Comscore Tracker

5 Toksik Mindset Ini Bikin Kamu Sulit Gapai Mimpi, Tinggalkan!

Kalau keterusan dipelihara cuma bikin susah aja deh

Toxic mindset adalah pemikiran buruk yang selama ini kamu yakini dalam diri. Pemikiran ini biasanya lahir dari trauma, kegagalan yang pernah kamu terima, hingga kenyataan hidup yang terkadang tak sesuai ekspektasimu.

Jika kamu membiarkan hal ini terus terjadi sebenarnya bisa membuat diri sendiri sulit berkembang dan jauh dari mimpi atau goals yang ingin kamu capai, lho! Meski begitu, tak mudah memang untuk seseorang menyadari bahwa sebenarnya ia sedang memelihara pemikiran yang toksis dan merugikan.

Untuk membantumu, coba simak 5 hal berikut ini yang sebenarnya menjauhkanmu dari kesuksesan akibat toksik mindset mu itu!

1. Merasa bahwa dirimu selalu kurang layak 

5 Toksik Mindset Ini Bikin Kamu Sulit Gapai Mimpi, Tinggalkan!ilustrasi wanita (unsplash.com/giancescon)

Kurangnya kepercayaan diri membuat kamu merasa selalu kurang layak dalam hal apapun, entah itu mengenai pekerjaan impian hingga seseorang yang kamu sayang. Hal ini terjadi lantaran ketakutanmu akan kegagalan walaupun kamu belum memulai langkah dalam merealisasikannya.

Bisa jadi, perasaan sakit saat kala kamu mengalamai kegagalan di masa lampau masih membayangi kamu hingga saat ini dan menyebabkan kamu ragu dalam mengambil keputusan.

2. Semua orang akan meninggalkanmu 

5 Toksik Mindset Ini Bikin Kamu Sulit Gapai Mimpi, Tinggalkan!ilistrasi pasangan (unsplash.com/anneliesephillip)

Tak dapat dipungkiri bahwa semakin bertambahnya usia, rasanya akan semakin sedikit orang yang ada di sekelilingmu. Tak jarang terkadang banyak orang yang merasa sendiri saat mulai beranjak dewasa dan ditinggalkan oleh orang yang berarti baginya.

Nah, alasan itu terkadang membuat kamu lebih berhati-hati dalam memercayai orang lain, sehingga tanpa sadar kamu cenderung membatasi diri dengan membangun dinding tak terlihat saat ada orang baru yang mendekatimu. Nyatanya, menambah koneksi sebenarnya bisa memberikan dampak berarti untukmu sendiri. Kamu bisa saling berbagi perspektif dalam melihat dunia yang mungkin dapat mendekatkanmu dengan mimpi yang ingin diraih.

Baca Juga: 5 Tips Menghadapi Rekan Kerja Toksik, Awas Tersulut Emosi!

3. Harus bekerja keras untuk meraih apa yang diinginkan 

5 Toksik Mindset Ini Bikin Kamu Sulit Gapai Mimpi, Tinggalkan!Ilustrasi kantor (unsplash.com/myleon)

Ungkapan bahwa untuk menjadi orang yang sukses harus melalui kerja keras memang benar adanya. Namun, terkadang hal tersebut memberikan makna lain yang dirasa sebaliknya.

Tak jarang hal itu malah membuat kita membandingkan diri dengan orang lain. Rasanya apa yang telah dikerjakan masih saja kurang jika dibandingkan dengan orang lain yang terlihat lebih produktif. Padahal, jalan yang dipilih orang lainpun belum tentu akan sesuai dengan kamu.

4. Bertahan adalah jalan terbaik untuk segala hal 

5 Toksik Mindset Ini Bikin Kamu Sulit Gapai Mimpi, Tinggalkan!ilustrasi wanita (unsplash.com/erriko_tsg_photographer)

Tak seharusnya kamu menyamakan semua keadaan dengan memilih satu jalan keluar yang sama, yaitu bertahan. Jika suatu pekerjaan memang tidak lagi membuatmu semangat untuk bangun di pagi hari, baiknya pertimbangkan kemungkinan-kemungkinan lain yang bisa dipilih.

Percuma rasanya jika kamu menjalani hari tanpa kepuasan batin yang dirasakan. Mengambil keputusan untuk keluar atau berhenti dari sesuatu terkadang adalah jalan terbijak yang tak perlu disalahkan. Berhentilah untuk memaksakan diri jika dirasa memang tak lagi membuatmu merasa berarti.

5. Selalu mengalah untuk kebaikan bersama 

5 Toksik Mindset Ini Bikin Kamu Sulit Gapai Mimpi, Tinggalkan!Ilustrasi interview (unsplash.com/officestock)

Berhentilah untuk berusaha menyenangkan orang lain. Banyak orang yang akhirnya kehilangan mimpi karena terpaksa berdamai dengan keadaan walaupun belum mencoba mengambil langkah yang pasti.

Siasati dengan membuat rencana yang matang dalam merealisasikan mimpi-mimpi kamu ke depan. Perlu kamu sadari bahwa pada akhirnya kamulah yang menjalani hidup. Ini berarti setiap keputusan yang telah diambil harus dijalani dengan konsekuensi yang ada. Berhenti memikirkan orang lain, dan berbaikhatilah dengan dirimu sendiri!

Toxic mindset memang tidak bersifat permanen. Perlu membiasakan dan mengubah pola pikir yang diawali dari diri sendiri untuk mengubahnya menjadi nyata. Cobalah untuk melihat segalanya dari perspektif lain dan raih setiap mimpimu! Semoga bermanfaat.

Baca Juga: 5 Mindset yang Bisa Membuatmu Menjadi Pribadi Menarik dan Menyenangkan

Daisy Photo Verified Writer Daisy

Sky doesn't explain itself high

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya