Comscore Tracker

Jangan Julid, 5 Alasan Orang Suka Berbagi Hal di Media Sosial

Tiap orang punya hak untuk post, termasuk kamu

Saat ini, media sosial menjadi kebutuhan sehari-hari bagi sebagian besar orang. Mulai dari mencari informasi, berinteraksi dengan teman dan relasi, hingga berbelanja. Ada berbagai macam tipe pengguna media sosial, salah satunya adalah si aktif.

Tipe ini adalah pengguna yang suka berbagi hal di media sosial seperti aktivitas sehari-hari hingga opininya mengenai suatu hal. Si aktif kerap dijuluki sebagai attention seeker alias cari perhatian hingga tukang spam oleh pengguna media sosial lainnya.

Eits, tunggu dulu. Jangan dengan mudah menilai seseorang hanya dari aktivitasnya di media sosial. Simak dulu deh beberapa alasan berikut ini supaya lebih paham dan tak berprasangka buruk.

1. Merasa lebih percaya diri di media sosial ketimbang dunia nyata

Jangan Julid, 5 Alasan Orang Suka Berbagi Hal di Media Sosialilustrasi seorang pria berswafoto (pexels.com/Farhan Ullah Baig)

Ada sebagian orang yang percaya diri di dunia nyata, sedangkan yang lainnya percaya diri di dunia maya. Ada pula yang percaya diri baik dunia nyata dan maya. Nah, pengguna tipe aktif ini mungkin saja lebih terbuka dan all out ketimbang di publik.

Tanpa harus berinteraksi langsung dan tatap muka, seseorang akan lebih leluasa dan nyaman dalam membagikan momen-momen dirinya melalui media sosial.

2. Berkoneksi dengan keluarga, teman, atau relasi secara jarak jauh

Jangan Julid, 5 Alasan Orang Suka Berbagi Hal di Media Sosialilustrasi berfoto bersama (pexels.com/Nicole Michalou

Berkat adanya media sosial, orang bisa keep in touch dan terhubung dengan siapa pun dan di mana pun. Bisa jadi, tipe pengguna media sosial yang aktif ini suka mengunggah aktivitasnya di media sosial untuk "berkabar" dengan keluarga, teman, atau relasi yang berada jauh darinya.

Baik itu melalui foto atau video agar bisa dilihat oleh orang yang dituju Jangan langsung beranggapan bahwa post-nya ditujukan kepadamu ya. Jadinya, salah sangka, deh.

Baca Juga: Pikirkan 5 Hal Ini Sebelum Posting Keseharianmu ke Media Sosial

3. Membangun self branding

Jangan Julid, 5 Alasan Orang Suka Berbagi Hal di Media Sosialilustrasi seorang fotografer (pexels.com/Rafael Barros)

Di era teknologi yang semakin maju, media sosial bisa menjadi profil digital seseorang. Maka dari itu, tidak menutup kemungkinan bila seseorang membangun self branding dengan menggunggah aktivitas sehari-hari, opini, karya, atau prestasi melalui media sosial.

Berbagai postingannya tersebut bisa membentuk image atau citra diri yang ia bangun dan ingin ditampilkan ke publik. Hal ini tentu berkaitan dengan pekerjaan atau agar terlihat profesional.

4. Ingin menjadi content creator

Jangan Julid, 5 Alasan Orang Suka Berbagi Hal di Media Sosialilustrasi seorang content creator (pexels.com/Ivan Samkov)

Ketika seorang pengguna media sosial terbilang aktif dan rutin mengunggah kegiatan atau momen dalam hidupnya, jangan langsung nge-judge, ya. Mungkin saja, ia ingin menjadi content creator di masa yang akan datang.

Siapa bilang content creator harus langsung memiliki ribuan followers atau subscribers dalam sekejap mata? Tentu sama seperti karier lainnya, harus dibangun perlahan sedikit demi sedikit. Bisa dimulai dengan akun media sosial pribadi dan terus bertumbuh dengan konten-konten yang menunjukkan jati diri seseorang tersebut.

5. Ia memiliki hak untuk post karena ia pemilik akun media sosial pribadinya, sama seperti dirimu

Jangan Julid, 5 Alasan Orang Suka Berbagi Hal di Media Sosialilustrasi pasangan berfoto bersama (pexels.com/Vanessa Garcia)

Ini menjadi alasan terpenting dan terkuat. Setiap orang di media sosial memiliki hak untuk post tanpa adanya batasan dalam jumlah dan waktu, termasuk kamu. Asalkan, dengan catatan bisa dipertanggungjawabkan dan tidak melanggar hak cipta.

Jika kamu tidak suka mengenai post seseorang, ada pilihan untuk melewati atau skip, tidak menanggapi, atau tidak berkomentar buruk. Kembali ke pribadi masing-masing, bagaimana cara terbaik dalam menggunakan media sosial.

Sebagai warga yang melek teknologi, bijaklah dalam menggunakan media sosial dan tetap mengedepankan moral, ya.

Baca Juga: Bahaya, 7 Hal Ini Sebaiknya Gak Kamu Posting di Media Sosial

Imanuella Gerlani Photo Verified Writer Imanuella Gerlani

God with us.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya