Comscore Tracker

10 Jawaban Editor Atas Segala Pertanyaanmu tentang IDN Community

Resume Community Talk Vol 19

Diluncurkan pada bulan Februari 2017, IDN Times Community hadir sebagai wadah menulis bagi siapa saja yang memiliki hobi di bidang ini. Kini, IDN Times Community sudah memiliki lebih dari 60 ribu member yang tersebar di seluruh Indonesia.

Nah, bagi kamu yang sudah tergabung menjadi Community Writer tentu punya banyak pertanyaan buat editor mengenai IDN Times Community. Oleh karenanya, pada Community Talk Volume 19 yang live di Instagram @idntimes dan @idntimes.community Kamis (12/7) lalu, para editor IDN Times Community tampil menjawab semua pertanyaan tersebut nih.

Berdasarkan pertanyaan-pertanyaan yang sering dikirimkan ke email IDN Times Community, berikut jawaban dari para editor. Simak baik-baik ya!

1. Kenapa artikel statusnya 'pending review' terus? Kapan diterbitkan?

10 Jawaban Editor Atas Segala Pertanyaanmu tentang IDN CommunityPexels/Breakingpic

Barangkali tidak sedikit dari kamu para Community Writer yang tulisannya masih berstatus pending review. Status ini artinya tulisanmu sudah berada di meja redaksi dan tengah dimoderasi oleh editor.

Nah, setiap hari IDN Times Community menerima banyak sekali kiriman artikel. Di samping itu, setiap harinya editor memiliki target mereview dan menerbitkan artikel dengan cepat dan tepat. Karena dituntut untuk cepat mereview artikel sehingga editor pun akan melirik artikel yang sekiranya sudah sesuai dengan SOP atau ketentuan IDN Times.

Untuk itu, biar artikelmu dilirik dan segera diterbitkan editor, pelajari lebih dalam mengenai SOP artikel IDN Times ya!

2. Redeem poin IDN Times bisa lewat rekening apa aja selain BCA?

10 Jawaban Editor Atas Segala Pertanyaanmu tentang IDN CommunityPixabay/stevenpb

Yup! Sekarang IDN Times Community bisa menerima redeem poin ke semua bank, gak cuma BCA. Jadi, buat kamu yang punya akun rekening selain BCA, pastikan sudah meng-update informasinya lewat laman Dashboard-mu di IDN Times Community, ya!

Caranya klik ikon orang yang ada di sebelah kanan atas sampilan website, kemudian pilih menu 'Akun Bank'. Isi formulirnya sesuai dengan data akun bank-mu, mulai dari nomor rekening, nama pemilik nomor rekening, nama bank, dan yang paling penting adalah foto buku tabunganmu.

Ingat, fotonya bukan foto sampul depan buku tabungan ya, tapi foto bagian data rekening dan nama yang ada di halaman pertama. Hal ini sangat diperlukan tim IDN Times Community untuk memastikan bahwa data yang kamu masukkan di formulir sesuai dengan yang ada di buku tabunganmu tersebut.

3. Bagaimana editor bisa tahu kalau sebuah tulisan itu plagiat?

10 Jawaban Editor Atas Segala Pertanyaanmu tentang IDN CommunityPexels/Burst

IDN Times Community melarang keras setiap artikel yang sifatnya menyontek atau bahkan plagiat dari artikel di website lain. Bila ketahuan, maka editor akan me-reject artikelmu dan memberi peringatan keras bagi penulisnya.

Nah, editor IDN Times Community sendiri memiliki tools untuk mengecek apakah artikel yang dikoreksi itu plagiat atau tidak. Kalau ada satu sampai dua kalimat atau bahkan satu paragraf terdeteksi 50 persen mirip dengan tulisan lain maka hal tersebut termasuk plagiat dan akan segera di-reject.

4. Kenapa sekarang gak ada email notifikasi kalau artikel sudah disubmit, publish, dan redeem poin berhasil?

10 Jawaban Editor Atas Segala Pertanyaanmu tentang IDN CommunityPexels/Startup Stock Photos

Pada akhir bulan Mei 2018 lalu website IDN Times berubah wajah, tak terkecuali laman IDN Times Community. Nah, karena hal tersebut beberapa sistemnya tidak sama dengan sistem yang lama, salah satunya adalah email notifikasi tentang artikel yang berhasil dikirim, dipublish, maupun status redeem poin.

Tapi tenang saja. Sistem ini sedang kami perbaiki dan akan segera diadakan lagi kok. Jadi, tunggu saja dan tetap menulis ya!

5. Apa aja rekomendasi editor soal referensi sumber berita yang kredibel?

10 Jawaban Editor Atas Segala Pertanyaanmu tentang IDN CommunityPixabay/MichaelGaida

Nah, ini penting. Untuk sumber informasi sebisa mungkin jangan mengambil dari website maupun media-media nasional. Hal ini terutama harus diperhatikan buat kamu yang mau menulis artikel News atau Sport. Carilah informasi dari media resmi atau media internasional.

Bila kamu menulis artikel Sport, bisa mengumpulkan informasi dari website resmi liga yang berlangsung. Misalnya premierleague.com untuk berita Liga Inggris, laliga.es untuk Liga Spanyol, badmintonindonesia.org untuk berita-berita bulutangkis tanah air, atau espn.com untuk info olahraga lainnya.

Sementara itu untuk berita dunia kamu bisa merujuk ke The Guardian, New York Times, BBC, CNN, Time, dll. Sebaiknya kamu tidak merujuk pada berita dari Daily Mail dan The Sun karena berita-berita di sana seringkali hanya bersifat sensasional dan tak jarang berita yang dimuat adalah peristiwa lama.

Sementara itu, kamu juga bisa merujuk pada jurnal-jurnal ilmiah untuk menulis artikel kreatif lainnya. Ingat juga, jangan cuma merujuk pada satu sumber dan cuma menerjemahkan keseluruhannya ya! Minimal tulis informasi dari 2 sumber dengan kalimatmu sendiri.

6. IDN Times Community punya WhatsApp group gak? Bagaimana cara gabungnya?

10 Jawaban Editor Atas Segala Pertanyaanmu tentang IDN Communityphys.org

Ya, IDN Times Community kini punya WhatsApp group sebagai tempat para penulis dan editor berinteraksi. Nah, penulis-penulis Community yang tergabung di dalamnya merupakan Community Writer yang terbilang aktif dan konsisten menulis.

Konsistensinya dilihat dari seberapa sering kamu mengirimkan tulisan dan berhasil diterbitkan di IDN Times Community. Paling tidak, sebanyak 20 artikelmu dalam sebulan sudah berhasil terbit.

Jadi, buat kamu yang tertarik bergabung di WhatsApp group ini rajin-rajinlah mengirimkan tulisan yang keren ya. Tentu saja ada banyak keseruan yang kamu dapat setelah bergabung di sini. Salah satunya kamu bisa mendapatkan informasi eksklusif tentang aktivitas IDN Times Community.

7. Gimana cara dapatkan page views artikel tinggi?

10 Jawaban Editor Atas Segala Pertanyaanmu tentang IDN CommunityPexels/bruce mars

Menulis artikel yang menarik sekiranya lebih mudah daripada artikel yang berpotensi viral dan mendapatkan page views tinggi. Nah, editor punya sedikit bocoran nih gimana supaya artikelmu dibaca oleh banyak orang tapi dengan konten yang menarik pula.

Pertama, tulis berdasarkan topik yang sedang viral. Jangan hanya menulis tentang peristiwa viralnya. Kalau kamu menulis sisi lain dari peristiwa viral tersebut artikelmu juga berpotensi dibaca banyak orang lho.

Misalnya, beberapa minggu lalu tengah viral berita tentang aplikasi Tik Tok dan salah satu artisnya, Bowo Alpenliebe. Supaya tulisanmu unik, tulislah hal lain dari peristiwa diblokirnya aplikasi tersebut maupun kronologi masalah yang dialami Bowo Alpenliebe.

Kamu bisa menulis tentang potret kerennya Bowo, kisah hidup Bowo, atau aplikasi-aplikasi serupa Tik Tok.

Kedua, tulislah topik yang dekat dengan pembaca. Contohnya, buat mahasiswa tingkat akhir barangkali butuh motivasi bagaimana menyelesaikan skripsi dengan cepat. Kamu bisa tuliskan tips-tipsnya. Atau artikel tentang tips hubungan yang awet.

Yang jelas, agar artikelmu mencapai page views tinggi kamu harus berani mengolah ide-ide tulisan yang unik, aneh, dan nyeleneh. Tapi tetap harus informatif ya!

8. Kalau status redeem poinnya masih pending apakah masih bisa redeem poin lagi?

10 Jawaban Editor Atas Segala Pertanyaanmu tentang IDN CommunityPexels/Negative Space

Kamu boleh melakukan redeem poin beberapa kali selama poinmu memenuhi syarat. Namun, supaya kamu sendiri tidak kerepotan mengecek satu per satu apakah redeem poinmu sudah cair, lebih baik kamu kumpulkan poin sebanyak-banyaknya dulu.

Hal ini tentu saja akan lebih praktis buatmu. Jadi, jika poin yang kamu redeem terbilang sangat banyak, kamu cuma perlu mengeceknya satu kali. Uang yang kamu terima pun akan sekaligus banyak.

9. Yang dimaksud format artikel Listicle itu seperti apa?

10 Jawaban Editor Atas Segala Pertanyaanmu tentang IDN Communitycommunity.idntimes.com

Semua artikel yang dimuat di IDN Times menggunakan format listicle, kecuali untuk artikel Fiksi: puisi dan cerpen. Nah, yang dimaksud artikel listicle adalah artikel yang struktur penulisannya terbagi menjadi poin-poin. Biasanya hal ini bisa terlihat dari judul artikel yang menyebutkan angka di dalamnya.

Misalnya, seperti gambar di atas: 8 Fakta Ini Bukti Final Piala Dunia 2018 adalah yang Paling Sempurna!. Artinya, tulisan tersebut terbagi menjadi 8 sub judul (poin-poin) yang menyebutkan tentang fakta-fakta final Piala Dunia 2018.

Artikel listicle tidak terbatas pada topik tentang tips maupun step by step ya. Bila pun kamu menulis artikel olahraga maupun berita dunia, pembahasannya harus dibagi-bagi menjadi poin-poin.

Ada beberapa ketentuan menulis artikel listicle yang wajib kamu perhatikan:

  • Untuk artikel kategori News dan Sport, sub judulnya minimal 3 poin
  • Sementara itu untuk artikel di kategori lainnya, sub judulnya minimal 5 poin dengan narasi di bawah gambar
  • Sedangkan untuk artikel kumpulan foto, minimal mencantumkan 9 poin tanpa narasi di bawah gambar. Tapi sub judulnya harus informatif ya!

Untuk informasi lebih lengkap soal artikel listicle, bisa kamu baca di sini.

10. Proses pending review editor biasanya berapa lama sih?

10 Jawaban Editor Atas Segala Pertanyaanmu tentang IDN Communitydramabeans.com

Masa review dari editor paling lama adalah 14 hari alias 2 minggu. Jadi, kalau tulisanmu tak kunjung mendapatkan status publish artinya tulisanmu tersebut belum layak terbit. Tapi, jangan putus asa. Kalau kamu rajin-rajin mengirimkan artikel, peluang artikelmu terbit akan lebih besar lho! Jadi, jangan patah semangat dan tetaplah menulis.

Seperti yang sudah disebutkan juga, supaya tulisanmu lekas-lekas dilirik editor pastikan tulisanmu sudah sesuai dengan ketentuan artikel di IDN Times. Buatlah judul yang menarik dan topik yang tidak biasa. Perhatikan juga teknis penulisannya, apakah sudah sesuai ejaan yang baik dan benar atau belum.

Selain itu, gunakan foto yang menarik dengan ukuran yang besar. Minimal dimensi foto yang digunakan adalah 600x315 pixel. Yang jelas, jangan gunakan foto yang blur dan hanya menampilkan objek mati ya!

Nah, itu tadi jawaban atas segala pertanyaan tentang IDN Times Community yang barangkali juga sering membuatmu gelisah. Semoga jawabannya cukup jelas, ya!

Selamat melanjutkan menulis!

IDN Times Community Photo Verified Writer IDN Times Community

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria
  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya