan diterima dari setiap keputusan yang diambil juga akan kamu jalani dalam kesehariannya. Oleh karena itu, belajarlah menjadi decision maker yang handal dalam mempertimbangkan keputusan beserta risiko yang diterima. 

2. Open minded

5 Skill Ini Harus Kamu Miliki Agar Tetap Bahagia Hadapi Masalah HidupPexels/Rodnae Productions

Jadilah orang yang open minded terhadap banyak hal baik itu pendapat orang lain, diskusi, maupun ilmu pengetahuan baru. Kamu perlu menambah wawasan dengan melihat banyak sudut pandang, tidak hanya percaya dengan pendapat pribadi.

Ketika kamu open minded di saat sedang menghadapi masalah, kamu akan melihat suatu masalah dengan lebih luas dan objektif serta solusi yang tepat beserta alternatifnya. 

Baca Juga: Jangan Berharap Bahagia Jika Kamu Menilainya dari 5 Hal Ini!

3. Analitical thinking

5 Skill Ini Harus Kamu Miliki Agar Tetap Bahagia Hadapi Masalah HidupUnsplash/Darius Bashar

Kamu juga perlu mengembangkan analitical thinking dalam kehidupanmu untuk mendalami setiap masalah maupun tantangan hidup. Dengan begitu, kamu dapat menganalisis akar masalah, solusi, prioritas, urgensi, konsekuensi dan dampak jangka pendek dan jangka panjangnya. 

4. Empati

5 Skill Ini Harus Kamu Miliki Agar Tetap Bahagia Hadapi Masalah HidupUnsplash/Ben White

Empati perlu dimiliki setiap orang agar tidak hanya berfokus pada dirinya sendiri, memperkaya diri, mengejar kebahagiaan sendiri tanpa peduli dan melihat orang lain yang ternyata membutuhkan uluran tanganmu.

Kamu hidup di dunia tidaklah sendiri, pasti membutuhkan orang lain sebagai makhluk sosial, maka kamu perlu memperkuat relasi dalam lingkungan keluarga, pertemanan atau masyarakat.

Dengan terhubung pada sosial, maka empatimu semakin terasah seiring dengan seni mendengarkan yang meningkat dan kelapangan untuk memberi serta berbagi dengan sekitar.

5. Mengenali diri sendiri secara mendalam 

5 Skill Ini Harus Kamu Miliki Agar Tetap Bahagia Hadapi Masalah HidupUnsplash/Anthony Tran

Mengenali diri perlu terus dilakukan sepanjang usia supaya kita mengetahui apa yang menjadi kebutuhan serta sumber kebahagiaan dan kesedihan. Di samping itu, kita juga bisa mengatasi kekurangan diri dan memaksimalkan kelebihan diri sebagai kekuatan kita. 

Kebutuhan yang bertambah, masalah yang terus ada, tantangan hidup yang beragam membuat kita perlu upgrade diri agar semakin lihai dan solutif menghadapi kehidupan. Oleh karena itu, dengan mengenal diri secara mendalam, kita dapat mengetahui apa yang perlu dibenahi dan dipertahankan. 

Skill ini perlu terus dilatih karena jam terbang yang tinggi juga akan mempengaruhi tingkat kebahagiaanmu. Jadi, berapa skill yang sudah kamu kantongi?

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Pura-Pura Bahagia Justru Bikin Harimu Terasa Buruk

Hesti Mahmudah Photo Verified Writer Hesti Mahmudah

Belajar meracik kata-kata

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya