Comscore Tracker

Kuatkan Mental, Ini 5 Alasan Jangan Bersedih Saat Dihina Orang Lain!

Namanya juga kehidupan

Namanya saja kehidupan, pujian dan hinaan senantiasa akan selalu datang silih berganti mengiringi perjalanan hidup kita. Berbeda dengan pujian, kebanyakan manusia biasanya memang akan merasa kehilangan semangat hidup saat menerima hinaan dari orang lain.

Jika tak bisa menjaga hati, orang yang sering mendapat hinaan dari orang jika tak bisa melakukan perlawanan pasti akan merasakan sebuah kesedihan mendalam. Eits, jangan bersedih dulu, ya. Berikut ini beberapa alasan jangan terlalu memasukkan ke dalam hati omongan orang yang sudah menghina keadaan hidupmu.

1. Mengajarkanmu selalu wawas diri

Kuatkan Mental, Ini 5 Alasan Jangan Bersedih Saat Dihina Orang Lain!Pixabay.com/pexels

Saat disanjung, jangan lupa diri. Saat dihina, jangan rendah diri. Ketika kamu sering mendapat cemoohan dan hinaan orang, jangan selalu melihat hal tersebut dari sisi negatifnya saja.

Meski nyesek, hinaan dari orang lain sejatinya bisa membuatmu wawas diri agar tidak memiliki sikap sombong dan arogan. Percayalah, segala kejadian dalam hidup (termasuk hinaan) akan membuatmu menjadi pribadi yang lebih baik jika kamu melihat dari sisi yang positif.

2. Hinaan hanya sebagian episode kecil dalam kehidupan

Kuatkan Mental, Ini 5 Alasan Jangan Bersedih Saat Dihina Orang Lain!Pixabay.com/1388843

Tentu saja, hinaan dari orang lain hanya merupakan sebagian kecil dari seluruh rangkaian kejadian yang terjadi dalam kehidupan. Seiring dengan bertambahnya usia, kamu akan menemukan banyak kejadian-kejadian lain yang lebih besar dari hanya sekadar hinaan.

Dengan banyaknya pengalaman mendapat perlakuan buruk, kamu akan terbiasa dan akan menganggap hal tersebut hanya sebagai remah-remah kecil bagian kehidupan. Karena hanya remah-remah, hal tersebut bukan menjadi sebuah masalah besar karena sama sekali tak berpengaruh apa-apa dalam kehidupan.

Baca Juga: 5 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Ingin Menjalin Hubungan 

3. Fokuskan pikiran ke hal-hal yang lebih krusial dalam hidup

Kuatkan Mental, Ini 5 Alasan Jangan Bersedih Saat Dihina Orang Lain!Pixabay.com/StartupStockPhotos

Sebagai manusia biasa, wajar jika sesekali kamu merasa sedih atau kecewa saat ada segelintir orang yang melakukan hinaan kepadamu. Namun, jangan terlalu lama larut dalam rasa sedih karena kesedihan yang dipelihara dengan baik akan menciptakan dramatisasi kehidupan lain yang lebih berat.

Daripada sedih berkepanjangan, lebih baik fokuskan pikiran ke hal-hal positif yang bisa mengalihkanmu dari rasa sedih tersebut. Lihat dunia, ada banyak sekali hal-hal indah yang bisa membuatmu bahagia daripada harus repot-repot mengurusi omongan buruk orang lain tentangmu.

4. Hinaan merupakan bentuk lain dari dorongan untuk maju

Kuatkan Mental, Ini 5 Alasan Jangan Bersedih Saat Dihina Orang Lain!Pixabay.com/rawpixel

Jika kamu melihat segala hal dari kacamata positif, hinaan orang sejatinya merupakan bentuk lain sebuah dorongan agar kamu bisa terus bergerak maju. Saat hinaan sudah menjadi santapan sehari-hari, kamu akan mendapat kekuatan dan semangat lebih untuk tetap bergerak maju menuju kehidupan yang lebih baik.

Tak mau dihina berkepanjangan, kamu tentu akan berusaha memperbaiki diri agar hinaan tersebut tak lagi hadir dalam kehidupanmu, bukan?

5. Membuatmu antimenghina orang lainnya

Kuatkan Mental, Ini 5 Alasan Jangan Bersedih Saat Dihina Orang Lain!Pixabay.com/Free-Photos

Sudah pasti, orang yang sering mendapat hinaan dari orang lain tak akan membalas hinaan balik kepada orang lainnya lagi. Sadar bahwa dihina bisa mendatangkan nista dan nestapa, pantang baginya melakukan hinaan lagi saat kehidupannya sudah dianggapnya lebih baik.

Justru, orang yang sering dihina akan memberikan semangat dan dorongan kepada orang-orang yang mengalami hal yang sama dengannya.

Kawan, jangan jadikan hinaan dari segelintir orang membuatmu berhenti memperbaiki diri. Jadikan hinaan tersebut sebagai sebuah pecut agar kamu tetap bergerak maju demi kehidupan yang lebih baik.

Jadi, jangan sedih kalau kamu sering dihina karena sejatinya hinaan tersebut akan membuat mentalmu menjadi semakin kuat dan terjaga. Sabar, ya!

Baca Juga: 5 Perbedaan Khas Gurauan Vs Hinaan, Jangan Dikit-dikit Bilang Baper!

Iip Afifullah Photo Verified Writer Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya