Comscore Tracker

Hanya Ada 2 Tipe Manusia Ketika Sedang Marah

Kamu ketika marah termasuk tipe 1 atau tipe 2?

Pada dasarnya hanya ada 2 tipe orang ketika marah, yaitu:

1.  Meluapkan amarahnya dengan marah-marah tidak jelas, update status yang berisi sindiran, ngomong kasar, memaki-maki, menghina, mencela, menyindir sana-sini, membentak, membanting barang.

Apalagi bila ketemu kompor berjalan, bisa-bisa jadi meledak sendiri. Yang seperti ini memang bisa melegakan. Ada rasa puas pada saat itu juga. NAMUN, beberapa jam atau sehari setelahnya akan muncul rasa bersalah dan penyesalan atas apa yang telah diperbuat dan diucapkannya. Minimal akan muncul percakapan di dalam batin, "Mengapa saya begitu kasar tadi? Apakah dia tersinggung? Harusnya saya tidak seperti itu tadi". Dan ini akan menjadi beban pikiran untuk diri sendiri.

2. Mengatasi kemarahannya dengan memilih untuk diam. Meninggalkan apa yang telah membuatnya marah. Menahan diri untuk tidak nyindir-nyindir di sosial media.

Tidak marah sana-sini, kalaupun mau ngamuk-ngamuk hanya akan terbatas di dalam hati saja, dengan kata lain dia akan menahan agar tidak sampai keluar (marahnya). Yang seperti ini memang menyakitkan pada saat itu, ada rasa tidak puas karena tidak meluapkan kemarahannya. TAPI, beberapa jam atau bahkan sehari setelahnya, rasa senang dan bangga pada diri sendiri akan muncul. Mengapa? karena meluapkan kemarahan hanya akan menyakiti hati yang menerima kemarahan itu. Setidaknya di dalam batin akan ada rasa lega dan syukur karena bisa mengatasi kemarahan dengan baik. Dan itu artinya, pengendalian emosi yang dimiliki benar-benar bagus.

Jadi solusinya?

Cerdaslah dalam manajemen emosi. Ketika marah, sebaiknya tetap tenang. Lebih baik diam untuk sementara waktu atau sebaiknya pergi, atau bisa juga dibawa tidur. Minum yang dingin-dingin biar bisa lebih fresh. Kalaupun mau marah ngoceh-ngoceh atau nangis, cari tempat sepi kemudian omeli tuh tembok atau ngoceh sm Hp. Setidaknya ini bisa sedikit melegakan dan tidak akan ada hati yang tersakiti atau tersinggung.

ila yahya Photo Writer ila yahya

Personal Blog: www.ilayahya.com || Instagram: @ilayahya_ || Facebook : Ila Yahya || Youtube: ILA YAHYA || Twitter: @ilayahya_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya