Comscore Tracker

11 Tanda Kamu Terlalu Sopan, Bisa Bikin Orang Lain Gak Nyaman

Ada dalam dirimu?

Tak ada salahnya bersikap sopan, namun jika berlebihan ini sangat-sangat tidak baik bagi hubunganmu dengan orang-orang sekitar. Beragam perasaan negatif akan muncul, mulai dari mereka mempertanyakan ketulusanmu sampai rasa canggung dan tak nyaman saat sedang bersamamu.

Jika beberapa dari 11 tanda ini ada pada dirimu, maka kamu harus mulai belajar untuk berubah. Jangan sampai kamu membuat orang lain merasa tak nyaman dan akhirnya menjauh darimu. 

1. Terlalu memuji

11 Tanda Kamu Terlalu Sopan, Bisa Bikin Orang Lain Gak Nyamanellevatenetwork.com

Tak ada salahnya memuji seseorang. Namun jika pujian yang kamu ucapkan adalah seputar penampilan mereka dan dilakukan secara terus menerus setiap bertemu, maka ketulusan dari pujian tersebut akan diragukan.

"Dibandingkan memberikan pujian pada penampilan, akan lebih berkesan jika kamu memberikan pujian akan prestasi yang mereka raih." Kata Bonnie Tsai seorang pakar etiket dan pendiri Beyond Etiquette

2. Memberikan jawaban panjang untuk sebuah pertanyaan

11 Tanda Kamu Terlalu Sopan, Bisa Bikin Orang Lain Gak Nyamanearnspendlive.com

Kamu mungkin merasa akan sangat baik dan sopan jika menjawab pertanyaan seseorang dengan selengkap dan sedetail mungkin. Namun kebanyakan orang hanya memerlukan jawaban dasar dari apa yang mereka tanyakan, dan jika kamu menjawabnya dengan sangat panjang kemungkinan jawabanmu akan diabaikan oleh mereka.

"Jaga agar jawaban anda singkat dan to the point, mereka akan mengajukan pertanyaan lagi jika ada informasi yang mereka butuhkan." kata Maryanne Parker pendiri Mannor of Manners.

3. Menjaga kontak mata terlalu lama

11 Tanda Kamu Terlalu Sopan, Bisa Bikin Orang Lain Gak Nyamansoompi.com

Seperti yang kita selalu diajarkan pada kita, bahwa saat ada seseorang berbicara maka kita harus menatap matanya. Ini adalah sikap sopan yang artinya kita tertarik dan mendengarkan setiap perkataannya.Namun selalu menatap mata seseorang dan tak pernah berpaling dapat membuat seseorang merasa tak nyaman.

Jeff Larsen seorang ahli perilaku dan psikoterapis berlisensi mengatakan "Seseorang yang berlebihan dan selalu menatap mata orang tanpa berpaling akan menjadikannya kontes menatap. Berpalinglah sesekali, hal ini perlu agar ketertarikan kita terlihat alami."

4. Selalu mengiyakan setiap permintaan

11 Tanda Kamu Terlalu Sopan, Bisa Bikin Orang Lain Gak Nyamanhildinganders.es

Karena ingin bersikap sopan, kamu tak pernah menolak orang yang meminta bantuan padamu. Terasa menyenangkan memang membantu orang lain, apalagi jika bantuan yang kita berikan dihargai. Namun selalu mengiyakan setiap permintaan dapat berdampak negatif pada dirimu.

Bonnie Tsai mengatakan "Kamu mungkin merasa hebat saat setuju untuk membantu seseorang, karena jika menolak kamu akan melukai hatinya. Namun hal ini dapat berakhir negatif bagi hubunganmu jika pada akhirnya kamu kewalahan dan akhirnya tak bisa menepati perkataanmu. Itu akan lebih tidak sopan dan melukai perasaan dibandingkan dengan menolak permintaan tersebut sejak awal."

5. Terlalu sering menggunakan kata superlatif

11 Tanda Kamu Terlalu Sopan, Bisa Bikin Orang Lain Gak Nyamanpausecafein.fr

Selalu menggunakan kata superlatif seperti 'luar biasa', 'fantastis', dan kata berlebihan lainnya dapat membuat makna dari kata tersebut seolah tak berarti. Padahal kamu menggunakan kata-kata tersebut untuk menunjukkan bahwa kamu sangat mengapresiasi mereka.

Namun saat selalu diucapkan, artinya menjadi hilang dan tak spesial lagi. Bukannya senang, mungkin orang yang kamu ucapkan kata tersebut malah akan ilfil.

Baca Juga: 5 Kota di Jepang yang Ramah untuk Muslim, Tak Perlu Khawatir Deh!

6. Tak berani mengutarakan pendapat yang berbeda

11 Tanda Kamu Terlalu Sopan, Bisa Bikin Orang Lain Gak Nyamankoreancelebgossip.blogspot.com

Saling berbeda pendapat adalah hal yang biasa kita temui. Namun jika kamu tipe orang yang tak ingin berselisih dan mencoba bersikap sopan dengan menyetujui setiap pendapat orang lain dan terpaksa melepaskan pendapatmu sendiri, ini adalah sikap yang salah.

Ada banyak cara untuk mengungkapkan pendapat tanpa menyinggung atau melukai orang lain. "Kamu mungkin berpikir adalah sopan untuk menyetujui semua pendapat orang, tetapi pada kenyataannya ini malah akan membuatmu terlihat ragu-ragu dan tak memiliki pendirian" ucap Maryanne Parker.

7. Meminta maaf untuk semuanya bahkan hal kecil sekalipun

11 Tanda Kamu Terlalu Sopan, Bisa Bikin Orang Lain Gak Nyamanmindfullivingnetwork.com

Mengucapkan kata maaf saat melakukan kesalahan adalah dasar dari kesopanan. Namun beberapa orang menggunakan kata ini dengan cara yang salah, mereka meminta maaf untuk semuanya.

"Selalu meminta maaf bahkan dalam situasi yang sebenarnya tak perlu, dapat membuatmu terlihat rendah diri dan mudah untuk dimanfaatkan." ucap Bonnie Tsai. Bahkan jika kamu tak dimanfaatkan, bagi beberapa orang mendengar permintaan maaf secara terus-menerus terasa menjengkelkan.

8. Menyentuh seseorang secara berlebihan

11 Tanda Kamu Terlalu Sopan, Bisa Bikin Orang Lain Gak Nyamaninc.com

Menjabat tangan seseorang adalah salah satu sopan santun saat bertemu dengan orang yang kita kenal. Dan cukup sampai disitu saja jika kamu tak teralu dekat dengan orang tersebut. Beberapa orang menggunakan gerak tubuh yang terlalu berlebihan seperti memeluk seseorang terlalu erat atau mengusap-ngusap bahunya saat bertemu.

Meski ingin menunjukkan sikap bersahabat, namun beberapa orang mungkin merasa tidak nyaman dengan apa yang kamu lakukan. Apalagi jika hubungan orang tersebut tak terlalu dekat dengan mu atau ia adalah lawan jenis.

9. Selalu membiarkan orang lain membuat keputusan

11 Tanda Kamu Terlalu Sopan, Bisa Bikin Orang Lain Gak Nyamanhttps://www.biziki.com/biz/save-money-and-time-3-easy-steps/

Mungkin kamu merasa akan sopan jika membiarkan orang lain memilih apa yang ia inginkan dan kamu hanya tinggal menurutinya. Namun hal ini juga dapat membuat orang lain merasa tak nyaman lho! Kamu selalu membuatnya memikirkan setiap keputusan yang harus diambil.

Sikap seperti ini dalam dunia kerja akan membuatmu terlihat tak mampu membuat keputusan. Selain itu jika kamu selalu membiarkan orang lain membuat keputusan, yang akan mengalami banyak kerugian adalah dirimu sendiri.

10. Gagal berbicara

11 Tanda Kamu Terlalu Sopan, Bisa Bikin Orang Lain Gak Nyamandusuneninsanlaricin.com

Mendengarkan adalah bagian dari kesopanan. Namun selalu mendengarkan dan tak pernah berani berbicara karena tak ingin menginterupsi ucapan orang lain akan membuatmu kehilangan kesempatan bicara dan menunjukkan pengetahuanmu.

Percakapan adalah interaksi dua arah, dan akan berfungsi dengan baik saat kedua orang menggunakannya.

11. Menolak pujian

11 Tanda Kamu Terlalu Sopan, Bisa Bikin Orang Lain Gak Nyamanbabycenter.com

Menolak pujian yang disampaikan mungkin membuat kita merasa bersikap sopan dengan merendahkan diri. Namun terus menerus menolak pujian dapat membuat orang lain merasa tidak nyaman dan kamu terkesan meremehkan pujian yang mereka berikan. 

Belajar bagaimana menerima pujian dari orang lain dengan tulus adalah sikap sopan yang harus dilakukan semua orang.

Baca Juga: Ini 5 Negara Paling Ramah untuk Anak-anak, Liburan pun Tenang!

iefa_pooh Photo Community Writer iefa_pooh

Everlasting Friend

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You