Comscore Tracker

Ternyata Ini Lho Alasan Banyak Orang Menikah di Bulan Syawal

Pantesan banyak undangan nikah

Hari raya Idulfitri jatuh pada tanggal 1 Syawal dalam kalender Hijriyah. Selain disebut sebagai bulan kemenangan, Syawal identik dengan bulan pernikahan. Di bulan ini mungkin kamu akan mendapat lebih banyak undangan pernikahan daripada di waktu-waktu lainnya.

Banyak pasangan memanfaatkan momen spesial ini untuk menikah dan menggelar pesta pernikahan.

Tahukah kamu, ternyata menikah bulan Syawal memiliki banyak keutamaan lho. Penasaran kan? Berikut ulasannya.

1. Menjalankan sunah Rasulullah SAW

Ternyata Ini Lho Alasan Banyak Orang Menikah di Bulan SyawalPixabay.com/Pexels

Menikah di bulan Syawal adalah bagian dari sunah Nabi Muhammad SAW. Aisyah RA bercerita,

“Rasulullah SAW menikahiku di bulan Syawal, dan membangun rumah tangga denganku pada bulan Syawal pula. Maka istri-istri Rasulullah SAW yang manakah yang lebih beruntung di sisinya dariku?” Salah seorang perawi berkata, “Aisyah RA dahulu suka menikahkan para wanita di bulan Syawal.” (HR. Muslim).

Kamu sangat dianjurkan menikah di bulan ini jika sudah siap melaksanakannya.

2. Menghindari mitos hari pernikahan

Ternyata Ini Lho Alasan Banyak Orang Menikah di Bulan SyawalPixabay.com/Pexels

Di masa lalu, penduduk Arab Jahiliyah percaya bahwa menikah di bulan Syawal akan mendatangkan kesialan yang berdampak pada perceraian pasangan tersebut. Ajaran Islam sangat menentang mitos ini karena dapat mendatangkan kesyirikan.

Rasulullah SAW bersabda, “Thiyarah (anggapan sial terhadap sesuatu) adalah kesyirikan. Dan tidak ada seorang pun di antara kita melainkan (pernah melakukannya). Hanya saja Allah akan menghilangkannya dengan sikap tawakal.” (HR. Ahmad)

3. Mempererat tali silaturahmi

Ternyata Ini Lho Alasan Banyak Orang Menikah di Bulan SyawalPixabay.com/Pexels

Memasuki bulan Syawal banyak orang berkunjung ke rumah kerabat dan teman untuk bersilaturahmi. Mendatangi undangan pernikahan juga bagian silaturahmi yang dapat mempererat tali persaudaraan, memanjangkan umur, dan melapangkan rezeki.

Sebuah hadis berbunyi, “Barangsiapa yang suka diluaskan rezekinya dan ditangguhkan kematiannya, hendaklah ia menyambung silaturahmi.(HR. Bukhari)

4. Rezeki yang berlimpah

Ternyata Ini Lho Alasan Banyak Orang Menikah di Bulan SyawalPixabay.com/Pexels

Saat lebaran tiba, banyak orang memiliki rezeki yang berlimpah baik itu dari keuntungan usaha yang dijalankan selama bulan Ramadan atau Tunjangan Hari Raya (THR) dari perusahaan tempatnya bekerja. Sehingga banyak orang memiliki kelonggaran finansial untuk menggelar pesta atau mendatangi resepsi pernikahan. Situasi ini merupakan bagian dari berkah bulan Syawal yang jarang kita sadari.

Sudah tahu kan kenapa banyak umat Islam menikah di bulan Syawal? Semoga pernikahan mereka dilimpahi keberkahan Allah SWT, aamiin.

 

Iis E. Photo Verified Writer Iis E.

A curious woman, sharing for healing.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You