Comscore Tracker

5 Pesan Tentang Cara Makan Sehat yang Dapat Kita Pelajari Dari Bayi

Bayi memberi contoh lebih baik dari pada orang dewasa

Saat seharusnya orang dewasa memberikan contoh yang baik bagi bayi dan anak-anak, namun bukan berarti tak ada yang dapat orang dewasa contoh dari anak kecil. Banyak hal yang dapat orang dewasa pelajari dari anak-anak, salah satunya tentang cara makan dan kebiasaan makan bayi yang dapat kita contoh.

Bahkan jika kamu menerapkan cara makan dan kebiasaan makan para bayi, kamu akan menemukan cara diet yang lebih sehat dibandingkan cara diet yang lainnya. Yuk praktekkan 5 cara dan kebiasaan makan bayi ini pada diri kita sendiri.

1. Saat kamu lapar, saatnya makan

5 Pesan Tentang Cara Makan Sehat yang Dapat Kita Pelajari Dari Bayiwicworks.fns.usda.gov

Bayi tidak dilahirkan dengan naluri untuk makan saat bosan, sedih, atau cemas. Mereka murni akan makan saat benar-benar merasa lapar. Kebutuhan makan mereka juga sehubungan dengan kebutuhan kalori dalam tubuhnya yang dapat berubah berdasarkan seberapa aktif mereka atau mereka sedang mengalami perlonjakan pertumbuhan.

Prinsip yang sama jjuga berlaku pada orang dewasa. Kita membutuhkan kalori yang lebih saat kita aktif bergerak ataupun setelah berolahraga, dibandingkan saat kita duduk santai di atas sofa. Namun banyak orang dewasa yang malah lebih sering makan saat bersantai, mereka tidak makan karena lapar seperti bayi. Mereka akan makan saat sedang bosan, stres, dan mood lainnya.

Cobalah cara makan seperti bayi, yaitu hanya makan saat lapar. Dan kamu akan di kejutkan dengan seberapa besar perbedaan kalori dalam tubuhmu akan bertambah.

2. Hanya makan makanan yang baik dan bergizi

5 Pesan Tentang Cara Makan Sehat yang Dapat Kita Pelajari Dari Bayishopee.co.id

Ketika kita memikirkan untuk memberi makan bayi, jarang muncul gambaran makanan instan, makanan ringan asin, dan makanan tidak sehat lainnya. Sudah menjadi rahasia umum bahwa makan yang baik bagi bayi adalah yang seimbang mulai dari biji-bijian, buah-buahan, sayuran segar, lemak sehat, dan protein sehat lainnya.

Dan walaupun ukuran tubuh yang berbeda memiliki kebutuhan yang berbeda, namun tetap ada pelajaran yang dapat kita ambil dari cara makan bayi yang baik bagi diet dan kesehatan orang dewasa. Yaitu berfokuslah pada makanan yang utuh dan tidak di olah seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian yang dapat memberikan banyak nutrisi dibanding makanan olahan. 

Dan ketika kamu makan dengan cara tersebut, maka kamu akan lebih mudah menghindari, pemanis, garam, dan penyedap makanan yang berlebihan. Den tentu saja ini akan sangat baik bagi kesehatanmu.

3. Berani mencoba makanan baru

5 Pesan Tentang Cara Makan Sehat yang Dapat Kita Pelajari Dari Bayihealthymummy.com

Ketika bayi baru pertama kali mencoba berbagai makanan padat, reaksi mereka terhadap rasa makanan baru sangat menyenangkan untuk ditonton. Pada awal masa makan, bayi biasanya terbuka untuk mencoba berbagai makanan yang berbeda. Mereka mengkonsumsi semua makanan sehat untuk memperoleh vitamin, nutrisi, dan antioksidan.

Cara makan bayi ini dapat kamu adopsi untuk diet sehatmu. Memilih berbagai macam makanan dapat membuat acara makan lebih menyenangkan, sehingga kamu tidak terjebak dalam kebiasaan makan makanan tertentu.

Baca Juga: 7 Hal Krusial Soal Makanan Bayi yang Wajib Diketahui Ibu Muda

4. Makan secara perlahan, nikmati setiap gigitan

5 Pesan Tentang Cara Makan Sehat yang Dapat Kita Pelajari Dari Bayigoodtoknow.co.uk

Siapapun pasti tahu bahwa bayi memerlukan waktu yang lama untuk menghabiskan makanannya. Hal ini karena selain mereka masih belajar cara makan, sebagian besar lainnya karena mereka belum mengenal apa itu terburu-buru. Secara naluriah, bayi tahu bahwa makan secara perlahan itu lebih baik.

Cara makan secara perlahan ini hendaknya diadopsi oleh orang dewasa untuk diet sehatnya. Karena berdasarkan penelitian, kita tahu bahwa mereka yang makan secara perlahan akan lebih cepat kenyang meski hanya makan sedikit. Selain itu enzim pencernaan dalam mulut juga dapat bekerja secara maksimal, sehingga memudahkan sistem pencernaan lainnya dalam tubuh.

5. Berhenti makan ketika kenyang

5 Pesan Tentang Cara Makan Sehat yang Dapat Kita Pelajari Dari Bayimotherforlife.com

Bayi tahu kapan mereka telah mencapai batasnya untuk berhenti makan, mereka akan  mengatupkan mulut dan tak mau disuapi makanan jika sudah kenyang. Sedangkan orang dewasa mulai kehilangan ataupun mengabaikan naluri alami ini seiring berjalannya waktu.

Orang dewasa kebanyakan malah membiarkan rangsangan luar seperti ; meski kenyang kita tetap makan karena masih ada sisa makanan di piring, atau biasanya makan satu porsi saja sudah membuat kenyang, tapi karena dua porsi makanan sedang ada diskon kita jadi memilih memesan dua porsi, dan yang lainnya. 

Mereka yang belajar pola makan dari bayi yaitu berhenti makan ketika merasa nyaman (tidak terlalu kenyang) lebih bisa menjaga berat badannya. Cobalah taktik ini dalam dietmu, ambil prsi makanan sebanyak 80% dari porsi makanmu yang sebelumnya. Hentikan kebiasaan selalu makan bahkan ketika perut telah memberikan isyarat bahwa ia kenyang.

Jujur saja, saat masih bayi mereka melakukan semuanya secara naluriah. Dan secara naluriah pula mereka tahu apa yang benar-benar terbaik bagi diri mereka. Jangan malu untuk mencontoh bayi kecilmu dalam hal cara makan, karena dengan meniru mereka kamu secara tidak langsung telah melakukan diet sehat. 

Baca Juga: 7 Hal Krusial Soal Makanan Bayi yang Wajib Diketahui Ibu Muda

iefa_pooh Photo Community Writer iefa_pooh

Everlasting Friend

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You