Comscore Tracker

5 Tips Memotret dari Dalam Kabin Pesawat, Matikan Fitur Flash 

Dapatkan foto ciamik dari udara 

Berada pada perjalanan panjang di dalam pesawat tanpa aktivitas, kadang bikin jenuh. Bagi penumpang yang berkesempatan duduk di dekat jendela, memandang keluar jendela pesawat bisa menjauhkan dari rasa bosan selama perjalanan.

Tak jarang beberapa orang menjepret foto pemandangan kabin atau objek di luar jendela. Nah, agar bisa dapat hasil foto yang bagus, ada beberapa tips memotret yang perlu diperhatikan. Simak ulasan yang dilansir dari Adorama dan Digital Photography School berikut ini, ya.

Baca Juga: 10 Hal yang Dilakukan Awak Kabin Pesawat Setelah Mendarat, Kompleks!

1. Duduk di sebelah jendela  

5 Tips Memotret dari Dalam Kabin Pesawat, Matikan Fitur Flash ilustrasi duduk di sebelah jendela (pexels.com/Jason Toevs)

Untuk mendapatkan hasil foto yang optimal di atas pesawat, tentunya posisi duduk cukup menentukan. Menempati kursi tepat di sebelah jendela, akan memberikan angle pengambilan foto yang lebih luas dengan pemandangan di luar.

Meskipun demikian, ada juga kendalanya jika dapat jatah kursi di bagian tengah. Kamu jadi sulit menikmati pemandangan, sebab terhalang oleh sayap pesawat. Better, memesan kursi sebelah jendela di baris terdepan atau paling belakang.

2. Mencari tahu waktu dan arah bandara tujuan 

5 Tips Memotret dari Dalam Kabin Pesawat, Matikan Fitur Flash ilustrasi mencari tahu waktu dan arah bandara tujuan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Cara lain untuk mendapatkan objek foto yang menakjubkan dari atas pesawat adalah dengan mencari tahu waktu dan arah bandara tujuan. Dengan mengetahui waktu penerbangan, kamu jadi tahu momen sunrise atau sunset secara pasti.

Sementara, arah pesawat menuju bandara memberikan informasi secara jelas dari mana matahari bakal terbit dan terbenam. Kamu juga akan lebih paham di mana posisi kota yang dilewati serta titik spot view yang indah untuk dijepret.

Baca Juga: 5 Tips Memotret Foto Hitam Putih Agar Bernilai Seni Tinggi

3. Gunakan fokus manual 

5 Tips Memotret dari Dalam Kabin Pesawat, Matikan Fitur Flash ilustrasi sunrise di atas pesawat (pexels.com/Christine Renard)

Lensa kamera cenderung sulit menyesuaikan jika memotret melalui partikel kaca. Kondisi kaca pesawat yang berlapis-lapis akan membuat objek yang difoto menjadi kabur. Karenanya, gunakanlah mode fokus manual untuk membantu kamera menangkap gambar secara otomatis.

Satu lagi, memotretlah saat awal keberangkatan. Pasalnya, penerbangan yang lama cenderung membuat jendela pesawat menjadi berembun, sehingga hasil gambar jadi tidak jernih.

4. Memotret saat kondisi pesawat menukik atau miring 

5 Tips Memotret dari Dalam Kabin Pesawat, Matikan Fitur Flash ilustrasi pesawat take off (pexels.com/Oleksandr Pidvalnyi)

Tips selanjutnya untuk mendapatkan hasil foto terbaik adalah memotret saat pesawat menukik atau dalam posisi miring. Kamu bisa memanfaatkan momen ketika pesawat akan segera landing atau sesaat setelah take off.

Dengan membidikkan kamera ke bawah, gambar yang dihasilkan biasanya lebih sempurna. Jangan sia-siakan momen berharga tersebut untuk segera mengabadikan jepretan yang indah.

5. Menonaktifkan fitur flash  

5 Tips Memotret dari Dalam Kabin Pesawat, Matikan Fitur Flash ilustrasi mematikan fitur flash (pexels.com/Ana M.)

Karena ini berada di dalam pesawat yang merupakan transportasi publik yang dipakai bersama, hendaknya dalam memotret menghindari memakai lampu kilat. Pasalnya, kilatan lampu yang menyala akan mengganggu kenyamanan penumpang dan awak kabin pesawat.

Selain itu, fitur lampu kilat pada kamera akan menyebabkan pantulan ke jendela dan objek pemandangan menjadi gelap atau sama sekali tidak terlihat. Jadi, pastikan fitur flash dalam keadaan non aktif sebelum memotret.

Dengan memperhatikan kelima hal di atas, sepanjang perjalanan di atas pesawat jadi tak membosankan, karena waktunya digunakan untuk kegiatan berfoto. Semoga artikel ini bermanfaat dan hasil fotonya memuaskan, ya!

Baca Juga: 10 Foto yang Secara Tidak Sengaja Memotret Momen Ambigu!

Malika Nabilla Larasati Photo Verified Writer Malika Nabilla Larasati

Senang dengan berita unik dan menarik? Jadilah penulis!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya